Umpan Ikan Nila Yang Sering Digunakan (Pemancing)

2 min read

Umpan Ikan Nila Yang Sering Digunakan (Pemancing) – Hai sobat kali ini berkebun.co.id, akan membagikan ilmu proses cara membuat umpan ikan nila yang sering digunakan para pemancing. Yang mana pada kesempatan kali ini akan kita bahas melalui artikel berikut ini :

Umpan Ikan Nila Yang Sering Digunakan (Pemancing)

Sebelum kita bahas lebih lanjut mungkin anda adalah salah satu penghobi mancing, sudah tidak heran lagi jika mancing adalah salah satu hiburan yang sangat sederhana, semua kalangan bisa menikmati serunya memancing, mulai dari kalangan masyarakat biasa sampai para pejabat.

Selain itu juga banyak pemancing yang hobinya di sungai liar dan ada juga di kolam pemancingan. Untuk kali ini yang akan kita bahas adalah refrensi berbagai jenis umpan ikan nila yang sering digunakan oleh para pemancing. Jika anda penghobi ikan nila maka anda harus tau karakteristik ikan nila tersebut, pengetahuan tentang tingkah laku, dan habitat ikan nila itu sendiri.

Oleh sebab itu  berkebun.co.id, akan sedikit mengupas tentang habitat ikan nila terlebih dahulu.

Habitat Ikan Nila

Ikan nila hidup di air tawar, seperti di sungai, rawa, danau, pesawahan dan lain sebagainya. Ikan nila sangat mudah beradaptasi dan cepat berkembang biak, hidupnya biasanya bergerombol. Selain itu juga ikan nila akan terganggu laju perkembangannya jika suhu air terlalu panas ataupun terlalu dingin.

Jenis – jenis umpan ikan nila

Banyak jenis umpan yang disukai ikan nila, tergantung kondisi dan tempatnya. Ada umpan ikan nila khusus pemancing kolam, dan ada juga khusus pemancing ikan sungai liar.

Baca Juga:  Kandungan Daun Bayam

Umpan Ikan Nila Sungai

Umpan Lumut

Lumut adalah salah satu makanan yang disukai oleh ikan nila, sebab jenis umpan ini memiliki tekstur yang sangat lembut. Tetapi tidak semua jenis lumut bisa digunakan untuk memancing, sebab lumut yang dimaksud adalah lumut yang biasanya hidup di selokan, pesawahan dan juga dibebatuan, jenis lumut ini memiliki warna hijau cerah.

Cara membuatnya adalah campurkan lumut tersebut dengan sari pandan dan garam, garam bertujuan agar lumut tersebut lebih lembut dan lemas sehingga tidak mudah lepas dari mata kail, sedangkan sari pandan bertujuan untuk menarik perhatian ikan nila tersebut.

Umpan Cacing

Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan umpan cacing ini, jenis ikan apapun cacing akan dimakan. Namun ada beberapa jenis cacing, diantaranya cacing pink atau yang biasanya hidup di sawah, cacing air, dan cacing pohon pisang yang sudah membusuk.

Umpan Ikan Nila Kolam

Umpan Pelet

Untuk jenis umpan pelet ini biasanya digunakan oleh para pemancing kolam, sebab biasanya ikan nila kolam sudah sering terbiasa diberi makan pelet.

bahan dan jenis umpan pelet yang digunakan :

  • Pelet tyipe 781-2 SP 1/2
  • Pelet type PF-1000 1/2
  • Teh madu 2 sendok
  • Kuning telor 1 butir
  • Air hangat secukupnya

Untuk proses pembuatannya sangat mudah aduk semua bahan yang sudah anda siapkan di dalam satu wadah hingga merata, dan sampai terlihat mengental dan buatlah adonan sesuai ukuran mulut ikan nila.

Umpan Mie Instan

Umpan mie instan juga salah satu alternatif lain yang juga di sukai oleh ikan nila, sebab jenis umpan ini memiliki bentuk seperti cacing. Tetapi sebelum anda gunakan sebaiknya  anda campur terlebih dahulu  menggunakan kuning telur bebek, agar aromanya lebih terlihat dan menarik perhatian ikan nila tersebut.

Baca Juga:  Cara Menanam Bunga Lily

Umpan Kroto

Jenis umpan kroto ini juga sangat disukai oleh ikan nila, kroto adalah telur rangrang yang biasanya digunakan untuk makan burung kicau. Telur rangrang ini sangat mudah di jumpai biasanya di toko burung anda  dapat menemukanya.

Itulah beberapa jenis  Umpan Ikan Nila Yang Sering Digunakan (Pemancing) yang dapat di jelaskan oleh berkebun.co.id, mudah-mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga berhasil salam lestari dan terimakasih.