Cara Menanam Lemon Panduan Lengkap (Berkebun)

Posted on

Cara Menanam Lemon Panduan Lengkap (Berkebun) Hai Sobat berkebun.co.id kali ini kita akan bahas tentang cara menanam lemon yang akan dipandu secara singkat dan lengkap melalui artikel berikut ini :

Cara Menanam Lemon Panduan Lengkap (Berkebun)

Siapa yang tidak mengenal lemon, jeruk lemon ini memiliki rasa yang sangat asam dan buah lemon ini adalah salah satu jeruk yang sangat di kenal diseluruh negara karna memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan.

Selain itu juga jeruk lemon sering digunakan untuk keperluan memasak dan merupakan sumber vitamin dan alat bantu pencernaan. Lemon juga memberi rasa dan aroma yang enak bila di tambahkan pada makanan. Lemon juga banyak ditanam di berbagai wilayah di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Berikut ini adalah langkah yang harus anda lakukan sebelum menanam lemon dengan baik dan benar.

Pemilihan Bibit Lemon

Dalam melalukan pemilihan Jeruk lemon ada 3 sistem, pertama dengan metode cangkok, ke dua okulasi dan yang ke tiga dengan biji. Namun akan lebih baik anda memilih dengan cara cangkok atau okulasi sebab dengan cangkok atau okulasi akan membantu anda dalam  proses pertumbuhan yang lebih cepat, sedangkan dengan cara semai biji akan lebih lambat dalam pertumbuhannya. Jika anda akan mencangkok pohon lemon pilihlah batang pohon yang berdiameter minimal diatas 5 cm dan bentuknya lurus. Lakukan pencangkokan seperti biasa dan tunggu sampai keluar akar. Selanjunya potong batang dan semaikan selama sebulan di polybag semai sampai benar-benar bisa tumbuh dengan akar. Selanjunya jika sudah siap maka tanam di lahan tanam yang sudah anda siapkan.

Cara Menanam Bibit Lemon

Jika anda sudah mempersiapkan lahan tanam yang baik yaitu dengan menggunakan campuran tanah yang sudah anda hancurkan dicampur dengan pupuk organik atau kompos, maka tanamlah bibit lemon yang sudah siap pada lahan tanam dengan jarak sekitar 70 – 100 cm antar tanaman. Usahakan agar sinar matahari mengenai tanaman secara langsung tanpa ada halangan apapun. Buatlah lubang yang mengelilingi tanaman tersebut sebagai tempat untuk pemupukan. Siramlah dengan air secara berkala setiap pagi dan sore hari di awal penanaman selama 2 minggu berturut-turut untuk menjaga kelembapan tanah, agar tanaman tetap tumbuh dengan segar.

Baca Juga:  Sistem DFT Hidroponik : Pengertian, Prinsip Kerja, Kelebihan dan Kekurangan

Perawatan Tanaman Lemon

Perawatan adalah salah satu proses yang sangat penting sebab tanaman tanpa perawatan yang optimal, maka tidak akan menghasilkan tanaman yang tumbuh dengan subur dan sehat. Berikut ini adalah beberapa proses perawatan yang harus anda lakukan.

Pemupukan

Proses pemupukan tanaman anda bisa lakukan 4 kali dalam satu tahun dengan perbandingan 1:1:1:1 antara pupuk kandang, TSP, ZA dan kompos artinya anda bisa lakukan pemupukan 3 atau 4 bulan sekali dengan dosis sesuaikan pada tanaman tersbut.  Lakukan Pemotingan pada batang lemon agar pertunasan bisa terjadi dan tanaman bisa cepat berbunga.

Menggunakan pupuk alfalfa atau cottonseed disarankan untuk dihindari sebab ada jamur tanaman anthracnose yang sering ditemukan pada kandungan tersebut. yang akhirnya, akan membuat tanaman lemon terkontaminasi oleh jamur tersebut.

Penyiangan

Proses penyiangan dilakukan setiap 3 bulan sekali atau setiap tumbuh tanaman penggangu lainya.  jika tanaman terserang hama dan penyakit maka gunakan pestisida dan obat sesuai dengan dosis dan anjuran yang berlaku.

Faktor Tanaman Tidak Mau Berbuah

Ada beberapa faktor tanaman lemon tidak mau berbuah dengan makimal, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Tidak terjadi pernyerbukan pada bunga. Bunga yang tumbuh sebelum masa pembuahan membutuhkan angina atau serangga untuk menjatuhkan serbuk sari ke putik bunga yang memicu pembuahan. Menanam lemon di ruangan tertutup atau rumah kaca akan menghambat masuknya angina dan serangga.
  • Tanaman lemon belum cukup umur. Pelajarilah jenis lemon yang dipilih dan bisa berbuah dalam berapa lama.
  • Kurangnya dalam melakukan perawatan dimana pohon lemon tidak mendapat asupan air dan nutrisi yang cukup serta kurangnya pemangkasan pada tanaman.
  • Pohon lemon kurang mendapatkan sinar matahari yang cukup sehingga proses fotosintesis tidak berlangsung dengan normal.
  • Suhu yang dingin juga dapat mematikan kuncup bunga yang muncul. Sehingga usahakan anda hindari terjadinya proses yang disebutkan tersebut.
Baca Juga:  Sistem NFT Hidroponik : Pengertian, Sistem Kerja, Kelebihan dan Cara Penerapannya

Tips Agar Tanaman Anda Berbuah Dengan Lebat

Setelah anda mengetahui faktor tanaman tidak mau berbuah dengan maksimal, atau tidak sesuai dengan harapan maka kami akan memberikan tips agar tanaman anda berbuah dengan lebat dan sesuai dengan harapan.

Pemangkasan

Yang pertama adalah anda harus melakukan pemngkasan, tidak semua ranting atau cabang yang tumbuh pada pohon lemon bisa menghasilkan buah. Dalam pertumbuhannya, pohon lemon sering mengeluarkan cabang atau ranting air yang justru menghabiskan energi buat tanaman itu sendiri.

Ranting ini biasanya akan tumbuh di tengah-tengah batang atau batang bawah. Ranting atau dahan ini sebaiknya anda pangkas supaya tidak mengganggu pertumbuhan dan pembuahan.

Pemberian Pupuk

Pupuk yang dibutuhkan untuk membantu pembentukan bunga pada pohon lemon adalah pupuk yang mengandung kadar fosfor yang tinggi. Umumnya, pupuk fosfor terdapat pada pupuk TSP atau pupuk majemuk NPK yang diberikan lewat akar tanaman.

Selain itu juga, pupuk juga bisa diberikan kepada melalui daun. Pupuk daun yang digunakan biasanya berupa Gandasil B, Gandapan, Foliar, Growmore, Hiponex, dan berbagai merek pupuk lainnya yang berkadar fosfor tinggi. Pemberian pupuk dilakukan seminggu sekali dengan cara penyemprotan.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Lemon Panduan Lengkap (Berkebun) yang dapat dijelaskan dengan singkat dan terperinci oleh berkebun.co.id, mudah-mudahan bermanfaat bagi anda yang pemula selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.