Cara Ternak Ayam Kalkun Pemula

2 min read

Cara Ternak Ayam Kalkun Pemula

Cara Ternak Ayam Kalkun Pemula – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Ternak Ayam Kalkun Pemula. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Ternak Ayam Kalkun Pemula


Kalkun maupun ayam kalkun yakni sebutan buat 2 spesies burung berukuran besar dari ordo Galliformes genus Meleagris.

Pada kalkun betina lebih kecil dan warna bulu kurang berwarna- warni dibandingkan dengan kalkun jantan. Disaat terletak di alam bebas, kalkun mudah dikenali dari rentang sayapnya yang mencapai kisaran 1, 5– 1, 8 meter.

Meski ukuran tubuhnya berbeda, secara umum, tata metode penjaannya bisa dikatakan hampir sama dengan ayam biasa.

Turki memiliki banyak jenis, semacam kalkun goldenpalm, kalkun perunggu, kalkun royal, kalkun putih, dan kalkun hitam Spanyol.

Dalam memulai membiakkan kalkun ada sebagian aspek yang pantas diperhatikan buat kelancaran bisnis pertanian Kalian, berikut ialah sebagian panduan buat memelihara kalkun dengan mudah.


Spesies Serta Klasifikasi Ilmiah Kalkun

Klasifikasi Kalkun merupakan bagaikan berikut:

  • Kingdom: Animalia
  • Filum: Chordata
  • Kelas: Aves
  • Ordo: Galliformes
  • Famili: Phasianidae
  • Subfamili: Meleagridinae
  • Genus: Meleagris

Spesies kalkun asal Amerika Utara diucap dengan M. gallopavo kebalikannya buat jenis kalkun asal Amerika Tengah diucap M. ocellata.

Kalkun hasil domestikasi yang diternakkan buat diambil dagingnya berasal dari spesies M. gallopavo yang pula dikenal bagaikan kalkun liar( Wild Turkey).

Kebalikannya spesies M. ocellata bisa jadi yakni hasil domestikasi suku Maya. Ada orang yang berpendapat kalkun yang diternakkan buat diambil dagingnya berasal dari kalkun suku Maya.

Sebabnya yakni karena kalkun suku Maya lebih penurut dari kalkun liar asal Amerika Utara. Namun teori ini tidak didukung kenyataan morfologis.

Baca Juga:  Kandungan Gizi Asam Jawa

Kalkun hasil domestikasi memiliki pial( bagian bergelambir di dasar paruh) bagaikan kenyataan jika kalkun negeri berasal dari kalkun liar M. gallopavo.

Kalkun M. ocellata yang dipelihara orang Maya tidak memiliki pial. Kalkun liar yakni hewan buruan di Amerika Utara, namun tidak semacam kalkun negeri, kalkun liar gesit dan pandai terbang.


Langkah cara Ternak Ayam Kalkun


  • Pemilihan bibit ayam yang unggul

Benih yang baik hendak menghasilkan ayam yang bermutu nantinya. Ayam yang bermutu hendak memberikan nilai jual yang besar disaat panen tiba.

Benih ayam unggul dapat dilihat dari karakteristik raga yang tidak memiliki cacat dan kekurangan dalam Mengenai anggota tubuh yang lengkap.

Tidak cuma itu, memilah ayam yang dalam kondisi sehat sehingga baik dengan wujud tubuh gagah.

  • Tempat pertanian yang bagus

Aspek yang pula mempengaruhi pertumbuhan kalkun ialah kondisi kandang. Apabila kandang yang ditempati kalkun bersih, sampai pertumbuhannya hendak baik dan terpelihara kesehatannya.

Kandang yang dibangun direkomendasikan jauh dari pusat keramaian, sehingga kalkun dapat menghindari tekanan benak.

Tidak cuma kenyamanan masyarakat, membangun pertanian yang relatif dekat dengan kawasan perumahan. Usahakan memiliki tempat yang memiliki persediaan solar cukup.

Kehadiran sinar matahari pula membantu pertumbuhan ayam sehingga ayam jadi sehat.

Biar bisnis peternakan kalkun Kalian berjalan dengan gampang, cobalah menjauh dari efek semacam bencana alam yang masing- masing kali membayang- bayangi zona pertanian Kalian.

  • Siapkan kandang yang bagus

Karena kita sudah mengidentifikasi ukuran kalkun yang relatif lebih besar dari ukuran ayam pada umumnya, sampai kandang otomatis yang kita buat pasti berbeda dengan kandang yang digunakan buat ayam jenis biasa.

Kandang buat memelihara kalkun harus berukuran lebih besar. Pada usia di dasar 6 minggu, temperatur kandang yang ditempati oleh kalkun diajarkan buat lebih hangat.

Buat menciptakan temperatur yang hangat, kita bisa mengenakan dorongan lampu dengan tenaga dekat 25 watt.

Baca Juga:  Cara Menanam Salak Tepat Untuk Pemula

Pemberian tenaga disesuaikan dengan temperatur di zona. 25 watt tenaga digunakan apabila zona sekitarnya relatif dingin.

Tetapi apabila suhunya cukup panas, kekuatan lampu bisa dikurangi buat menjauhi ayam sangat panas.

Sehabis menyelesaikan usia 6 minggu, sampai ukuran anak ayam kalkun relatif besar dan siap dipindahkan ke ruang kandang yang lebih besar sehingga kalkun dapat bergerak bebas.

Sehabis itu kala sudah siap buat kawin, pindahkan lagi ke kandang istimewa yang kondusif buat tempat kawin kalkun.

  • Pakan yang bagus

Aspek selanjutnya ialah nutrisi pakan yang baik. Pasokan nutrisi harus diperhatikan biar kalkun dapat tumbuh dengan baik dan sehat.

Kalkun ini memanglah memiliki hobi dalam Mengenai santapan yang berbeda dari ayam jenis lain. Buat ayam yang lain, ialah hobi memakan segala biji- bijian. Sehabis itu kalkun lebih suka makan sayur.

Karena mengkonsumsi santapan bergizi dan banyak serat ini, daging kalkun memanglah terkenal unggul.

Tidak cuma diberi pakan nabati, jangan kurang ingat tingkatkan pakan dalam bentuk BR1 dan BR2 dan jangan kurang ingat memberikan minum.

Cara Ternak Ayam Kalkun Pemula

  • Vaksinasi reguler dan berkualitas

Bakteri dan virus rentan terhadap serbuan unggas peliharaan dan pula kalkun. Oleh karena itu perlu vaksinasi kala kecil sehingga tubuh kalkun sajikan antibodi buat menyerang virus maupun bakteri yang masuk.

Vaksinasi direkomendasikan masing- masing 2 bulan. Dengan kesehatan yang lebih baik, kualitas kalkun hendak lebih unggul.

Dengan memiliki kalkun yang bermutu baik, harga jualnya pula bagus, sangat utama buat Kalian yang memiliki tujuan buat menjualnya kembali.

Demikian ulasan mengenai Ternak Ayam Kalkun Pemula , yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.