Cara Menanam Bambu Air : Prosedur, Pengolahan Dan Perawatan

Posted on

Cara Menanam Bambu Air : Prosedur, Pengolahan Dan Perawatan – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Menanam Bambu Air.

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Menanam Bambu Air : Prosedur, Pengolahan Dan Perawatan


Bambu air atau ekor kuda adalah jenis tanaman bambu yang dapat hidup di dataran yang tergenang air. Kami memiliki dua jenis produk bambu air.

Yaitu bambu air hijau yang biasa disebut scouring rush, dan yang lainnya adalah bambu air bergaris hijau putih atau zebra rush (beberapa orang menyebutnya bambu air kuning).

Bambu air juga merupakan salah satu tanaman hias bambu paling populer yang dibudidayakan saat ini. Bentuknya lebih kecil dari bambu jenis lain.

Tingginya hanya mencapai 3 meter. Batangnya berwarna hijau segar dengan diameter sangat kecil. Daun keluar di antara sendi menyerupai cincin coklat di rongga batang.

Bambu air juga dikenal sebagai ekor kuda karena teksturnya yang lancip seperti ekor kuda dan warnanya yang hijau seperti tanaman kuku.

Air bambu sangat populer karena sangat indah jika digunakan sebagai tanaman hias dalam ruangan atau disimpan di dalam ruangan. Jadi orang akan merasa betah untuk waktu yang lama.


Prosedur penanaman

Ada 2 cara yang bisa Anda pilih untuk menanam bambu air, yaitu dengan media tanah dan media air murni.

  • Tanam air bambu dengan media tanah

Pilih batang bambu yang sehat. Batang bambu yang sehat ditandai dengan hijau segar dan juga beraroma segar.
Sediakan media tanam seperti tanah dan pot.

Baca Juga:  Cara Menanam Buah Naga yang Benar : Ketentuan Tumbuh, Metode Tanam dan Masa Panen

Karena bambu air suka tumbuh di daerah yang mengandung banyak air, itu tidak berarti Anda hanya mengambil tanah biasa dan menambahkannya dengan air.

Dalam proses penanaman bambu, lebih baik menggunakan tanah lumpur, lebih tepatnya, padi sawah. Gunakan pot berlubang yang tidak terlalu kecil atau terlalu besar. Tempelkan batang bambu di tengah tanah yang sudah diisi pot.

  • Menanam dengan Media Air

Selain menggunakan media tanah, menanam tanaman air juga bisa dilakukan dengan media air murni, langkah – langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Jika Anda menggunakan cara ini maka hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan pot yang tidak memiliki lubang dengan diameter yang pasti lebih besar dari ukuran bunga bambu air.
  • Agar bunga bambu air berdiri di wadah pot, letakkan beberapa kerikil dan karang di dalamnya, pasang di tengah dan biarkan dua komponen mendukung batang bunga bambu air.
  • Tambahkan air dengan ketebalan hingga 2 cm di atas kerikil atau karang.

Cara Menanam Bambu Air : Prosedur, Pengolahan Dan Perawatan


Prosedur Perawatan Air Tanaman Bunga Bambu

Selain belajar cara menanam bunga bambu air, Anda juga harus memahami perawatan tanaman ini, yaitu:

Pengolahan Air Bambu Menggunakan Media Tanah

Hal utama yang harus Anda waspadai saat menggunakan media tanah adalah menjaga agar media tumbuh tidak terlalu kering, karena habitat asli bambu air adalah tanah berair yang identik dengan lumpur di perairan.

Agar lumpur atau tanah media tanam tetap terjaga kelembabannya maka Anda bisa melakukan penyiraman sesering mungkin.

Jika Anda melihat beberapa batang bambu mulai mengering, maka Anda disarankan untuk memangkasnya.

Keberadaan warna coklat yang tampak menyebar di dekat air batang bunga bambu adalah salah satu tanda bahwa batang sudah mengering dan mati.

Baca Juga:  Cara Menanam Kencur Untuk Pemula (Sukses)

Pangkas batang tanaman bambu kering karena ini akan menghambat pertumbuhan tunas baru yang akan muncul segera setelah Anda menghapus atau memangkas batang kering dan mati dan tentu saja akan mengurangi keindahannya.

Pisahkan atau pisahkan tanaman bambu baru yang akhirnya tumbuh untuk memenuhi pot tanaman.

Anda harus segera membuang tunas baru atau tanaman babu air hidup di tempat lain sehingga semua pertumbuhan dalam wadah tidak menjadi terhambat dan terganggu.

Gunakan pupuk untuk menambah kesuburan tanaman, tidak perlu berlebihan. Berikan pupuk secara bertahap dan berkala sehingga kebutuhan nutrisi tanaman bambu cukup air.

Perawatan Bunga Air Bambu dalam Media Air

Ganti air secara teratur seminggu sekali. Hal ini dilakukan agar tanaman air bambu tidak menjadi busuk karena air tercemar. Bersihkan kotoran yang dapat masuk ke wadah saat Anda mengubah air.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Bambu Air : Prosedur, Pengolahan Dan Perawatan, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.