Pengertian Ternak : Jenis, Manfaat dan Peranan Ternak untuk Kehidupan Manusia

4 min read

Pengertian Ternak : Jenis, Manfaat dan Peranan Ternak untuk Kehidupan Manusia

Pengertian Ternak : Jenis, Manfaat dan Peranan Ternak untuk Kehidupan Manusia – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Pengertian Ternak .

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Pengertian Ternak : Jenis, Manfaat dan Peranan Ternak untuk Kehidupan Manusia


Ternak merupakan hewan yang dipelihara sebagai sumber pangan, sumber bahan baku industri, ataupun dipelihara untuk menolong pekerjaan manusia.

Usaha- usaha memelihara ataupun pemeliharaan ternak disebut peternakan( ataupun perikanan, buat kelompok hewan tertentu) serta usaha peternakan ini secara universal masuk pada bagian dari aktivitas pertanian.

Ternak dapat berbentuk fauna apa saja. Tetapi demikian, dalam obrolan tiap hari orang umumnya merujuk kepada unggas serta mamalia , semacam ayam, angsa, kalkun, sapi, kambing, domba, kuda, ataupun keledai.

Serta buat bonus, di sebagian wilayah di dunia pula diketahui hewan ternak yang khas semacam unta, llama, bison, burung unta, serta tikus belanda bisa jadi terencana dipelihara bagaikan ternak.

Tipe hewan ternak ini sangat bermacam- macam di segala dunia, menyebar ke segala bagian serta ternak ini pula hidupnya bergantung pada beberapa aspek semacam hawa, permintaan konsumen, wilayah asal, budaya lokal, serta topografi.

Sebagian kelompok hewan tidak hanya unggas serta mamalia yang biasa dipelihara oleh manusia pula disebut hewan ternak, spesialnya apabila dipelihara di tempat spesial serta tidak dibiarkan berkelana di alam terbuka.

Di dalam kelompok ini tercantum ngengat sutera, bermacam tipe ikan air tawar( semacam ikan mas, gurami, mujair, nila, ataupun lele), sebagian tipe katak( paling utama bullfrog), buaya, serta sebagian tipe ular.

Usaha pemeliharaan ikan biasanya diucap bagaikan perikanan ataupun, lebih khusus, budidaya ikan.

Peternakan merupakan aktivitas mengembangbiakkan serta membudidayakan hewan ternak buat memperoleh keuntungan dari aktivitas tersebut.

Penafsiran peternakan tidak terbatas pada pemeliharaaan saja, memelihara serta peternakan perbedaannya teretak pada tujuan yang diresmikan.

Tujuan peternakan merupakan mencari keuntungan dengan pelaksanaan prinsip- prinsip manajemen pada faktor- faktor penciptaan yang sudah dikombinasikan secara maksimal.

Aktivitas di bidang peternakan bisa dipecah atas 2 kalangan, ialah peternakan hewan besar semacam sapi, kerau serta kuda, lagi kelompok kedua ialah peternakan hewan kecil seperti kambing,dan ketiga peternakan unggas.


Jenis-Jenis Ternak

Macam- macam ternak yang dicoba oleh manusia dibagi atas bermacam tipe, antara lain;

  • Ternak Hewan Besar

Ternak tipe ini ialah sesuatu aktivitas memelihara ataupun membudidayakan hewan- hewan yang mempunyai badan besar, semacam sapi, kuda, serta kerbau.

Baca Juga:  Cara Menanam Temulawak Untuk Pemula (Sukses)

Ternak hewan ini mempunyai badan yang lumayan besar buat bisa diambil khasiatnya dalam bentuk susu, daging, kulit, maupun dapat dengan tenaganya bagaikan perlengkapan transportasi ataupun membajak.

Tidak hanya itu, kotorannya pula bisa digunakan bagaikan pupuk alamiah yang diperlukan dalam usaha aktivitas pertanian serta perkebunan.

  • Ternak Hewan Kecil

Peternakan hewan kecil ialah saatu metode memelihara serta mengembangbiakan hewan- hewan yang mempunyai badan agak kecil semacam babi, kambing, domba, kelinci, serta lain sebagainya.

Manfaat beternak hewan yang mempunyai badan kecil ialah buat diambil susu, daging, dan kulitnya, tidak hanya itu untuk yang cuma mempunyai modal sedikit beternak hewan kecil lumayan diminati.

  • Ternak Hewan Unggas

Ayam, bebek, angsa, itik, dan burung puyuh ialah sebagian contoh hewan unggas yang banyak ditumbuh kembangkan oleh warga.

Manfaat usaha ternak hewan unggas ialah buat diambil daging, telur, bulu, serta pula bisa dijadikan bagaikan penghibur buat dinikmati suara ataupun keindahannya.


Manfaat Ternak

Khasiat yang didapatkan dari perternakan ini, antara lain bagaikan berikut;

  • Ternak Dibidang Pertanian

Tidak hanya sumber protein serta kalori yang lumayan besar ternak dimanfaatkan dalam bidang pertanian antara lain bagaikan sumber tenaga kerja, pupuk, tabungan dan meminimalisir efek dalam aktivitas usaha tani.

  • Ternak Bagaikan Sumber Tenaga Kerja

Inovasi pertanian yang lumayan banyak menaikkan kapasitas penciptaan pangan ialah digunakannya hewan buat mencerna tanah ataupun membajak,digunakannya irigasi semenjak tahun 3000 SM,

  • Ternak Penghasil Pupuk

Tidak hanya khasiat murah bagaikan tenaga kerja ternak pula mempunyai khasiat lain paling utama pada ternak yang berdimensi besar buat bisa menciptakan pupuk yang sangat bermanfaat untuk pertanian.

Dilaporkan dari 2, 8 juta ekor kerbau yang terdapat di Indonesia saja bisa menciptakan 4. 305. 000 ton/ hari yang bisa dimanfaatkan buat memupuk 340. 000 Ha tanah pertanian.

serta tingkatkan penciptaan pangan kurang lebih 30% itupun belum tercantum dari 7 juta ekor sapi serta kuda yang terdapat.


Peranan Ternak Untuk Manusia


  • Ternak Sebagai Bonus Pemasukan ataupun Tabungan

Terdapatnya keahlian pada ternak buat bisa merubah rumput serta limbah pertanian jadi daging, susu serta tenaga, hingga nilai tambah yang dihasilkan ternak pula bisa jadi sumber pemasukan serta tabungan untuk petani ataupun peternak.

Biasanya petani membeli ternak sehabis panen serta menjualnya kembali dikala masa paceklik ataupun kala membutuhkan dana ekstra yang berupa tunai buat penuhi hajat.

  • Sebagai Bahan Industri

Bagaikan bahan industri produk ternak pula lumayan berarti buat kelangsungan hidup manusia. Kulit yang sudah disamak bisa digunakan bagaikan bahan cornet beef, wool, sepatu, tas, jaket, lem, gelatin serta tepung tulang.

Baca Juga:  Makanan Burung Beo dan Tips Cara Memberikannya (Panduan Lengkap)

Apalagi insulin pada ternak pula bisa digunakan buat menyembuhkan penyakit diabet yang diektraksi dari pankreas sapi, babi serta kerbau.

  • Ternak untuk Fungsi Sosial

Dalam kehidupan social hewan ataupun ternak kerap jadi simbol status pada warga baik lewat upacara keagamaan, pernikahan dan pada warga primitif yang masih digunakan buat sesajian.

Apalagi hingga dikala ini banyak masyarakatan yang memerlukan telur ayam, bebek, angsa serta yang yang lain buat digunakan dalam kegiatan upacara keagamaan tertentu.

Pengertian Ternak : Jenis, Manfaat dan Peranan Ternak untuk Kehidupan Manusia

Contoh Ternak

Contoh tipe peternakan yang dapat dicoba , antara lain;

  • Ayam

Ternak ayam ialah hewan ternak yang sangat universal bisa ditemui nyaris disetiap negeri. Ayam biasanya dimanfaatkan daging ataupun telurnya.

Ayam jadi hewan sangat digemari untuk para peternak sebab pemeliharaan serta perwatan yang lumayan gampang, murah dan efektif.

  • Bebek

Bebek ialah tipe hewan unggas yang bahagia melaksanakan kegiatan di tempat yang banyak memiliki air semacam sungai, danau ataupun sawah.

Wujud paruh pada bebek yang memanglah bisa menyesuaikan diri buat lebih gampang memperoleh santapan dari tempat yang berair semacam ikan, cacing, keong maupun hewan air yang lain.

Bebek merupakan hewan ternak yang sangat gampang buat di pelihara paling utama buat daerah pedesaan, sebab santapan serta tempat tinggal bebek tidak sangat spesial serta dapat diambil dari sisa santapan orang.

  • Kambing

Kambing sangat gampang ditemui nyaris diseluruh perternak indonesia. Banyaknya peternak kambing diindonesia dilatar belakangi sebab memanglah daging kambing lumayan digemari serta banyak dicari oleh warga.

Harga kambing pula relatif terjangkau, biasanya dimanfaatkan buat olahan santapan semacam sate kambing, gulai ataupun bisa pula dimanfaatkan sebagai ritual keagamaan semacam akikah.

  • Sapi

Sapi pada biasanya merupakan hewan ternak yang lumayan mahal buat dijual sebab hasil dagingnya yang lumayan banyak buat bisa diolah bagaikan bahan pangan.

Olahan daging sapi biasanya dijadikan bagaikan bermacam berbagai olahan santapan dan pula dimanfaatkan bagaikan olahan penciptaan pabrik ialah penyedap rasa pada santapan.

  • Domba

Beternak domba dibutuhkan untuk memperoleh keuntungan dari hasil memelihara tidak hanya pada bagian daging yang menonjol dari domba pula didapatkan hasil pada bagian bulunya.

Banyak manfaat yang dapat didapat dari bulu domba ialah digunakan buat mode semacam style baju yang saat ini ini lumayan diminati.

Demikian ulasan mengenai Pengertian Ternak : Jenis, Manfaat dan Peranan Ternak untuk Kehidupan Manusia , yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.