Budidaya Pepaya California (Penjelasan Lengkap)

2 min read

Budidaya Pepaya California (Penjelasan Lengkap)

Budidaya Pepaya California (Penjelasan Lengkap) Hai sobat berkebun.co.id, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang budidaya pepaya california, yang akan dijelaskan secara singkat, lengkap dan terperinci oleh berkebun.co.id melalui artikel berikut ini :

Budidaya Pepaya California (Penjelasan Lengkap)

Pepaya adalah salah satu buah yang banyak diminati di kalangan masyarakat umum sebab buah yang satu ini memiliki rasa yang khas dan mudah untuk di temui mulai dari pasar tradisional hingga swalayan. Selain itu juga buah pepaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, buah pepaya ini kaya akan vitamin dan mineral, seperti kalium, fosfor, magnesium, melancarkan pencernaan dan masih banyak lagi manfaat yang didapat dari buah pepaya tersebut.

Sebelum lebih lanjut untuk penjelasan tentang budidaya pepaya california, sebaiknya kita akan bahas tentang manfaat yang didapat jika mengkonsumsi buah pepaya.

Manfaat Buah Pepaya

Buah pepaya sangat di kenal akan seratnya yang bermanfaat untuk memperlancar buang air besar, dan banya terkandung vitamin C. selain itu juga rendah akan lemak dan tanpa kolestrol, berikut ini adalah beberapa manfaat dari buah pepaya.

  • Memperbaiki daya tahan tubuh pada manusia, sebab vitamin C nya 33 persen lebih banyak dari pada jeruk, dengan hal ini maka buah pepaya sangat bermanfaat untuk menstabilkan yang baru sembuh dari sakit, dan mebuat kekebalan tubuh menjadi lebih sehat.
  • Memiliki kandungan nutrisi yang sangat penting untuk tubuh, sebab buah pepaya adalah salah satu sumber vitamin yang sangat baik dengan sifat antioksidan seperti vitamin A, vitamin E dan vitamin C.
  • Dapat mencegah penyakit jantung, sebab buah ini mengandung serat yang tinggi, vitamin dan kaliumnya, yang dapat mencegah penyakit jantung.
Baca Juga:  Bonsai Kamboja : Cara Menanam, Cara Menjaga Dan Berbunga Lebat

Dan masih banyak lagi manfaat yang didapat dari mengkonsumsi buah pepaya tersebut.

Syarat Tumbuh Tanaman Pepaya

Tanaman buah pepaya california ini dapat tumbuh di ketinggia 700-1000 mdpl dengan curah hujan kurang lebih 1000-2000 mm/ tahun. Suhu lingkungan tanaman pepaya yang baik adalah berkisar antara 22-26 C dengan kelembaban udara sekitar kurang lebih 40%. Tanaman pepaya california juga dapat tumbuh sangat baik jika ditanam pada tanah yang subur, gembur dan banyak menahan air.  pH tanah yang ideal adalah netral dengan pH 6-7.

Cara Menanam Pepaya

Pembibitan

Langkah pertama adalah melakukan penyemaian yang dilakukan pada polybag yang berisi olahan tanah yang subur dan berpasir, buatlah lubang sedalam 1 cm pada polybag yang sudah di sipakan tadi, lalu masukkan biji pepaya kedalam lubang tersebut, tutuplah tipis-tpis saja, siramilah bibit pepaya tersebut secara rutin pagi dan sore hari. setelah sekitar 15-20 hari kecambah akan muncul dan ketika biji telah tumbuh menjadi bibit maka anda bisa melakukan pemindahan setelah bibit berumur sekitar 40 – 60 hari dan ketinggian bibit berkisar 14-20 cm.

Penanaman Bibit

Sebelum anda melakukan penanaman bibit, sebaiknya anda melakukan pembuatan lubang terlebih dahulu sekitar 15 hari sebelum tanam, dengan menggali lubang 2,5×2,5 m. setelah anda melakukan pembuatan lubang tanam maka selanjutnya anda memberikan pupuk kandang atau kompos pada lubang tanam tersebut. Setelah semua proses tersebut selesai maka anda dapat menanam bibit pepaya secara perlahan, dan dilakukan sebaiknya di pagi atau sore hari agar tanaman mudah untuk beradaptasi.

Perawatan Tanaman Pepaya

Untuk mendapatkan hasil yang optimal maka anda harus melakukan perawatan yang maksimal, sebab perawatan yang baik adalah salah satu kunci keberhasilan dalam budidaya, oleh sebab itu anda wajib melakukan perawatan sebagai berikut :

Baca Juga:  Cara Menanam Seledri : Pembibitan, Mengelolah, Merawat Dan Pemanenan

Penyiraman

Melakukan penyiraman di awal penanaman wajib dilakukan secara rutin, sebab pada saat itu akar tanaman belum mengikat tanah dengan baik dan  kuat. Sehingga kekeringan akan bisa langsung menyebabkan tanaman menjadi dehidrasi layu dan dapat mengalami kematian. Oleh sebab itu penyiraman dapat dilakukan pada pagi dan sore hari.

Pemupukan

Proses pemupukan merupakan salah satu kegiatan yang penting untuk menambahkan unsur hara pada tanah, agar tanaman dapat menyerap dengan maksimal. Sebab unsur hara di dalam tanah akan semakin berkurang terutama seiring dengan semakin lama tumbuhnya  maka tentu unsur hara juga akan semakin membutuhkan banyaknya unsur hara pada tanah. Oleh sebab itu, anda harus menambahkan unsur hara dengan melakukan pemupukan minimal sebanyak 3 kali setahun . Anda dapat menggunakan pupuk kandang, kompos atau juga pupuk kimia sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Penjarangan Buah

Penjarangan buah adalah tahapan yang juga penting untuk menghasilkan buah yang berkualitas, buah yang ada pada pohon harus dibatasi, sebab jika anda tidak melakukan penjarangan buah maka buah akan berukuran kecil dan akan mempengaruhi nilai jual pastinya.

Demikian ulasan mengenai Budidaya Pepaya California (Penjelasan Lengkap) yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperici oleh berkebun.co.id, mudah-mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya selamat berkebun semoga sukses dan terimakasih.

Cara Membuat Bibit Brokoli

admin
1 min read

Menanam Kiwi Di Dataran Rendah

admin
2 min read

Daun Semangka Kuning

admin
2 min read