Sawo Kecik : Morfologi, Klasifikasi, Manfaat Dan Kandungan Gizinya

3 min read

Sawo Kecik : Morfologi, Klasifikasi, Manfaat Dan Kandungan Gizinya

Sawo Kecik : Morfologi, Klasifikasi, Manfaat Dan Kandungan Gizinya – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Sawo Kecik. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Sawo Kecik : Morfologi, Klasifikasi, Manfaat Dan Kandungan Gizinya


Sawo kecik( Manilkara kauki) ialah sejenis tanaman penghasil buah pangan anggota suku sawo- sawoan maupun Sapotaceae.

Tumbuhan berbentuk tanaman ini biasanya berfungsi bagaikan tanaman hias pekarangan dan pelindung. Tanaman ini menggemari dataran rendah hingga lagi.

Sawo kecik( Manilkara kauki Dub.) yakni salah satu jenis tanaman potensial yang bernilai ekonomi besar. Kayunya dapat digunakan buat bahan konstruksi, furnitur dan kerajinan patung.

Tidak cuma itu, jenis ini pula mempunyai arsitektur yang baik sehingga banyak ditanamsebagai tanaman peneduh di kawasan perkotaan.

Di indonesia, sawo kecik tumbuh secara alami dibeberapa kawasan semacam di Jawa( pesisir Selatan Banyuwangi, pesisir Jakarta, dan pulau Karimun Jawa), Bali, Sulawesi, Kagean, Pulau Weh, dan terdapat pula di Nusa Tenggara.

Sawo ini diucap pula bagaikan Sawo Jawa. Kebalikannya dalam bahasa Inggris, tanaman yang mulai sangat tidak sering ini diucap Caqui dan Manilkara.

Di sebagian negara lain diucap Khirni( India), dan Lámút Sida maupun Lámút Thai( Thailand). Kebalikannya dalam bahasa ilmiah( latin) Sawo Kecik diucap bagaikan Manilkara kauki yang bersinonim dengan Mimusops kauki, serta Manilkara kaukii.

Sawo ini diperkirakan berasal dari India dan tersebar serta dibudidayakan di kawasan Asia Tropis dan Amerika Tropis.

Di Indonesia, meski sudah mulai sangat tidak sering karena mulai tidak kerap yang membudidayakan namun masih dapat ditemui di seluruh Indonesia kecuali Kalimantan.

Di Yogyakarta, biasa diucap sawo jawa dijadikan tanaman tanda- ciri jika orang yang menanamnya ialah abdi dalem kraton.

Terlebih di daerah Bali dan Nusa Tenggara tanaman sangat tidak sering ini ditemui tumbuh liar di pesisir tepi laut yang beriklim kering hingga daerah berketinggian dekat 500 meter di atas permukaan laut.

Baca Juga:  Ashitaba, (Cara Menanam Dan Merawatnya)

Morfologi Sawo Kecik

Habitus tanaman berukuran lagi dengan besar mencapai 25 m dengan diameter dapatmencapai 100 cm.

Daun- daunnya mengelompok pada bagian ujung batang. Di permukaan dasar daun bercorak keputihan dan halus dengan tangkai daun tidak menebal, panjang tangkai daun 7 mm.

Kuncup bunga berbentuk bulat telur. Buah berbentuk bulat telur maupun bulat telur sungsang berukuran kecil dengan panjang berkisar 3. 7 cm dan mempunyai kulit pembungkus yang sangat tipis dan mudah dikelupas.

Pangkal tunggang yang berbentuk kerucut panjang, tumbuh lurus kebawah, bercabang banyakdan cabang- cabangnya bercabang lagi.

sehingga dapat bagikan kekuatan yang lebih besar kepada batang dan menghasilkan daerah perakaran yang amat luas, sehingga dapat menyerap air dan zat- zat santapan yang lebih banyak.

Batangberkayu, berbentuk bulat, permukaannya terdapat alur- alur yang jelas memperlihatkan berkas- berkas daun penumpu dan lepasnya kerak( bagian kulit yang mati).

Percabangan tergolong percabangan simpodial( batang pokok yang sukar ditentukan) dengan cabang bersirung pendek yakni cabang- cabang kecil dengan ruas- ruas yang pendek yang tidak cuma daun biasanya yakni pendukung bunga dan buah.

Daun tercantum daun tidak lengkap yang hanya memiliki tangkai dan helaian saja, tersusun menyirip gasal.

Tangkai daun memiliki bentuk dan ukuran yang pipih dan tepinya melebar dan pula pada pangkal dan ujung tangkai daunnya menebal.

Helaian daun berbentuk bulat telur, ujung dauntumpul, pangkal daun meruncing, tulang daun menyirip.

Bunga tercantum bunga majemuk bentuk tandan mencuat di ketiak daun, berkelamin 2. Daun kelopak bulat, memiliki 6 benang sari, putik menjulang ke luar, mahkota berbentuk tabung.

Buah berbentuk bulat telur maupun bulat telur terbalik, mempunyai kulit pembungkus yang sangat tipis dan mudah dikelupas, apabila masak mempunyai rasa yang manis dan kadang- kadangkala terasa agak sepat.

Buah sawo kecik yakni tipe buah buni, tunggal, dan berdaging


Klasifikasi Sawo Kecik

Klasifikasi tanaman sawo kecik, untuk Sugati dan Johny( 1991) ialah bagaikan berikut:

  • Kingdom: Plantae
  • Subkingdom: Tracheobionta
  • Luar biasa Divisi: Spermatophyta
  • Divisi: Magnoliophyta
  • Kelas: Magnoliopsida
  • Sub Kelas: Dilleniidae
  • Ordo: Ebenales
  • Famili: Sapotaceae
  • Genus: Manilkara
  • Spesies: Manilkara kauki; Mimusops kauki, Manilkara kaukii

Kandungan Gizi Sawo Kecik

Tidak hanya buahnya saja yang dapat dimanfaatkan, Batangnya banyak dipergunakan buat bahan bangunan, perabot rumah tangga, dan seni semacam patung, ukiran, terlebih peralatan musik semacam rebana dan badan biola.

Baca Juga:  Manfaat Daun Sirih

Tanaman ini mampu tumbuh di daerah bertanah kurang produktif terlebih mampu berfungsi bagaikan tanaman perintis dan tanaman pemulih areal- areal yang kurang produktif dan kritis.

Karena itu banyak yang menjadikan tanaman Sawo Kecik bagaikan batang dasar buat okulasi maupun penyambungan dengan tanaman Sawo Manila( Manilkara zapota).

Menilkara kauki dub sapotaceae sebutan dari sawo kecik. Sawo kecik ialah sejenis tanaman penghasil buah pangan anggota suku sawo- sawoan maupun Sapotaceae.

Tumbuhan berbentuk tanaman ini biasanya berfungsi bagaikan tanaman hias pekarangan dan pelindung. Tanaman ini menggemari dataran rendah hingga lagi.

Tidak cuma manis, sawo ini kaya hendak isi gizinya. Dilangsir di organisasi. org sawo kecik Buah Sawo Kecik mempunyai tenaga sebesar 111 kilokalori, protein 0, 9 gram, karbohidrat 21, 6 gram, lemak 2, 3 gram, kalsium 20 miligram, fosfor 185 miligram, dan zat besi 0, 7 miligram.

Tidak cuma itu di dalam Buah Sawo Kecik pula tercantum vit A sebanyak 0 IU, vit B1 0 miligram dan vit C 19 miligram.

Hasil tersebut didapat dari melakukan studi terhadap 100 gram Buah Sawo Kecik, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 83%.

Meski bentuknya kecil, sawo kecik kaya hendak isi gizi semacam vit A, vit C, protein dan karbohidrat.

Sawo Kecik : Morfologi, Klasifikasi, Manfaat Dan Kandungan Gizinya


Manfaat Buah Sawo Kecik

Tidak cuma buat dimakan, buah sawo jenis ini pula dikenal bagaikan obat herbal tradisional yang mampu memberikan berbagai bermacam manfaat buat kesehatan semacam:

  • Merendahkan kolestrol.
  • Merendahkan tekanan darah.
  • Melancarkan BAB.
  • Mengatasi diare.
  • Melindungi kesehatan mata.
  • Melenyapkan bau tidak nikmat.
  • Menghaluskan kulit.
  • Menjauhi jerawat.
  • Menjauhi terjadinya penuaan dini.
  • Meredakan sakit akibat gigitan hewan beracun.

Demikian ulasan mengenai Sawo Kecik , yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.