Cara Menanam Tomat : Pembibitan, Alat, Perawatan Dan Proses Panen

1 min read

Cara Menanam Tomat : Pembibitan, Alat, Perawatan Dan Proses Panen

Cara Menanam Tomat : Pembibitan, Alat, Perawatan Dan Proses Panen – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Menanam Tomat.

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Menanam Tomat : Pembibitan, Alat, Perawatan Dan Proses Panen


Tomat dikategorikan sebagai sayuran, meskipun memiliki struktur buah. Tanaman ini dapat tumbuh di ketinggian rendah dan tinggi mulai dari 0 – 1500 meter di atas permukaan laut, tergantung pada varietasnya.

Tanaman tomat membutuhkan tanah yang subur dan gembur, dengan pH sekitar 5,5 – 7.

Di alam liar, pohon tomat berbentuk seperti semak, tingginya bisa mencapai 3 meter. Namun setelah dibudidayakan, ketinggian tanaman ini tidak lebih dari 2 meter dan biasanya ditopang oleh pasak atau tali agar tidak runtuh.

Tanaman tomat dapat tumbuh dengan baik di berbagai media seperti lahan terbuka, hidroponik, taman vertikultur dan media pot atau polibag.


Cara Menanam Tomat untuk Buah yang Berbuah dan Cepat

Siapkan alat dan bahan

Pertama-tama, pastikan untuk menyiapkan alat dan bahan berikut:

  • Panci atau polybag

Karena Anda memilih menanam tomat di pot atau polybag, Anda harus menyiapkan salah satunya. Jika Anda memilih pot, pilih ukuran sedang dan memiliki lubang di bagian bawah untuk memudahkan aliran air.

Jika Anda tidak memiliki pot atau polybag, Anda juga bisa menggunakan kaleng bekas atau ember plastik.

  • Media Tanam

Siapkan media tanam yang terbuat dari kombinasi tanah subur, sekam arang, pupuk kandang atau kompos, dengan perbandingan 2:1:1.

Baca Juga:  Budidaya Cabe Rawit di Polybag : Cara Mudah Tanam Cabe di Rumah

Untuk hasil yang maksimal, media tanam tomat harus dibuat beberapa hari sebelum tanam agar mineral dalam kompos dapat diintegrasikan dengan tanah.

Bibit tomat

Memilih biji tomat adalah langkah yang sangat penting. Pilih biji unggul sehingga tanaman tomat yang tumbuh kemudian subur dan sehat. Lebih baik lagi jika Anda membeli biji tomat langsung dari petani tomat.

Cara Menanam Tomat : Pembibitan, Alat, Perawatan Dan Proses Panen


Menyemai benih tomat

Setelah membuat persiapan di atas, langkah selanjutnya adalah menanam benih dalam media pembibitan dalam bentuk campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1: 1.

Menanam benih di media pembibitan, menempatkannya di tempat yang tidak terpapar sinar matahari dan air hujan langsung.

Siram media pembibitan secara teratur sehingga benih tumbuh dengan cepat. Setelah 14 hari, gunakan kompos atau pupuk buatan pabrik untuk merangsang pertumbuhan bibit.

Setelah 1 bulan, maka benih siap ditanam dalam pot atau polybag.

Perawatan tomat

Jangan lupa menyirami tanaman tomat setiap hari. Lihat apakah ada tanaman lain yang tumbuh yang akan mengganggu pertumbuhan tomat. Jika ada tarik keluar secara teratur agar tomat bisa tumbuh dengan baik.

Selain itu, jangan lupa untuk menanam bambu di sebelah tanaman sebagai media untuk memperbanyak tomat.

Panen

Setelah 60 hari hingga 90 hari sejak penanaman, tanaman tomnat biasanya dapat dipanen. Anda juga dapat memanen, memetik tomat dari pekarangan Anda. Setelah itu, Anda juga bisa mengonsumsi tomat yang kaya vitamin.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Tomat : Pembibitan, Alat, Perawatan Dan Proses Panen, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.

Cara Menanam Daun Salam

admin
3 min read

Cara Menanam Pohon Kersen

admin
4 min read

Cara Menanam Murbei

admin
3 min read