Palem Kuning : Cara Menanam dan Merawatnya

2 min read

Palem kuning : cara menanam dan merawatnya

Palem Kuning : Cara Menanam dan Merawatnya – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang palem kuning, cara menanam dan merawatnya. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :

Palem Kuning : Cara Menanam dan Merawatnya

Palem kuning adalah salah satu jenis tanaman hias yang memiliki ciri khas keindahan tersendiri. Palem kuning tidak akan menuntut apapun untuk tumbuh yang aneh-aneh. Palem kuning Lebih suka ditanam di tanah yang mengandung pasir, tapi palem tidak akan suka tergenang air.

Palem kuning : cara menanam dan merawatnya

Palem kuning juga bisa ditanam di dataran rendah ataupun dataran tinggi. Selain itu juga dapat ditanam di pinggir jalan atau di perkebunan halaman rumah atau taman rumah, palem juga bisa ditanam di dalam pot. Bagaimana caranya, caranya adalah beberapa jenis palem didalam pot , seperti palem merah, palem botol, palem wregu, palem kol, ditanam dalam pot.

Menanam Palem Kuning

Untuk menghasilkan tanaman palem yang baik, bagaimana caranya? Pertama sediakan pot dari tanah liat atau drum bekas. Bagian bawah pot diberi pecahan bata merah, dan diatasnya diberi campuran sekam padi, sabut kelapa, dan pasir (1 : 2 : 1). Bibit palem ditanam ke dalam pot, lalu lakukan penyiraman.

Jangan lupa beri pupuk NPK sebanyak 1 sendok teh setiap 1 – 2 bulan sekali. dan Langsung di pupukkan di tanah Bagaimana dengan palem yang langsung ditanam di pinggir jalan, seperti palem raja atau palem putri. Caranya memberikan pupuknya buat lubang tanam berukuran 30 x 30 x 30 cm, lalu berikan pupuk dan biarkan selama sekitar satu minggu.

Baca Juga:  12 Cara Budidaya Brokoli Yang Tepat Agar Hasil Melimpah

Setelah itu masukkan bibit ke lubang, dan timbun sampai pangkal batang. Padatkan tanah di sekitar batang, apabila tinggi palem mencapai 3 meter atau lebih, beri pupuk dengan 3 kg NPK per tanaman.

Andaikan tinggi palem kurang dari 3 meter, beri 1 kg NPK per tanaman. Pemupukan dapat dilakukan sebanyak 3 kali dalam setahun, caranya, pupuk dapat dibenam ke dalam tanah berjarak 10 – 15 cm dari batang pokok.

Merawat Palem Kuning

Cara merawat palem supaya penampilan palem semakin menarik, dapat di lakukan perawatan sebagai berikut :
• Penyiraman Lakukan sesuai kebutuhan
• Hindari jangan sampai menimbulkan genangan air
• Pangkas dahan kering
• Lihat drainase pembuangan air

Dalam perawatan palem kuning banyak hal yang harus diperhatikan, pertama tama kita lakukan Pemupukan, pemupukan ini dilakukan sebulan sekali selama musim penghujan.

Di musim kemarau, pertumbuhan palem tidak aktif karena mengalami masa istirahat, akan tetapi palem memerlukan ph air yang cukup. Oleh karena itu, tak perlu melakukan pemupukan.

Berikan 0,5 – 1 kg NPK per tanaman jika tinggi tanaman kurang dari 2 meter atau 1 – 2 kg NPK per tanaman jika tinggi mencapai 3 meter lebih.

Langkah selanjutnya yang kita lakukan adalah pengepotan kembali jika akar palem dalam pot sudah membentuk bola dan memenuhi seluruh volume pot, lakukan pengepotan kembali. Adapun Yang baik adalah dilakukan di musim penghujan. Hama Yang sering muncul adalah hama belalang (Valanga nigricans).

Gejalanya,dapat kita lihat pada dahannya, tampak gigitan tidak teratur di tepi daun, bahkan gigitan belalang tersebut bisa berkelanjutan hingga yang tersisa hanya tulang daun.

Untuk mengatasinya, kita dapat melakukan dengan membuang belalang yang ada di tanaman, bisa juga disemprot dengan 2 cc/liter Basudin 90 SC, dapat juga menggunakan insektisida yang akurat seperti bistok.

Baca Juga:  9 Cara Budidaya Jeruk Manis 100% Berhasil

Penyakit Yang sering adalah penyakit bercak daun. Penyebabnya cendawan fusarium sp. atau gloesporium sp. Gejalanya, pada daun terdapat bercak kuning atau hijau. Lama kelamaan, bercak yang ditimbulkan gigitan belalang akan meninggalkan bekas terang berwarna hitam, abu-abu, dan cokelat.

Untuk mengatasinya, potong daun yang terserang. Jika kita temukan serangan hama belalang yang telanjur hebat, semprot dengan Difolatan 4F atau Dithane M45.

Demikian ulasan mengenai Palem kuning : Cara Menanam dan Merawatnya, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.

 

Baca Juga : 

Cara Membuat Bibit Brokoli

admin
1 min read

Menanam Kiwi Di Dataran Rendah

admin
2 min read

Daun Semangka Kuning

admin
2 min read