Budidaya Ikan Aligator : Pemilihan Indukan, Pemijahan, Penyuntikan Hormon dan Cara Pemeliharaanya

3 min read

Budidaya Ikan Aligator : Pemilihan Indukan, Pemijahan, Penyuntikan Hormon dan Cara Pemeliharaanya

Budidaya Ikan Aligator : Pemilihan Indukan, Pemijahan, Penyuntikan Hormon dan Cara Pemeliharaanya – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Budidaya Ikan Aligator.

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :

Budidaya Ikan Aligator : Pemilihan Indukan, Pemijahan, Penyuntikan Hormon dan Cara Pemeliharaanya


Ada beberpa jenis ikan yang jadi incaran banyak orang sebab keunikan yang terdapat pada wujud fisiknya.salah satunya ikan alligator .

Berbeda dengan tipe ikan pada biasanya ikan ini cenderung berdimensi besar serta mempunyai keunikan tertentu pada wujud fisiknya. Keunikan tersebut terletak pada bagian kepala yang wujudnya menyamai buaya.

Ikan alligator mempunyai moncong semacam spatula serta inilah kenapa namanya juga disebut ikan alligator spatula. Di alam, ikan tipe ini jadi salah satu hama untuk para budidayawan ikan maupun udang.

Ikan alligator ialah salah satu tipe ikan predator yang memangsa ikan kecil maupun udang. Meski secara raga ikan alligator spatula mengerikan berbeda dengan metode budidaya ikan cupang di kolam beton.

Tetapi perlu kamu tahu kalau ikan tipe ini ialah salah satu tipe ikan mahal yang tidak sembarang orang bisa mempunyai dan menjualnya.


Langkah Budidaya Ikan Aligator

Tetapi tidak hanya dipelihara, nyatanya ikan alligator spatula ini pula bisa dibudidayakan. Perihal ini pastinya dapat jadi salah satu kesempatan bisnis yang menguntungkan untuk kamu.

mengingat ikan alligator spatula ialah tipe ikan yang sanggup bertahan hidup lama serta gampang sekali menyesuaikan diri dengan bermacam area baru.

Media Pemijahan

Langkah awal yang wajib kamu jalani dalam metode budidaya ikan alligator spatula ialah mempersiapkan media pemijahan.

Berbeda dengan ikan yang lain, kamu wajib memijahkan ikan alligator spatula terlebih dulu bila mau membudidayakannya serta berikut penjelasannya:

Buat media pemijahan kamu membutuhkan akuarium besar dengan dimensi dekat 120x 60x 50 centimeter.Hendaklah sediakan akuarium yang lebih besar ialah berdimensi dekat 200 x 70 x 70 centimeter.

Baca Juga:  Cara Budidaya Ikan Lele Kolam Terpal Mudah dan Praktis untuk Pemula (Sukses)

Ada pula kapasitas dari akuarium ialah buat akuarium awal bisa diisi se ekor indukan betina serta 3 ekor indukan jantan berdimensi 50 centimeter.

Sebaliknya buat akuarium kedua bisa diisi 2 ekor indukan betina serta 4 ekor indukan jantan berdimensi 50 centimeter.

Tidak hanya media tempat pemijahan, kamu pula butuh mempersiapkan sebagian perlengkapan serta bahan yang lain semacam ember, baskom, serok ikan, plastik gelap serta tali rafia.

Memilih Indukan

Sehabis media pemijahan siap kamu pula dapat memandang metode membuat pupuk silika dari bungkam padi, langkah selanjutnya ialah memilah indukan semacam berikut:

Memilih indukan yang tidak terserang penyakit maupun hama dan tidak hadapi cacat.Ada pula karakteristik spesial buat membedakan antara betina serta jantan.

Indukan alligator spatula betina mempunyai dimensi badan lebih besar dengan sirip anal rata.Sebaliknya indukan jantan mempunyai dimensi lebih kecil dengan sirip anal nampak berjumbai.

Saat sebelum melaksanakan pemijahan, indukan wajib diberok terlebih dulu serta diberi pakan secara bermacam- macam serta tertib.

Penyuntikan Hormon

Bila kamu telah memperoleh indukan yang bermutu serta layak budidaya, langkah berikutnya dalam metode budidaya ikan alligator spatula ialah melaksanakan proses penyuntikan semacam berikut:

Penyuntikan indukan ikan alligator spatula sangatlah berarti supaya ikan bisa dipijahkan.Penyuntikan dicoba sebagian kali cocok dengan dosis.

Penyuntikan awal ataupun biasa diucap dengan prepatory injection diberikan sebanyak 30%, ini bertujuan buat menyeragamkan pematangan telur.

Jalani penyuntikan kedua yang biasa diucap decisive injection dengan dosis sebanyak 70% buat mendesak proses ovulasi pada indukan.

Buat rentang waktu antara suntikan awal serta kedua ialah dekat 13 jam bila temperatur air rendah serta 10 jam bila temperatur air besar.

Pemijahan Ikan Aligator Spatula

Ada pula langkah berikutnya dalam metode budidaya ikan alligator spatula yang berbeda dengan metode budidaya ikan cupang hias yang benar ialah pemijahan semacam berikut ini:

  • Pemijahan baru dapat dicoba pada 7 jam sehabis penyuntikan ke 2 dicoba.
  • Masukkan indukan betina serta jantan secara bertepatan serta perkenankan sepanjang tadi malam penuh.
  • Letakkan media pemijahan pada tempat yang agak hitam serta sepi.
  • Tutup akuarium memakai kresek gelap.

Penetasan Telur Ikan Aligator Spatula

Buat penetasan telur dicoba dalam tempat terpisah semacam pada metode budidaya ikan alligator spatula di dasar ini:

  • Sehabis pemijahan umumnya dalam waktu satu hari ataupun 2 hari hendak nampak telur ikan yang mengambang dipermukaan.
  • Tunggu sampai telur ikan tenggelam serta pisahkan telur dengan indukan ikan.
  • Umumnya telur hendak menetas dalam waktu 8 hari sehabis pemijahan.
  • Ini diisyarati dengan terdapatnya ekor larva yang mencuat keluar serta penetasan sempurna bisa nampak dikala larva telah Terlihat utuh.
  • Buat perawatan, kamu cuma butuh melindungi mutu air serta berikan pakan secara tertib.
  • Pakan yang dapat diberikan ialah Daphnia Sp sehabis larva berusia seminggu.
  • Aerasi wajib senantiasa dicek buat melindungi supaya larva bisa bernafas dengan baik.
Baca Juga:  Makanan Ikan Nila

Pemindahan Benih

Jalani pemeliharaan larva sampai larva berkembang jadi benih yang berbeda dengan pupuk kimia membahayakan area, dalam metode budidaya ikan alligator spatula kamu pula butuh mempersiapkan media pemeliharaan buat benih semacam berikut:

  • Sesungguhnya buat memelihara ikan alligator dapat di media apapun, tetapi hendak lebih indah bila kamu memeliharanya di kolam maupun akuarium.
  • Buat akuarium, memilih akuarium berdimensi besar dekat 200 centimeter sampai satu m.
  • Bila kamu memeliharanya di kolam hingga kamu dapat memeliharanya pada kolam tanah minimun berdimensi dekat 1x 0, 5, 05 meter.

Budidaya Ikan Aligator : Pemilihan Indukan, Pemijahan, Penyuntikan Hormon dan Cara Pemeliharaanya

Pemeliharaan Ikan Aligator

Ada pula langkah pemeliharaan dalam metode budidaya ikan alligator spatula supaya hasil panen kamu sukses semacam berikut:

  • Pemberian pakan wajib dicoba secara teratur sebanyak 3 kali satu hari.
  • Sebab ikan ini termasuk hewan karnivora hingga tipe pakan yang diberikan merupakan hewan hidup semacam udang, ikan kecil.
  • Hendak lebih baik bila kamu berikan pakan berbentuk ikan lele.
  • Jalani pula pembersihan kolam secara tertib tiap minggu sampai ikan alligator spatula siap panen.

Demikian ulasan mengenai Budidaya Ikan Aligator : Pemilihan Indukan, Pemijahan, Penyuntikan Hormon dan Cara Pemeliharaanya , yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.

Makanan Ikan Nila

admin
2 min read

Makanan Ikan Gurame

admin
2 min read