Tanaman Kacang Koro Benguk : Kandungan Gizi, Manfaat dan Efek Sampingnya

4 min read

Tanaman Kacang Koro Benguk

Tanaman Kacang Koro Benguk : Kandungan Gizi, Manfaat dan Efek Sampingnya – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Tanaman Kacang Koro Benguk. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Tanaman Kacang Koro Benguk : Kandungan Gizi, Manfaat dan Efek Sampingnya


Koro Benguk( Kara Benguk) ialah tanaman tahunan merambat yang dapat jadi tidak sepopuler tanaman kacang- kacangan yang lain semacam kedelai, kacang tanah, maupun kacang hijau.

Tetapi, Mengenai tersebut tidak berarti tanaman koro benguk ini tidak memiliki manfaat. Malah tampaknya tanaman ini memiliki gizi dan manfaat yang tidak kalah dengan jenis kacang yang lain.

Koro Benguk( Mucuna pruriens( L). DC.) tercantum famili Fabaceae dan genus Mucuna. Koro Benguk yakni tanaman asli India dan Afrika, sehabis itu menyebar ke Asia, Amerika, dan wilayah Pasifik.

Tanaman ini memiliki nama berbeda tergantung daerahnya yakni Velvet bean maupun Cowitch( Inggris), Cowhage plant, Kapikacho maupun Kevach( India).

Warna biji terdiri dari putih, hitam, dan belang. Siklus hidup Koro Benguk berkisar antara 100‒300 hari.

Kemampuan membiasakan diri Koro Benguk cukup luas, toleran terhadap cekaman abiotik, semacam kekeringan, kemasaman maupun defisiensi aspek hara. Tanaman ini tidak dapat tumbuh baik di daerah dingin dan basah.

Koro benguk( mucuna pruriens) maupun dalam bahasa Inggrisnya diucap pula velvet bean ini dapat ditemui di berbagai belahan dunia, baik di daerah beriklim tropis maupun sub- tropis.

Koro benguk pula dikenal bagaikan Cowhage, cowitch, Bengal bean, buffalo bean, kaw ai, kratzbohnen, mucuna, nescafé, sea beans, true sea- bean, aatmaguptaa, konchh, poonaikkaali.

Koro benguk yakni tanaman yang merambat yang aslinya berasal dari Cina selatan dan India timur. Tanaman ini sehabis itu jadi sangat terkenal di daerah tropis, baik bagaikan bahan santapan maupun pakan ternak.

Koro benguk dikala ini dapat ditemui di Asia, Amerika, Afrika, dan Kepulauan Pasifik, dimana polongnya dimakan manusia bagaikan sayur- mayur dan daunnya yang masih muda buat pakan ternak.

Pada dasarnya seluruh bagian koro benguk, mulai dari pangkal, daun, polong dan bijinya dapat dimanfaatkan buat berbagai tujuan. Baik buat santapan maupun buat obat.


Morfologi Tanaman Koro Benguk

Tanaman koro benguk memiliki cabang- cabang kecil dengan daun berbentuk lancip dan bunga yang bercorak putih kebiruan maupun keunguan dengan bentuk mahkota bunganya semacam kupu- kupu.

Ciri khas dari koro benguk ialah bagian kulit polongnya berbulu, tebal dan agak kasar apabila diraba.

Baca Juga:  Cara Merawat Bunga Kertas

Panjang polongnya rata- rata 10 cm dan isinya dekat 4- 6 biji. Warna polongnya coklat gelap dengan lapisan bulu yang tebal dan kaku.

Warna biji koro benguk umumnya putih, hitam dan belang. Tanaman koro benguk dapat membiasakan diri dengan baik meski disaat kekeringan maupun dengan kondisi tanah yang rendah aspek hara.

Hendak tetapi tanaman ini tidak dapat tumbuh baik di daerah dingin dan basah.

Tanaman koro benguk tumbuh sangat baik di daerah yang hangat, umumnya di daerah dengan ketinggian di dasar 1500 meter di atas permukaan laut dengan curah hujan besar.


Kandungan Koro Benguk

Berikut ialah catatan isi gizi dalam masing- masing 100 gram koro benguk mentah, dengan berat dapat dimakan( BDD) 95%.

  • Air 15, 0 gram
  • Tenaga 332 Kal
  • Protein 24, 0 g
  • Lemak 3, 0 g
  • Karbohidrat 55, 0 g
  • Serat 5, 6 g
  • Abu 3. 0 g
  • Kalsium 30 mg
  • Fosfor 200 mg
  • Besi 2, 0 mg
  • Natrium 42 mg
  • Kalium 389, 2 mg
  • Tembaga 1, 2 mg
  • Seng 8, 7 mg
  • Beta- Karoten 0 mcg
  • Karoten Total 70 mg
  • Thiamin( vit B1) 0, 3 mg
  • Riboflavin( vit B2) 0, 12 mg
  • Niasin 1, 7 mg
  • Vit C 0 mg

Koro benguk kaya protein, karbohidrat, lemak, serat, mineral, asam amino dan abu. Tidak cuma itu, koro benguk pula mempunyai isoflavon semacam daidzin, geniestein, dan glycitein( senyawa anti oksidan yang biasa ditemui pada kedelai).

Isoflavon ialah senyawa kelas flavonoid yang berfungsi bagaikan anti oksidan, anti kanker, anti mikroba dan anti inflamasi.


Manfaat serta Khasiat Koro Benguk buat Kesehatan


  • Melindungi Keseimbangan Tubuh

Isi kalium dalam koro benguk cukup besar. Kalium( potassium) ialah salah satu mineral yang diperlukan tubuh biar segala sel berfungsi dengan balance.

Kalium membantu detak jantung biar tetap tertib, membetulkan guna yang cocok dari otot dan saraf, serta sangat berarti dalam proses pembuatan partikel protein dan metabolisme karbohidrat.

Kekurangan kalium dapat memunculkan tubuh rentan terkena tekanan darah besar, efek batu ginjal, pengeroposan tulang, terbuangnya kalsium melalui kencing, dan terjadinya pergantian mengkonsumsi natrium yang pengaruhi tekanan darah sehingga lebih besar dari batas normal).

  • Buat Pengobatan Penyakit Parkinson

Tanaman koro benguk yakni tanaman herbal terkenal di India. Ilmu pengobatan tradisional India Ayurweda telah lama mengenakan biji koro benguk bagaikan salah satu obat buat penyakit Parkinson.

Ayurweda( Ayurveda) ialah salah satu sistem pengobatan tradisional di India yang telah ada sejak masa kuno dan terus digunakan hingga dikala ini.

Pengobatan Ayurveda mengenakan gabungan material( utamanya dari tumbuhan), namun pula bisa mengenakan bagian hewan, logam dan mineral, diet, olahraga dan gaya hidup.

Penyakit Parkinson ialah hambatan pada otak yang sehabis itu memunculkan gemetar, kaku, dan kesulitan berjalan, keseimbangan dan koordinasi pada pengidapnya.

  • Buat Kesuburan Pria

Ekstrak daun dan biji koro benguk bermanfaat buat tingkatkan kesuburan laki- laki.

Untuk ilmu pengobatan Ayurweda, serbuk biji koro benguk mampu membantu mengurangi tekanan benak sehingga tingkatkan keluarnya semen pada reproduksi pria.

Baca Juga:  Tanaman Kacang Koro

Dalam Mengenai ini serbuk biji koro benguk berfungsi bagaikan zat perangsang yang mengembalikan kekuatan seksual pada laki- laki yang hadapi hambatan kesuburan diakibatkan tekanan psikis.

Dalam ilmu pengobatan Ayurweda, biji koro benguk pula digunakan bagaikan zat perangsang( afrodisiak) yang sangat kuat.

  • Buat Obat Cacingan, Kolera, dan Bisul

Polong koro benguk efisien bagaikan anthelmintik buat melenyapkan cacingan. Akarnya apabila dibuat teh dan ditambah madu efisien buat mengobati kolera.

Daun koro benguk yang ditumbuk jadi semacam pasta bisa dioleskan pada kulit yang lagi bisul[10].

  • Buat Obat Berbagai Penyakit

Rebusan tanaman koro benguk bisa dimanfaatkan bagaikan alternatif pengobatan pada demam dan disentri[10].

Biji koro benguk yang direbus apabila diseduh bagaikan teh bisa digunakan buat menormalkan siklus haid. Rebusan akarnya diminum buat meringankan penyakit ginjal.

  • Merendahkan Kandungan Glukosa

Pangkal dan biji koro benguk dapat efisien bagaikan minuman tonik. Akarnya memiliki akibat perangsang, pencahar, dan astringent( memunculkan kontraksi jaringan tubuh).

Biji koro benguk pula bermanfaat buat merendahkan isi glukosa, tekanan darah dan isi kolesterol.

Apabila isi glukosa dalam darah dalam kondisi puasa melebihi 125 mg/ dL maupun pada waktu 2 jam sehabis makan siang melebihi 180 mg/ dL, sampai hendak terkena hiperglikemia( isi gula darah besar).

Hiperglikemia yang tidak lekas diatasi hendak memunculkan kondisi berbahaya buat tubuh manusia, semacam kehancuran mata, ginjal, saraf, jantung dan sistem pembuluh darah perifer.

Seluruh komponen dari koro benguk menunjukkan keahlian bagaikan obat dan aktivitas senyawa- senyawa yang di milikinya telah diinvestigasi dalam berbagai konteks bagaikan anti diabetes, afrodisiak, anti kanker, anti epilepsi, dan anti mikroba.

Koro benguk pula telah ditilik bisa digunakan bagaikan anti racun, pelindung saraf, analgesik dan anti inflamasi.

Tanaman Kacang Koro Benguk


Efek Samping Koro Benguk

Dampak samping dari koro benguk ialah adanya anti nutrisi di dalamnya. Terdapat pula isi anti nutrisi pada koro benguk yakni polifenol( tanin), penghambat tripsin, glikosida sianogen, oligosakarida, phytates, saponin, lektin, dan alkaloid.

Isi anti nutrisi ini terbentuk dalam tubuh kala komsumsi koro benguk secara kelebihan dan apabila melalui pengolahan yang tidak cocok.

Polifenol( tanin) mengikat protein, sehingga merendahkan tingkatan cerna koro benguk. Senyawa ini menghalangi aktivitas enzim pencernaan semacam amilase, trypsin, chymotrypsin, dan lipase.

Glikosida sianogen yakni racun tanaman yang apabila terhidrolisis bisa melepaskan senyawa hidrogen sianida( HCN). Senyawa ini diketahui dapat menimbulkan keracunan kronis dan kronis.

Demikian ulasan mengenai Tanaman Kacang Koro Benguk , yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.