Cara Menanam Bunga Mawar Mudah (Panduan Lengkap)

3 min read

5 Cara Menanam Bunga Mawar Mudah (Panduan Lengkap)

Cara Menanam Bunga Mawar Mudah (Panduan Lengkap) – Siapa yang tidak mengenal bunga mawar, bunga yang sudah sangat familiar sekali. Bunga mawar sangat cantik dan wangi, sehingga tidak ada salahnya jika kita menanamnya di halaman rumah ataupun membudidayakannya untuk dijadikan bisnis. Nah sebelum melakukan penanaman bunga mawar, sebaiknya terlebih dahulu memastikan apakah tujuan melakukan penanaman bunga untuk di budidaya atau hanya untuk mempercantik halaman rumah saja. Nah jika penanaman bunga dilakukan untuk mempercantik halaman rumah saja, sebaiknya menggunakan pot karena lebih praktis dan mudah. Tetapi apabila untuk dibudidaya sebaiknya menggunakan media tanah.

Pada kesempatan kali ini Berkebun akan memberikan panduan mengenai cara menanam bunga mawar dengan mudah, untuk itu langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Cara Menanam Bunga Mawar Mudah (Panduan Lengkap)

Sebelum menanam bunga, sebaiknya terlebih dahulu melakukan beberapa persiapan sebagai berikut.

Tips atau Langkah Sebelum Menanam Bunga Mawar

Langkah Yang Harus Dilakukan Sebelum Menanam Bunga Mawar

1. Persiapkan Bibit Bunga Mawar Sesuai dengan Cuaca di Daerah

Sebelum menanam bunga mawar, sebaiknya siapkan bibit yang sesuai dengan cuaca atau iklim di daerahmu, karena tidak semua bunga mawar dapat hidup di daerah yang terlalu dingin ataupun terlalu panas. Untuk menanggulangi kegagalan dalam menanam bunga mawar sebaiknya tanyakan kepada petani yang sudah ahlinya, jenis bibit yang cocok ditanam di daerah kalian.

2. Persiapkan Media Tanam Untuk Bunga Mawar

Langkah selanjutnya yang harus dipersiapkan adalah menyiapkan media tanam yang sesuai seperti media tanam tanah liat yang berpasir dan memiliki kandungan liatnya sebesar 20-30%, gembur, subur, memiliki banyak bahan organik, aerasi dan juga memiliki drainase yang bagus.

3. Menentukan Tempat Penanaman Bunga Mawar

Menentukan tempat sangat penting sebelum melakukan penanaman bunga, apakah akan menanam di pot atau di lahan. Apabila bunga mawar hanya dijadikan sebagai hiasan bunga mawar, maka sebaiknya gunakan pot agar lebih mudah untuk dipindah-pindah. Tetapi jika untuk dibudidaya sebagai bisnis maka sebaiknya menggunakan lahan yang jarang terkena sinar matahari.

Baca Juga:  Cara Membuat Pupuk Kompos dari Daun Mudah dan Murah

Cara Menanam Bunga Mawar

Berikut ini adalah cara menanam bunga mawar.

1. Menyiapkan Media Tanam

Dalam menyiapkan media tanam dapat dilakukan dengan dua cara, yakni dapat dengan menggunakan lahan maupun pot, berikut penjelasannya:

a. Lahan Tanah

Jika lahan tanah sebagai media tanam, maka pilihlah jenis tanah yang subur dan juga gembur, kemudian cari lokasi yang tidak terkena sinar matahari terus menerus. Kemudian lakukan pengolahan pada tanah tersebut dengan membersihkan lahan dan rumput yang ada disekitar lahan, kemudian bajak tanah menggunakan alat pembajak atau cangkul, lalu diamkan selama 10 sampai 15 hari.

Setelah itu, buatlah bedengan dengan lebar sekitar 100-110 cm, tinggi kurang lebih 30 cm dan jarak antara bedengan satu dengan yang lain sekitar 40 cm kemudian panjang dapat disesuaikan dengan keadaan lokasi atau jumlah bibit atau benih bunga mawar yang hendak ditanam.

Lalu buatlah lubang sebagai tempat untuk menanam benih atau bibit bunga mawar, untuk kedalamannya sendiri berkisar 45x45x45 cm.

b. Pot atau Polybag

Jika media tanam yang digunakan adalah pot atau polybag maka buatlah terlebih dahulu lubang-lubang kecil di bagian bawah sebagai sirkulasi udara. Setelah itu penyiapan media tanam dengan campuran beberapa bahan berupa tanah, pasir, dan juga pupuk kandang.

2. Pemupukan

Dalam proses pemupukan dapat dilakukan dengan dua cara, berikut penjelasannya:

a. Lahan Tanah

Pada lahan tanah atau lahan luas proses pemupukan dapat dilakukan dengan cara menaburkan pupuk dengan rata di daerah bedengan yang sudah disiapkan kemudian tunggu beberapa hari hingga pupuk tersebut terserap oleh tanah. Untuk jenis pupuknya sendiri dapat menggunakan pupuk TW atau pupuk kandang, dengan ukuran disesuaikan dengan kondisi.

b. Pot atau Polybag

Untuk pemupukan pada pot atau polybag sendiri dilakukan pada saat melakukan lubang-lubang kecil yang sudah dijelaskan diatas, jadi langsung diberikan pupuk kandang. Untuk penambahan sebaiknya tambahkan batu-batu kecil di bawah pot atau polybag yang sudah dilubangi untuk sirkulasi udara agar pada saat penyiraman tanah atau pupuk tersebut tidak ikut keluar bersama air sehingga akan menyerap dan akan lebih maksimal.

3. Penanaman Bunga Mawar

Berikut cara penanaman bunga mawar menggunakan dua versi, berikut panduannya:

a. Lahan tanah atau Lahan Luas

Pilihlah bibit atau benih bunga mawar yang bagus sehat dan sesuai lahan yang akan ditanami. Untuk penanamannya sendiri dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Ambil pembibitan bunga mawar dari kebun pembibitan bersama akar-akarnya.
  • Kemudian potong cabang bibit bunga mawar tersebut hingga tersisa hanya 25 cm.
  • Kemudian potong sedikit bunga mawar dengan menggunakan gunting.
  • Rendam bibit bunga mawar tersebut dengan menggunakan dekamon 1-2 cc selama 20 menit.
  • Kemudian tanamlah bibit atau benih bunga mawar ke dalam lubang, kemudian buat akar bunga tersebut menyebar ke seluruh arah lubang.
  • Setelah itu tutuplah lubang dengan tanah yang dipadatkan dan siram menggunakan air secukupnya.
  • Terakhir buatlah naungan dari bahan anyaman bambu kemudian pasang di daerah sekitar tanaman bunga mawar agar tidak selalu sering terkena sinar matahari yang panas.
Baca Juga:  Kandungan Daun Bayam

b. Pot atau Polybag

Jika menggunakan pot atau polybag maka penanaman dilakukan dengan cara menggunakan bibit atau benih bunga mawar yang sudah siap tanam seperti hasil steak. Masukkan tanah, pupuk dan pasir pada pot atau polybag tersebut, kemudian tancapkan bibit bunga mawar lalu tutup dengan tanah disekitar, setelah itu siramlah dengan menggunakan air.

Untuk perawatan yang harus dilakukan pada pot atau polybag ini adalah melakukan pemotongan akar 1 hingga 2 tahun sekali, hal ini dilakukan agar tanaman akar yang busuk karena bakteri dapat hilang dan tidak menganggu proses tumbuh kembang bunga mawar tersebut yang akan berbunga terus menerus.

4. Perawatan Bunga Mawar

Perawatan yang dilakukan pada tanaman bunga mawar ini adalah pada proses pengairan atau penyiraman. Jika pada awal penanaman kegiatan penyiraman dilakukan 1 hingga 2 kali dalam sehari maka, namun setelah beberapa bulan penyiraman dikurangi hal tersebut sesuai dengan kondisi perubahan cuaca pada daerah tanaman bunga mawar.

5. Bunga Mawar Berbunga

Dalam proses bunga mawar berbunga tergantung pada jenis bunga mawar yang ditanam. Biasanya ada jenis bunga mawar yang sudah berbunga pada usia 45 hari saja, dan setelah cabang dipotong biasanya akan tumbuh lagi setelah 15 hari.

5 Cara Menanam Bunga Mawar Mudah (Panduan Lengkap)
5 Cara Menanam Bunga Mawar Mudah (Panduan Lengkap)

Nah itulah tadi panduan mengenai  Cara Menanam Bunga Mawar Mudah (Panduan Lengkap). Semoga bagi anda yang akan menanam bunga mawar dapat berhasil dan salam sukses untuk kita semua. Semoga bermanfaat. Terimakasih 🙂

Cara Membuat Bibit Brokoli

admin
1 min read

Menanam Kiwi Di Dataran Rendah

admin
2 min read

Daun Semangka Kuning

admin
2 min read