Cara Menanam Labu Siam Untuk Pemula (Sukses Berkebun)

2 min read

Cara Menanam Labu Siam Untuk Pemula (Sukses Berkebun)

Cara Menanam Labu Siam Untuk Pemula (Sukses Berkebun) – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang cara menanam labu siam untuk pemula, yang mana pada kesempatan kali ini akan dijelaskan secara singkat dan terperinci melalui artikel berikut ini :

Cara Menanam Labu Siam Untuk Pemula (Sukses Berkebun)

Labu siam atau dengan bahasa latinya Sechium edule adalah salah satu jenis sayuran labu – labuan. Yang mudah untuk hidup karna memiliki daya tahan hidup yang cukup baik. Sayuran jenis labu siam juga banyak di gemari oleh para ibu rumah tangga.

Buah labu siam juga banyak memiliki manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh pada manusia, diantaranya adalah vitamin C, vitamin B6, asam folat,  niacin, pantothenic acid, vitamin B1, vitamin B2, vitamin E, dan vitamin K. Selain itu juga, memiliki kandungan mineral seperti  sodium, kalsium, fosforus, zat besi, kalium, zinc, dan magnesium.

Untuk menghasilkan buah labu siam yang maksimal dalam berkebun, dengan ini kami akan memberikan ilmu langkah-langkah menanam labu siam yang baik dan benar, berikut ini adalah yang harus anda lakukan :

1. Mempersiapkan Lahan Tanam Yang Baik

Dalam Berbudidaya hal yang utama adalah pengolahan tanah yang baik, sebab tanah dengan kondisi yang subur, bersih, dan gembur itu sangat dibutuhkan oleh setiap tanaman.

Tanah yang baik adalah mengadung unsur hara yang cukup, terkena sinar matahari 7-8 jam, cukup akan air, dan bersih dari tanaman pengganggu.

Baca Juga:  Manfaat Gambas

2. Mempersiapkan Bibit

Untuk mendapatkan bibit labu siam, anda bisa membiarkan buah labu siam di pohonnya sampai menua, setelah buah labu siam tua anda dapat memetiknya untuk di simpan di tempat yang agak lembab hingga buah bertunas atau berkecambah.

Setelah buah labu siam bertunas dengan panjang tunas sekitar 25 cm, maka labu siam siap untuk di tanam dilahan yang sudah anda siapkan.

3. Menanam Bibit Labu siam

Penanaman sebaiknya dilakukan di awal musim penghujan, sebelum melakukan penanaman anda harus membuat lubang tanam terlebih dahulu dengan ukuran kurang lebih 45 x 45 cm, dengan kedalaman sekitar 15 – 20 cm. Sedangkan jarak antar tanaman sekitar 2,5 – 3 m.

Selanjutnya tanamlah bibit labu saiam tersebut ke dalam lubang, timbun dengan tanah hingga menyisakan tunasnya saja. Jika tanaman dilakukan di musim kemarau, anda harus melakukan penyiraman di setiap pagi dan sore hari.

4. Perawatan

Setiap tanaman yang tumbuh membutuhkan perawatan yang baik, untuk menghasilkan tanaman yang subur dan mendapatkan hasil panen yang melimpah. Ada beberapa proses perawatan yang harus anda lakukan dalam menanam labu siam diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Pemupukan, proses pemupukan awal dilakukan setelah penanaman, dengan menggunakan pupuk kandang, dengan dosis kurang lebih 5 kg per tanaman. Selanjunya untuk pemupukan susulan bisa menggunakan pupuk NPK dengan dosis kurang lebih 20-25 gram setiap tanaman.
  • Penyiraman, proses penyiraman dilakukan setiap pagi dan sore hari, agar kelembapan tanah selalu terjaga. Namun jika musim pengujan tidak perlu lagi anda lakukan penyiraman.
  • Pemberian ajir, tanaman labu siam cara hidupnya adalah dengan cara merambat. Sehingga anda harus membuat ajir yang kuat dan ditancapkan didekat dengan tanaman tersebut. Buatlah dengan menggunakan bambu atau dengan kayu yang kuat. Hindari penyangga yang berbahan logam, sebab akan merusak tanaman itu sendiri karna logam akan panas jika terkena sinar matahari.
Baca Juga:  Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma Yang Baik Dan Benar

4. Masa Panen

Labu siam memerlukan waktu kurang lebih 3-4 bulan untuk menghasilkan buah yang dapat anda panen. Untuk memetik buah labu siam anda dapat menggunakan peralatan yang memudahkan anda dalam memanen.

Untuk tanaman labu siam ini memiliki masa hidup yang cukup lama, yakni kurang lebih 2 tahun tergantung anda melakukan perawatan.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Labu Siam Untuk Pemula (Sukses Berkebun) yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh berkebun.co.id, mudah mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.