Tanam Cabai Keriting : Proses Pembibitan, Penanaman dan Panen Sukses(Panduan Lengkap)

5 min read

Tanam Cabai Keriting : Proses Pembibitan, Penanaman dan Panen Sukses(Panduan Lengkap)

Tanam Cabai Keriting : Proses Pembibitan, Penanaman dan Panen Sukses(Panduan Lengkap) – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Tanam Cabai Keriting .

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Tanam Cabai Keriting : Proses Pembibitan, Penanaman dan Panen Sukses(Panduan Lengkap)


Cabai keriting ialah buah dari tumbuhan sejenis perdu yang mempunyai wujud keriting, kurus, serta panjang dengan ujung yang meruncing.

Tumbuhan ini merupakan buah cabe yang bercorak hijau dikala masih muda, setelah itu berganti jadi kecoklatan, serta dikala tua berganti jadi corak merah.

Tidak hanya gunanya sebagai bumbu masakan buat menciptakan rasa pedas, cabe keriting pula memiiki khasiat untuk kesehatan badan.

Cabe keriting diketahui mempunyai isi vit A yang baik buat mata dan vit C yang bisa menolong tingkatkan serta melindungi energi tahan tubuh.

Di samping itu, cabe keriting pula mempunyai isi kalsium serta fosfor yang lumayan besar sehingga sanggup melindungi kesehatan serta kekuatan tulang.

Khasiat yang lain dari komsumsi cabai keriting merupakan bisa kurangi rasa perih ataupun sakit kepala, melenyapkan rasa dingin, mengencerkan lendir, memicu nafsu makan dan tingkatkan guna sistem saraf.

Cabe merah keriting ialah salah satu komoditas yang sangat menjanjikan. Terkadang pada waktu tertentu harga cabe merah keriting dapat melambung sangat besar.

Budidaya cabe merah keriting memanglah tidak gampang. Kamu wajib berhadapan dengan harga yang kadangkala naik turun, cuaca yang tidak menentu serta terkadang sangat gampang terkena hama.

Terkadang biaya produksinya pula sangat besar.Oleh sebab itu, Kamu wajib menanam serta menjaga cabe keriting dengan baik serta benar. Tumbuhan cabe berasal dari Daratan Amerika yang beriklim subtropis serta tropis.

Setelah itu menyebar ke bermacam penjuru dunia termasuk Indonesia. Tumbuhan cabe ini bisa berkembang didataran rendah ataupun dataran tinggi.


Ketentuan Tumbuh Cabe Merah Keriting

Tumbuhan cabe merah keriting bisa berkembang di dataran rendah ataupun pegunungan yang tingginya menggapai 2000 m di atas permukaan laut.

Udara yang sangat sesuai buat budidaya cabe merah merupakan hawa tropis yang bersuhu lembab. Temperatur yang baik dekat 16 hingga 23 derajat celcius.

Setelah itu permasalahan tanah. Sesungguhnya nyaris seluruh tipe tanah dapat digunakan buat bertanam cabe merah keriting.

Kamu dapat memilah tanah yang kaya organik, gembur, produktif, tidak gampang menggenang serta tidak gampang terkena penyakit. pH- nya dekat 5. 5 hingga 6. 8.


Langkah-Langkah Cara Menanam Cabai Keriting


  • Pemilihan Bibit Cabai Keriting

Awal Kamu wajib dapat memilah bibit cabe merah keriting yang bermutu. Cabe merah keriting memiliki varietas yang sangat banyak sekali. Baik itu dari tipe hibrida hingga lokal.

Tiap tipe varietas memiliki karakteristik tertentu. Pada dikala memilah bibit cabe Kamu wajib memilah varietas yang sangat sesuai buat wilayah Kamu.

Buat tipe cabe merah hibdrida lebih baik membeli di industri benih cabe yang telah memakai teknologi modern.

Sebaliknya buat varietas lokal, Kamu dapat membelinya di sesama petani yang telah memilah ataupun menyeleksi bibitnya sendiri dari hasil panen tadinya.

  • Pembibitan Serta Penyemaian

Tahapan berikutnya merupakan sesi pembibitan serta penyemaian. Tata cara penyemaian bibit cabe merah keriting dapat memakai polybag terlebih dulu.

Baca Juga:  Cara Menanam Tomat : Pembibitan, Alat, Perawatan Dan Proses Panen

Bila Kamu melaksanakan penyemaian dengan metode ditabur takutnya terdapat banyak benih yang berhimpit sehingga tidak bisa digunakan serta ditanam lagi.

Membuat membuat media penyemaian sangatlah gampang. Gabungkan tanah, arang sekam serta kompos dengan perbandingan 2: 1: 1.

Bila Kamu tidak memakai sekam Kamu dapat memakai tanah serta kompos dengan perbandingan 1: 1. Saat sebelum seluruh media tersebut dicampur, Kamu wajib mengayaknya terlebih dulu biar halus.

Pada tempat penyemaian, Kamu dapat membuatkan naungan biar tidak terserang matahari langsung serta air hujan.

Jika butuh Kamu tutup tempat penyemaian dengan jaring pelindung dari serangga serta hama, sehingga perkembangan bibit lebih efisien.

Saat sebelum disemai, rendam biji cabe merah keriting terlebih dulu dengan memakai air hangat. Rendamnya minimun sepanjang 3 jam.

Masukan biji cabe tersebut ke dalam polybag dengan kedalaman 0, 5 centimeter. Tutup lubang dengan memakai kompos. Kemudian beri sedikit air biar kelembabannya terpelihara.

Senantiasa siram objek pembibitan tersebut secara teratur tiap harinya. Waktu siram terbaik merupakan tiap pagi serta sore hari.

Metode penyiraman yang benar merupakan dengan menyiram seperlunya kemudian polybag ditutup dengan koran buat melindungi kelembapannya.

Buka kertas tersebut bila biji telah berkembang sepanjang 3 hari sehabis berkembang. Berikutnya Kamu dapat menyiram secara teratur dengan metode penyiraman pada biasanya.

Sehabis berusia 21 hingga 24 hari, bibit cabe merah telah siap buat dipindahkan. Dapat pula dengan melihat perkembangan daun yang berjumlah 3 hingga 4 helai.

Kamu wajib melebihkan bibit cabenya. Misalnya Kamu hendak menanam di lahan 1 hektar sebanyak 15. 000 bibit cabe. Berarti Kamu wajib meningkatkan 10%, buat penyulaman tumbuhan.

  • Proses Pengolahan Tanah

Lahan yang bagus buat budidaya cabe merah keriting merupakan tanah yang porositasnya baik serta gembur. Cangkul tanah terlebih dulu dengan kedalaman 20 hingga 40 centimeter.

Jika terdapat batu, kerikil ataupun sisa tumbuhan wajib dibersihkan terlebih dulu. Bila tanah sangat banyak gulma pengganggu hendak pengaruhi perkembangan tumbuhan.

Kamu dapat mensterilkan gulma dengan memakai herbisida. Setelah itu buatlah bedengan dengan besar 30 hingga 40 centimeter serta lebar 1 m. Jarak tiap bendengan dekat 60 centimeter.

Panjang bendengan sesuaikan kondisi lahan. Optimal panjang bendengan merupakan 15 m. Jangan lupa buat membuat saluran drainase yang benar. Tumbuhan cabe mati bila terserang genangan air yang sangat besar.

pH tanah yang bagus buat budidaya cabe merah merupakan dekat 6 hingga 7. Bila sangat asam( rendah) perkembangan daun cabe hendak kilat terkena virus serta pucat.

Tidak hanya itu, tanah yang sangat asam gampang ditumbuhi oleh ilalang. Buat menetralisir tanah asam dapat memakai dolomite dengan dosis 2 hingga 4 ton per hektarnya.

Pemberian kapur ini pada dikala proses pembajakan ataupun pembuatan bedengan. Di tiap bedengan Kamu dapat meletakan pupuk kandang ataupun pupuk kompos.

Dalam 1 hektar kurang lebih memerlukan 20 ton pupuk organic. Tidak hanya itu Kamu wajib meningkatkan KCL 200 kilogram per hektarnya serta pupuk urea 350 kilogram per hektarnya.

Agar lebih efisien, tutup bendengan dengan memakai mulsa plastik perak gelap.Dengan memakai mulsa akan menekan erosi, melindungi kelembaban, melindungi kebersihan serta mengatur perkembangan gulma.

Dalam tiap bendengan buat lubang dengan jarak 60 hingga 70 centimeter. Buat lebih bagus buat lubang secara zig zag. Perihal ini bisa menolong mengendalikan penetrasi cahaya matahari serta perputaran udara.

Buat kedalaman serta diameter lubang dekat 10 centimeter.

  • Penanaman Bibit Cabe Merah Keriting

Bibit cabe merah keriting bisa dipindahkan dari persemaian bila telah berusia 3 minggu serta bibit mempunyai 3 hingga 4 helai daun.

Proses penanaman harus dilakukan pada pagi ataupun sore hari. Perihal ini dicoba biar tumbuhan cabe tidak stress. Jika dapat penanaman secara bersama dalam satu hari. Metode penananamannya sangat gampang.

Baca Juga:  Cara Membuat Bonsai Tanaman Untuk Pemula (Panduan Lengkap)

Sobek polybag terlebih dulu. Setelah itu masukan bibit cabe merah serta media tanamnya ke dalam lubang tanam yang telah Kamu siapkan. Upayakan media semai jangan hingga rusak ataupun rusak. Setelah itu siram air.


Proses Pemeliharaan

Jalani perawatan serta pemeliharaan secara teratur. Pada dikala masa kering, Kamu wajib melaksanakan penyiraman dengan lebih intens.

Bila tumbuhan belum begitu kokoh Kamu wajib melaksanakan penyiraman secara hati- hati biar tidak mengganggu tumbuhan cabe merah keriting Kamu.

Bila memakai metode penggenangan jalani tiap 2 minggu sekali saja. Pada 2 minggu awal, jalani pengecekan pada tumbuhan Kamu, setelah itu jalani penyulaman tumbuhan.

Bila terdapat perkembangan cabe merah yang tidak wajar ataupun mati lekas dicabut serta gantikan dengan bibit cabe yang baru.

Buat menopang tumbuhan cabe biar senantiasa berdiri tegak, Kamu dapat memasang tongkat bambu ataupun ajir. Jarak menancapkan ajir dekat 4 centimeter dari bagian pangkal batang.

Waktu yang pas buat memasang ajir merupakan pada hari ke 7 sehabis bibit dipindahkan. Bila usia tumbuhan telah sangat besar, akan mengganggu bagian perakaranya, bila pangkal rusak cabe gampang terkena hama penyakit.

Sehabis tumbuhan badan besar baru dapat diikat pada bagian ajir. Usianya dekat 1 bulanan. Buat proses pemotongan tunas  pada usia 3 mingguan buat cabe yang ditanam pada dataran rendah 1 bulan pada dataran tinggi.

Buanglah tunas yang terletak dibagian ketiak daun. Pemotongan wajib dilakukan hingga cabang utama tercipta. Perihal ini dapat diisyarati dengan tumbuhnya bunga pertama.

Buat pemupukan dicoba tiap 2 minggu sekali. Kurang lebih 8 kali hingga proses panen. Kamu dapat melaksanakan pemupukan dengan memakai pupuk cair.

Siramkan sebanyak 100 ml pada tiap tumbuhan. Kamu pula dapat meningkatkan pupuk NPK buat perkembangan lebih efisien.

Jangan kurang ingat buat senantiasa mensterilkan gulma secara teratur. Pengendalian hama penyakit pula wajib, sebab cabe merah sangat gampang terserang hama penyakit.

Tanam Cabai Keriting : Proses Pembibitan, Penanaman dan Panen Sukses(Panduan Lengkap)

Proses Pemanenan Cabe Merah Keriting

Pemanenan cabe merah keriting dicoba sehabis berusia 75 hingga 85 hari. Kamu dapat melaksanakan pemanenan sebagian kali cocok dengan metode budidaya, tipe varietas cabe serta keadaan lahannya.

Proses pemanenan bisa dicoba tiap 2 hingga 5 hari sekali. Kamu dapat membiasakan dengan kondisi pasar serta kematangan cabe merah keritingnya.

Biar buah cabe bisa bertahan lama, Kamu wajib memanen dengan tangkainya. Jalani pemetikan buah cabe tiap pagi hari dekat jam 5 hingga 7 pagi. Dalam satu hektar umumnya dapat menciptakan 10 hingga 14 ton.


Panduan Menghindari Serangga, Gulma, serta Hama Penyakit

  • Sanitasi lahan dengan menyemprotkan insektisida secara berkala. Bisa memakai insektisida berbahan imidakloprid serta provenovos dengan konsentrasi 0. 5 gram/ l.
  • Perihal ini dicoba sebagai upaya penangkalan hama kutu- kutuan( Aphis, Thrips, Tungau) serta spodoptera litura/ ulat grayak.
  • Tutuplah bedengan mengunakan mulsa( umumnya mulsa perak) dalam rangka menghindari tumbuhnya gulma pengganggu tumbuhan cabe. Bila gulma timbul, bersihkanlah gulma.
  • Tumbuhan cabe yang tua dianjurkan tidak bersebelahan dengan tumbuhan cabe yang lain.
  • Tidak menanam di lahan yang sempat ditanami cabe tadinya.
  • Melindungi tumbuhan supaya tidak sangat kering untuk penangkalan hama tungau.

Demikian ulasan mengenai Tanam Cabai Keriting : Proses Pembibitan, Penanaman dan Panen Sukses(Panduan Lengkap) , yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih