Tanaman Jahe Dalam Karung : Teknik Budidaya untuk Pemula (Sukses)

3 min read

Tanaman Jahe Dalam Karung : Teknik Budidaya untuk Pemula (Sukses)

Tanaman Jahe Dalam Karung : Teknik Budidaya untuk Pemula (Sukses) – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Tanaman Jahe Dalam Karung .

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Tanaman Jahe Dalam Karung : Teknik Budidaya untuk Pemula (Sukses)


Terdapat banyak sekali jenis rempah asli Indonesia mulai dari rempah berupa buah, tumbuhan, daun sampai pangkal.

Tipe rempah Mayoritas berbentuk umbi semacam temulawak, lengkuas, kencur, kunir, serta jahe. Dari seluruh jenis rempah tersebut jahe ialah salah satu tipe rempah yang sangat banyak dimanfaatkan.

Tidak cuma digunakan bagaikan bahan dasar minuman saja, jahe dapat digunakan bagaikan bahan buat memasak. Spesialnya untuk kamu pecinta seafood, aroma khas dari jahe dan isi yang terdapat bisa melenyapkan bau amis.

Tidak hanya sebab rasa yang sedikit pedas serta aroma khas pada jahe,tapi jahe juga mempunyai banyak sekali isi nutrisi yang sangat baik. Tidak cuma buat kesehatan saja namun pula buat kecantikan.

Sebab ini pula jahe senantiasa laris di pasaran, kamu dapat menemui jahe dalam bermacam wujud mulai dari berupa umbi semacam pada biasanya, kalengan, serbuk, sampai cair.

Kandungan Jahe diantaranya ,Fluoride,Asam amino, Antioksidan, Polifenol, Quercetin, Kaempfrol, Myricetin, Kafein, Kalsium,Fosfor,Zingirona,Zingiberol,Bisabolena,Filandrena,Air ,Vit A, C serta E


Metode Menanam Jahe dengan Media Karung

Untuk kamu yang mau menanam jahe, terdapat metode yang lebih instan serta murah ialah dengan melaksanakan metode menanam jahe dengan media karung.Langkahnya adalah seperti di bawah ini:

  • Pemilihan Bibit Jahe

Langkah awal yang wajib kamu jalani dalam metode menanam jahe dengan media karung ialah mempersiapkan benih jahe. Buat benih pastinya kamu dapat memakai jahe yang telah tua serta bermutu baik,

Terdapat bermacam tipe jahe mulai dari jahe biasa yang digunakan buat masak, jahe merah, serta jahe gajah.

Sehabis kamu memilah tipe jahe yang sesuai, saatnya kamu memilah benih jahe. Benih dapat kamu ambil dari jehe itu sendiri.

Baca Juga:  Bonsai Bringin : Cara Membuat, Proses, Menjaga, Pemupukan, Dan Pengendalian Hama

Yakinkan jahe tidak mempunyai cacat, berusia tua dengan karakteristik lebih kering dari jahe yang lain serta mempunyai sidilit ujung ataupun mata tunas.Sehabis itu simpan benih jahe di tempat yang sejuk.

  • Penyemaian Bibit Jahe

Langkah selanjutnya dalam metode menanam jahe dengan media karung ialah menyemai benih supaya jadi bibit yang layak tanam. Triknya sangat gampang , berikut uraian secara singkatnya:

Siapkan media semai terlebih dulu, kamu cuma memerlukan tanah, pupuk serta wadah semai. Buat wadah semai kamu dapat memakai tray, kaleng sisa, ember sisa, maupun polybag.

Langkah berikutnya ialah mengkombinasikan tanah humus serta pupuk dengan perbandingan 2: 1. Campur secara menyeluruh memakai perlengkapan maupun tangan

Sehabis itu masukkan ke dalam wadah yang kamu seleksi, tinggalkan ruang di bagian atas wadah dengan ketinggian dekat 5 sampai 7 centimeter. Perihal ini bertujuan supaya kala kamu memindahkan wadah, tanah tidak tumpah.

Buatlah lubang tanam dengan kedalaman 2 centimeter serta tiap lubang tanam mempunyai jarak dekat 5 sampai 10 centimeter.

Masukkan benih jahe opsi kamu ke dalam tiap lubang tanam, buat tiap lubang tanam kamu cuma dapat memasukkan satu buah benih saja.

Sehabis itu tutup lubang dengan tanah kombinasi serta sedikit padatkan, buatlah gundukan buat menghindari pengikisan tanah sangat banyak dikala melaksanakan penyiraman.

Jalani penyiraman tiap sore dengan tujuan melindungi kelembaban dari tanah di media tanam, jangan menyiram kelewatan sebab bisa memunculkan busuk pangkal sehingga proses pembibitan kandas.

Jalani perawatan dengan baik sampai benih jadi bibit dengan ketinggian dekat 5 sampai 10 centimeter.

Tanaman Jahe Dalam Karung : Teknik Budidaya untuk Pemula (Sukses)

  • Persiapan Media Tanam

Sehabis bibit berkembang dengan baik dalam metode menanam jahe dengan karung, langkah berikutnya ialah membuat media tanam yang layak.

Buat membuat media tanam, kamu membutuhkan perlengkapan serta bahan yang cocok. Serta berikut penjelasannya:

Awal siapkan karung, buat karung kamu dapat memilah tipe karung beras. Sesungguhnya kamu pula dapat memakai tipe karung goni maupun karung tepung.

Tetapi hendak lebih baik bila kamu memililih karung beras sebab karung goni ataupun karung tepung mempunyai serat kain yang berdaya serap besar.

Baca Juga:  Manfaat Gambas

Sehabis kamu memilah karung, tekuk separuh bagian karung sangat atas ke bagian dalam sehingga karung tidak sangat panjang serta ini pula memudahkan kamu dalam mengisi nantinya.

Selanjutnya kamu dapat mengisi karung tersebut dengan tanah kombinasi.Gabungkan tanah, sekam, serta pupuk dengan perbandingan 2: 1: 1.

Tinggalkan ruang kosong di bagian atas dekat 10 centimeter supaya tanah tidak gampang tumpah dikala media dipindahkan.

Buatlah lubang tanam dengan kedalaman dekat 5 centimeter, buat jumlah lubang tanam dapat kamu sesuaikan dengan lebar serta besarnya karung beras yang kamu pakai.

Terus menjadi besar serta lebar karung beras, and dapat menanam lebih dari 1 bibit. Buat dimensi karung beras kecil, kamu cuma dapat menanam dekat 1 sampai 2 bibit jahe.

Beri jarak dekat 3 sampai 5 centimeter buat tiap lubang tanam, serta masukkan bibit jahe ke dalam lubang tanam. Tutup lubang dengan tanah kombinasi serta sedikit padatkan supaya bibit bisa berdiri dengan kuat.

Buat pula sedikit gundukan buat menanggulangi pengikisan akibat penyiraman nantinya.

Siram dengan air buat melembabkan tanah, jangan sangat kelewatan kala kamu menyiram tumbuhan jahe supaya tidak merangsang penyakit busuk pangkal.


Perawatan serta Panen

Sehabis berakhir menanam jahe pada media tanam, kamu pula wajib melaksanakan perawatan sampai panen , berikut penjelasannya:

Penyiraman bisa kamu jalani satu hari sebanyak 1 hhingga 2 kali, sesuaikan dengan keadaan kelembaban tanah pada media tanam.

Kamu dapat melaksanakan pemupukan lanjutan serta penyiangan tiap 2 minggu sekali.Jahe dapat kamu panen pada waktu 8 sampai 9 bulan sehabis masa tanam dengan karakteristik daun yang mulai mengering.

Saat memanen, kamu harus memakai perlengkapan atau secara aperlahan supaya jahe senantiasa terpelihara serta tidak mengalami kerusakan.

Demikian ulasan mengenai Tanaman Jahe Dalam Karung : Teknik Budidaya untuk Pemula (Sukses) ,yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.

Cara Membuat Bibit Brokoli

admin
1 min read

Menanam Kiwi Di Dataran Rendah

admin
2 min read

Daun Semangka Kuning

admin
2 min read