Budidaya Rumput Laut : Metode, Perawatan, Pemanenan dan Manfaat Rumput Laut

3 min read

Budidaya Rumput Laut : Jenis, Proses Budidaya, Masa Panen dan Manfaat Rumput Laut

Budidaya Rumput Laut : Metode, Perawatan, Pemanenan dan Manfaat Rumput LautHai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Budidaya Rumput Laut .

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Budidaya Rumput Laut : Metode, Perawatan, Pemanenan dan Manfaat Rumput Laut


Rumput laut pertama kali ditemukan hidup secara alami bukan hasil budidaya. Rumput laut memerlukan tempat menempel untuk menunjang kehidupannya.

Rumput laut ialah tumbuhan air yang mempunyai banyak manfaat, mulai dari bahan baku dalam pembuatan kosmetik sampai bahan pangan. Perihal inilah yang mendesak rumput laut banyak dibudidayakan.

Di alam tempat menempel ini bisa berupa karang mati, cangkang moluska, dan bisa juga berupa pasir dan lumpur. Selain itu rumput laut sangat membutuhkan sinar matahari untuk melangsungkan proses fotosintesa.

Banyaknya sinar matahari ini sangat dipengaruhi oleh kecerahan air laut. Kedalaman idealnya adalah berada 30 – 50 cm dari permukaan air.

Rumput laut ialah tumbuhan air yang mempunyai banyak manfaat, mulai dari bahan baku dalam pembuatan kosmetik sampai bahan pangan. Perihal inilah yang mendesak rumput laut banyak dibudidayakan.

Perairan Indonesia yang luasnya sekitar 70% dari daerah Nusantara memiliki kemampuan buat usaha budidaya laut, diantaranya lain budidaya rumput laut.

Tipe rumput laut yang memiliki kemampuan buat dibudidayakan merupakan Eucheuma sp. serta Gracilaria sp.

Budidaya rumput laut yang sangat erat kaitannya dengan industri  menjadi benda separuh jadi, ialah tepung rumput laut ataupun biasa diucap“ karaginan”, sebagai bahan baku industri produk farmasi serta lain sebagainya.

Rumput laut di tambak umumnya pembudidayaannya dicoba di wilayah dekat muara. Wilayah yang sangat banyak melaksanakan budidaya rumput laut merupakan Sulawesi, Jawa Barat, serta Bali.

Tipe rumput laut yang banyak dibudidayakan merupakan tipe Glacilaria sp.Rumput laut Glacilaria sp dikenal ialah bahan baku dari pembuatan agar.

Jenis Rumput laut ini pula dikenal salah satu tipe rumput laut yang mempunyai keahlian dalam menyesuaikan diri dengan isi garam, bisa hidup pada kandungan salinitas 15 sampai 30 ppt.


Jenis -Jenis Metode Budidaya Rumput Laut

Untuk budidaya perairan lepas dibedakan dalam beberapa metode, yaitu :

  • Metode Lepas Dasar

Dimana cara ini dikerjakan dengan mengikatkan bibit rumput laut pada tali – tali yang dipatok secara berjajar – jajar di daerah perairan laut dengan kedalaman antara 30 – 60 cm. Rumput laut ditanam di dasar perairan.

  • Metode Rakit

Cara ini dikerjakan di perairan yang kedalamannya lebih dari 60 cm. Dikerjakan dengan mengikat bibit rumput di tali – tali yang diikatkan di patok – patok dalam posisi seperti melayang di tengah – tengah kedalaman perairan.

  • Metode Tali Gantung

Metode tali gantung ini dilakukan dengan mengikatkan bibit – bibit rumput laut dalam posisi vertikal (tegak lurus) pada tali – tali yang disusun berjajar.

Baca Juga:  Cara Merawat Bunga Krisan : Pemilihan, Penyiraman Dan Pemupukan

Langkah Budidaya Rumput Laut

Bila kamu berminat melaksanakan usaha budidaya rumput laut, kamu wajib memperhatikan aspek pendukung supaya rumput laut bisa hidup dengan baik.Lngkahnya adalah seperti di bawah ini :

  • Posisi Budidaya Rumput Laut

Pemilihan posisi tambak yang baik sangatlah berarti supaya rumput laut bisa berkembang serta tumbuh sebagaimana mestinya.

Carilah tempat yang dekat dengan sumber air, ataupun yang berjarak 300 sampai 1000 m dari laut. Jarak sangat berarti buat dipertimbangkan, sebab perihal tersebut mempengaruhi tingkatan salinitas air.

Berikutnya, yakinkan kalau kamu memakai air bersih supaya sinar matahari bisa masuk menembus air tambak sehingga proses fotosintesis berjalan dengan baik.

  • Persiapan Lahan Budidaya

Keluarkan segala air yang terdapat di tambak, setelah itu taburkan pupuk kandang di dalamnya. Jalani pembajakan pada tambak, bila tanah terasa keras bisa ditambahkan pupuk TSP.

Gemburkan tanah tambak berkisar 10 hingga 15 centimeter. Setelah itu diamkan tambak 3 hari. Sehabis mengering, kamu bisa mensterilkan tambak dari gulma serta sampah- sampah yang ada.

  • Penebaran Rumput Laut

Masukkan air ke dalam tambak yang telah kering sampai setinggi 10 centimeter. Setelah itu tebarkan bibit rumput laut secara menyeluruh, tidak sangat rapat serta tidak sangat jarang.

Waktu terbaik dalam melaksanakan penebaran bibit merupakan sore hari. Perihal ini dicoba supaya bibit rumput laut tidak stress.Tambahkan air pada tambak sampai ketinggian air menggapai 50 centimeter.


Perawatan Rumput Laut

Rumput laut mendapatkan nutrisi dari air serta fotosintesis.Berarti perlu untuk melaksanakan pergantian air demi memperbarui nutrisi yang terdapat di dalam tambak. Pergantian air hendaknya dicoba seminggu sekali.

Pada awal penanaman, ketinggian air wajib terus dipertahankan. Sehabis merambah umur 3 minggu, air bisa ditambah sampai ketinggian 70 centimeter.

Pada minggu kedua penanaman, hendaknya lihat proses pertumbuhannya. Bila nampak terdapat ciri kurang produktif, lakukan pemupukan dengan urea serta natrium.

Baca Juga:  Cara Menanam Daun Bawang Hidroponik : Tahapan Penanaman dan Masa Panen

Rumput laut yang telah tumbuh terlebih dulu dari yang lain lakukan pemecahan serta ditebarkan pada wilayah tambak yang masih nampak jarang pertumbuhannya.

Pilih rumput laut yang mempunyai energi berkembang besar, sehingga bisa dipecah jadi 3 hingga 4 bagian. Pemecahan dicoba tiap 2 minggu serta hanya bisa dicoba sepanjang 2 kali.


Pemanenan Rumput Laut

Rumput laut bisa dipanen dikala umurnya sudahtiba 7 hingga 8 minggu sehabis tanam. Pemanenan dicoba dengan metode mencabutnya secara pelan pelan dari dalam tambak.

Rumput laut yang dibudidayakan di tambak dipanen dengan metode rumpun tumbuhan dinaikkan serta disisakan sedikit buat dikembangbiakkan lebih lanjut.

Ataupun dapat pula dicoba dengan metode petik dengan memisahkan cabang- cabang dari tumbuhan induknya.

Namun metode ini hendak berdampak didapatkannya sedikit keraginan serta perkembangan tumbuhan induk buat budidaya berikutnya hendak menyusut.

Bila rumput laut dipanen pada umur dekat satu bulan, umumnya hendak diperoleh perbandingan berat basah serta berat kering 8: 1, serta bila dipanen pada umur 2 bulan umumnya hendak didapat perbandingan 6: 1.

Untuk jenis tipe gracilaria umumnya diperoleh hasil panen dekat 1500- 2000 kilogram rumput laut kering per- hektarnya.

Budidaya Rumput Laut : Jenis, Proses Budidaya, Masa Panen dan Manfaat Rumput Laut

Manfaat dan Hasil Produksi Rumput Laut


  • Agar – Agar

Fungsi utamanya merupakan bagaikan bahan pemantap, serta pembuat emulsi, bahan pengental, bahan pengisi, serta bahan pembuat gel.

Dalam industri, agar- agar banyak digunakan dalam industri santapan semacam buat pembuatan roti, sup, saus, es krim, jelly, permen, serbat, keju, puding, selai, bir, anggur, kopi, serta cokelat.

  • Algin( Alginat)

Khasiat algin dalam industri yakni sebagai bahan pengental, pengatur penyeimbang, pengemulsi, serta pembuat susunan tipis yang tahan terhadap minyak.

Algin dalam industri banyak digunakan dalam industri santapan buat pembuatan es krim, serbat, susu es, roti, kue, permen, mentega, saus, pengalengan daging, selai, sirup, serta pudding

  • Keraginan

Keraginan ialah senyawa polisakarida yang tersusun dari unit D- galaktosa serta L- galaktosa 3, 6 anhidrogalaktosa yang dihubungkan oleh jalinan 1- 4 glikosilik.

Khasiat keraginan nyaris sama dengan agar- agar, antara lain bagaikan pengatur penyeimbang, pengental, pembuat gel, serta pengemulsi.

Demikian ulasan mengenai Budidaya Rumput Laut : Cara Budidaya, Perawatan, Pemanenan dan Manfaatnya, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.