Cara Ternak Burung Kacer Mudah Dan Tepat

2 min read

cara ternak burung kacer biar cepat bertelur, cara ternak kacer sederhana, cara menjodohkan kacer, kandang ternak burung kacer, cara mempercepat penjodohan kacer, cara ternak kacer kandang gantung, ternak kacer poligami, cara menjodohkan kacer dengan murai, suasana di kandang ternak kacer, musim kawin kacer, ternak kacer poligami, cara beternak burung haur, burung kacer bikin sarang, ukuran kandang ternak kacer,

Cara Ternak Burung Kacer Mudah Dan Tepat – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Ternak Burung Kacer. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Ternak Burung Kacer Mudah Dan Tepat


Kacer yakni salah satu spesies unggas yang cukup mempesona. Harga burung ini pula tidak murah, Mengenai ini diakibatkan mempunyai kelebihan pada suara merdu yang bisa disiulkan kapan saja.

Burung kacer yakni jenis burung kicau yang keberadaan sangat dicari para penggemar burung gacoran.

Mengenai ini diakibatkan burung ini memiliki kualitas suata kicau yang merdu, lantang dan bermacam- berbagai terlebih boleh dibilang diatas burung kicau yang lain.

Kacer ialah burung jenis kicau yang memiliki suara khas yang begitu lezat di dengar buat pendengarnya terlebih lagi apabila bisa memenangkan dalam perlombaaan tentu saja dapat jadi nilai lebih.

Juga memiliki nilai yang fantastis apabila di jual sehingga para kacer mania berlomba- lomba dalam bernernak burung kacer.


Langkah Cara Beternak Kacer


  • Memilah Indukan

Berikut sebagian Mengenai yang wajib buat kalian ketahui kala lagi memilik indukan burung kacer yang bermutu.

Tata cara memilah indukan burung kacer jantan:

    • Pilih yang sudah berumur minimal 2 tahun maupun siap kawin.
    • Indukan harus sehat baik secara raga maupun mental dan tidak terkena penyakit
    • Dilihat dari bentuknya burung memiliki bulu yang bagus.
    • Usahakan buat memilah indukan yang jinak dan tidak penakut.

Panduan memilah indukan burung kacer betina:

    • Usia indukan kisaran antara 1- 2 tahun maupun siap penciptaan telur.
    • Indukan wajib sehat maupun tidak terserang penyakit dan tidak cacat secara raga.
    • Memiliki bulu yang indak baik dari segi warna maupun kualitas bulunya.
    • Yang sangat berarti pilih indukan yang jinak adan tidak penakut, buat mempermudah perawatan.
  • Pembuatan Kandang

Buat ukuran kandang sebaiknya pilih yang luas dan nyaman tujuannya tidak lain biar si burung kilat berproduksi.

Baca Juga:  Budidaya Cabe Rawit di Polybag : Cara Mudah Tanam Cabe di Rumah

Idealnya burung kacer penciptaan terletak dalam kandang ukuran 150cm x 100cm x 180cm biasanya dibuat dari papan kayu yang dipadukan dengan ram kawat pada bagian depan.

Kebalikannya buat tempat sarang idealnya berukuran dekat 20cm persegi. Posisi sarang sebaiknya diletakan pada bagian sudut atas kandang tujuannya biar indukan betina merasa tenang disaat proses pengeraman.

Bahan yang digunakan buat mengisi sarang sebaiknya gunakan sabut kelapa, tangkai daun sengon, ijuk daun cemara dan sebagainya.

Segala bahan tadi cukup diletakan pada dasar sangkar dan biarkan indukan betina membuat sarangnya sendiri.

  • Perjodohan

Ini yakni proses yang sangat berarti dalam usaha budidaya burung kacer, soalnya apabila proses perjodohan gagal sampai kalian tidak hendak bisa menghasilkan anakan kacer.

Tata cara ampuh melakukan perjodohan burung kacer:

    • Langkah dini masukan indukan jantan ke sangkar perjodohan.
    • Sehabis itu taruh indukan kedalam sangkar sehabis itu masukan bersama sangkatnya kedalam sangkar perjodohan.
    • Biarkan sejauh sebagian jam dan lihat reaksi keduan indukan, rukun maupun tidak.
    • Kala indukan jantan aktif berkicau sambil mendekati betina dan indukan betina merespon dengan gerakan turun kedasar sangkar, didetetapkan kedua indukan berjodoh.
    • Apabila tidak berjodoh indukan betina hendak menghindari indukan jantan.
  • Pengeraman

Kebanyakan indukan burung kacer betina dapat bertelur hingga 3 butir dan proses pengeramannya berlangsung dekat 14 hari.

Sejauh proses pengeraman berlangsung, kalian dituntut buat bisa menjada indukan dari hambatan hewan predator semacam tikus, anjing, cecak, semut dan kecoa hingga proses pengeraman berakhir.

  • Penetasan Telur

Kala usia pengeraman mencapai 10 hari biasanya sudah ada telur yang mulai retak maupun dengan kata lain ada anakan burung kacer yang sudah menetas, jadi lakukanlah pengecekan secara tertib.

Apabila sudah menetas lekas bagikan indukan pakan beruap kroto segar dan jangkrik.

  • Meloloh

Pada masa ini indukan sangat membutuhkan nutrisi yang sangat banyak jadi lekas bagikan pakan hidup berupa ulat, belalang, kroto dan jangkrik masing- masing pagi, siang dan sore secara tertib.

Baca Juga:  Cara Menanam Daun Salam

Anakan burung kacer hendak mulai keluar sarang pada usia 3 minggu dan belajar makan sediri pada usia 4 minggu. Pada usia 5 minggu anakan burung kacer sudah bisa makan sendiri.

  • Menyapih Anakan Kacer

Penyapihan idelanya dicoba kala indukan burung kacer sudah mulai mematuk anakan maupun mau bertelur lagi. Bisa pula proses penyapihan dicoba disaat anakan kacer sudah bisa makan secara sendiri.

Dikala saat sebelum proses penyapihan dicoba sebaiknya ajarkan terlebih dahulu anakan kacer makan voer halus yang dicampur dengan kroto.

  • Memasterkan Kacer Kecil

Buat kasus pemasteran sebaiknya dicoba kala anakan burung kacer sudah mulai makan sendiri.

Tidak cuma itu proses pemasteran yang dicoba pada usia dini yakni investasi yang cocok karena pada usia ini burung lebih mudah menirukan dan merekam suara yang ada disekitarnya.

cara ternak burung kacer biar cepat bertelur, cara ternak kacer sederhana, cara menjodohkan kacer, kandang ternak burung kacer, cara mempercepat penjodohan kacer, cara ternak kacer kandang gantung, ternak kacer poligami, cara menjodohkan kacer dengan murai, suasana di kandang ternak kacer, musim kawin kacer, ternak kacer poligami, cara beternak burung haur, burung kacer bikin sarang, ukuran kandang ternak kacer,


Perawatan Dan Pakan Burung Kacer

Soal perawatan kalian cukup jaga kebersihan kandang secara tertib dengan tata cara membersihkannya cukup 2 kali dalam seminggu.

Tidak cuma itu jatah pakan dan pula pengantian air minum pula harus diperhatikan secara teliti.

Tidak cuma itu kalian pula dituntut buat sajikan tempat yang tenang maupun jauh dari hewan predator semacam kucing, ular maupun tikus.

Buat kasus pakan kalian bisa memberikan voor yang bermutu ditambah dengan EF berupa jangkrik sebanyak 5- 10 ekor/ hari.

Demikian ulasan mengenai Cara Ternak Burung Kacer, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.