Cara Membuat Pupuk Kompos dari Daun Mudah dan Murah

2 min read

Cara Membuat Pupuk Kompos dari Daun Mudah dan Murah

Cara Membuat Pupuk Kompos dari Daun Mudah dan Murah – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Membuat Pupuk Kompos dari Daun .

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Membuat Pupuk Kompos dari Daun Mudah dan Murah


Pupuk ialah perihal yang sangat berarti dalam menjaga tumbuhan buat menciptakan tumbuhan bermutu, ada tipe pupuk kimia serta pupuk organik.

Buat tipe pupuk organik yang lagi digemari dikala ini ialah pupuk kandang, serta pupuk kompos, dan lainnya seperti  pupuk daun.

Bila kita bandingkan dengan proses pembuatan dari kotoran ternak, kompos dari dedaunan sangat jauh lebih gampang.

Yang pertama daun lebih ringan. Maksudnya merupakan bila dibanding dengan kotoran sapi, kotoran ayam ataupun kotoran kambing, sama– sama satu sekop, sampah daun tidak sangat menghabiskan tenaga.

Yang kedua merupakan, sampah daun lebih kering serta bersih. Secara raga keduanya dapat nampak dengan jelas kelainannya.

Lebih murah Kompos daun daripada kompos kotoran ternak.Walaupun metode membuat kompos dari dedaunan itu lumayan gampang, prakteknya cuma sedikit yang melaksanakan.

Bahan baku kompos daun pula bebas. Paling tidak kita dapat mengumpulkannya sedikit demi sedikit dengan memisahkan sampah antara yang organik serta anorganik.

Lama kelamaan, kala kompos daun telah jadi, waktunya dapat saja bareng dengan agenda akumulasi pupuk organik pada tumbuhan.

Sebaliknya pupuk kompos merupakan pupuk organik yang berasal dari tumbuh- tumbuhan semacam, pupuk dari daun- daun kering.

Baca Juga:  Cara Pengomposan : Teknik Mudah Membuat Kompos dari Sampah Rumah Tangga

Metode Membuat Pupuk Organik dari Daun

Pada dasarnya, pupuk kompos lebih gampang terbuat, dibanding dengan pupuk kandang, berikut ini ialah metode membuat pupuk organik dari daun, antara lain merupakan:


  • Mempersiapkan Bahan serta Alat

Saat sebelum membuat pupuk organik dari daun, kalian wajib mempersiapkan bahan serta perlengkapan yang diperlukan. Perihal tersebut bermanfaat buat memudahkan kalian dalam pembuatan pupuk organik daun.

Sebagian perlengkapan yang disiapkan antara lain semacam sekop, cangkul, penyemprotan air, dan sebagian perlengkapan kebun yang lain.

Jangan kurang ingat buat mempersiapkan wadah semacam jantung kompos ataupun plastik gelap, ember, serta tali.Ada pula sebagian bahan  pembuatan pupuk organik daun kering semacam, larutan EM4 serta air bersih.

Larutan EM4 sangat berguna buat menolong proses pembuatan pupuk supaya lebih kilat. Jangan kurang ingat buat sediakan kayu ataupun bambu, dan terpal bagaikan perlengkapan utama pembuatan pupuk.


  • Pembuatan Media Pupuk Organik dari Daun

Buat membuat pupuk organik yang berasal dari daun kering wajib mempersiapkan media pengomposan yang cocok dengan kriteria, semacam berikut ini:

Memilih tempat ataupun lahan yang lembab dan tidak terserang cahaya matahari secara langsung, buat menaruh media pupuk pembuatan kompos.

Jangan lupa memilah posisi yang dekat serta gampang dijangkau, supaya pembuatan pupuk senantiasa dalam penjagaan.Buatlah suatu kotak dari kayu ataupun bambu dengan dimensi dekat 1 x 2 x 1 meter.

Buatlah kantung yang dibuat dari mulsa plastik gelap dengan dimensi yang sama semacam media tanam buat pembuatan pengomposan.

Buatlah lubang kecil pada bagian dasar plastik, serta samping plastik. Perihal tersebut digunakan buat penyaringan air dan perputaran hawa.

Bukan cuma plastik, kalian pula dapat memakai terpal berdimensi kecil yang diikat tiap ujungnya supaya kokoh.


  • Pembuatan Pupuk Kompos Organik dari Daun

Sehabis bahan serta perlengkapan telah disiapkan dan media pengomposan telah terbuat, hingga langkah berikutnya ialah membuat pupuk kompos organik dari daun.

Baca Juga:  √ Cara Menanam Sayuran Dengan Sistem Hidroponik

Ada 2 tipe daun yang dapat kalian pakai, ialah tipe daun basah serta daun kering.

Daun basah yang kalian seleksi wajib daun tua, tetapi senantiasa fresh serta tidak menguning. Sebaliknya daun kering dapat kalian miliki di bermacam tempat, tetapi senantiasa dalam kondisi bersih.

Kumpulkan daun basah serta daun kering dekat perbandingan 1: 3. Satukan seluruhnya kedalam ember serta mencincangnya secara kecil- kecil.

Pakai tanah gembur ataupun humus bagaikan pelapis tanah dalam media pengomposan. Masukan daun yang telah dicincang, kemudian lapisi tanah kembali.

Kalian dapat memakai plastik ataupun terpal buat menutup media pengomposan, serta perkenankan sepanjang kurang lebih 6 minggu.

Buat melindungi kelembaban temperatur serta perputaran hawa sepanjang proses pengomposan, kalian wajib menyemprotkan air satu kali dalam seminggu, kemudian aduk kompos memakai sekop ataupun cangkul.

Pengadukan kompos dicoba secara menyeluruh, supaya hasilnya pula menyeluruh.

Cara Membuat Pupuk Kompos dari Daun Mudah dan Murah

Pemakaian Pupuk Organik dari Daun

Pupuk organik yang dibuat dari daun kering mempunyai banyak khasiat, dan pemakaian pupuk inipun sangat gampang serta instan.

Kalian butuh menyaring pupuk terlebih dulu, kemudian mengombinasikan pupuk dengan tanah dalam media tanam.

Seperti itu sebagian langkah dalam pembuatan pupuk organik dari daun yang gampang, serta instan. Pupuk ini sangat baik digunakan buat tumbuhan pertanian, sayur, buah dan tumbuhan hias.

Demikian ulasan mengenai Cara Membuat Pupuk Kompos dari Daun Mudah dan Murah , yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.