Budidaya Lada Yang Baik Dan Benar Panduan Lengkap

2 min read

Budidaya Lada Yang Baik Dan Benar Panduan Lengkap

Budidaya Lada Yang Baik Dan Benar Panduan Lengkap Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang cara budidaya lada yang baik dan benar, yang akan di pandu melalui artikel berikut ini :

Budidaya Lada Yang Baik Dan Benar Panduan Lengkap

Sebelum kita bahas lebih lanjut mengenai budidaya lada yang baik dan benar, terlebih dahulu kita akan mengenal tanaman lada ini sediri, dari mulai manfaat dari lada, dan syarat tumbuh tanaman lada.

Manfaat Lada Untuk Kesehatan

Lada adalah salah satu rempah untuk menambah pelezat buat makanan, dan mengandung berbagai macam nutrisi yang baik bagi kesehatan, untuk satu sendok teh saja terdapat 6 kalori, 0,2 gram protein, 1,4 gram karbohidrat dan 0,6 gram serat. Selain itu juga lada mengandung kalsium, zat besi, magnesium, fosfor dan vitamin A, B1, B2, B3, B6 dan serta Vitamin K.

Manfaat lada untuk kesehatan diantaranya adalah dapat meredakan hidung tersumbat, mencegah kerusakan sel, radikal bebas adalah salah satu penyebab kerusakan sel dalam tubuh, menghambat pertumbuhan bakteri,  seperti E. coli, Listeria, Salmonella, dan Staphylococcus. Hal ini dikarenakan lada memiliki sifat antibakteri alami yang mampu mencegah bakteri – bakteri tersebut berkembang di dalam makanan. Dan dapat mengontrol kadar gula darah. Sebuah penelitian bahkan mengungkapkan, kandungan piperin di lada mampu menurunkan kadar glukosa dalam darah. Sementara, penelitian lain mengatakan piperin berguna untuk menghambat enzim amilase dalam memecah pati menjadi glukosa.

Syarat Tumbuh Tanaman Lada

Jika anda ingin mendapatkan hasil budidaya lada dengan optimal maka anda wajib mengetahui syarat tumbuh tanaman lada itu sendiri, berikut ini adalah syarat tubumbuh tanaman lada yang baik dan benar :

  • Meskipun tanaman ini tidak tergolong sulit untuk di budidayakan, tetapi lebih baik anda menanam di lahan yang memiliki zat hara yang cukup baik. Tanah seperti Oxisol, Vertisol, Andisol dan tanah liat pasir (sandy clay) yang sangat cocok untuk tanaman lada.
  • Tanaman ini cocok dilahan yang memiliki curah hujan antara 2.500. sampai 3000 mm per tahun.
  • Tanaman lada juga cocok di tanah subur dengan PH 5-7, serta berada di ketinggian sekitar 300 – 1500 m diatas permukaan laut.
Baca Juga:  Bonsai Asem : Cara Membuat, Membentuk Dan Perawatan

Langkah Menanam Lada

Setelah anda mengenal lada dari mulai manfaat dan syarat tumbuh tanaman lada ini, maka selanjutnya berkebun.co.id akan memberikan panduan cara menanam lada dengan baik dan benar agar menghasilkan buah lada yang maksimal.

Pemilihan Bibit Yang Unggul

Setiap akan melakukan budidaya, maka pemilihan bibit yang unggul adalah salah satu faktor yang penting untuk menghasilkan tanaman yang tumbuh dengan subur dan baik, meskipun masih ada banyak proses lain yang harus anda lakukan. Beberapa ciri bibit yang berkualitas di antaranya adalah pertumbuhan bibit yang seragam satu dengan yang lain, tahan saat dilakukan pemindahan dan pertumbuhan relatif cepat.

Pengolahan Lahan Tanam

Pengolahan lahan tanam memang tergantung pada banyak sedikitnya tanaman budidaya yang akan ditanam. Dengan menggunakan polybag sangat tepat digunakan jika Anda memiliki lahan yang terbatas. Namun, jika tersedia lahan yang cukup, maka berikut adalah langkah yang harus anda lakukan :

  • Pembersihan lahan tanam dari berbagai tanaman gulma seperti rumput dan tanaman penggangu lainnya.
  • Cangkul tanah sedalam kurang lebih 40 cm dan tambahkan pupuk kandang untuk memperkaya zat hara dalam tanah (lalu biarkan selama kurang lebih 7 hari).
  • Pembuatan bedengan dengan lebar kurang lebih 140 cm dan tinggi 50 cm. Panjang bedengan di sesuaikan dengan lahan dan jangan lupa anda buat saluran irigasi untuk jalur pengairan sehingga tidak tergenang air pada saat musim penghujan.
  • Buatlah lubang dengan jarak sekitar 40 cm untuk penanaman bibit lada.

Proses Penanaman Bibit Lada

Proses penanaman lada dilakukan pada saat bibit lada sudah cukup berumur dan layak untuk ditanam. Kondisi ini harus dipastikan agar meminimalizir reiko kematian bibit. Ambil bibit lada dalam semaian polybag, sobek dengan perlahan dan keluarkan untuk dimasukkan ke dalam lubang yang sebelumnya sudah disiapkan. Tutuplah kembali lubang dengan tanah yang sudah dicampur dengan kompos.

Baca Juga:  Daun Sukun : Manfaat Daun Sukun Kering Untuk Kesehatan

Proses penanaman sebaiknya dilakukan pada awal musim penghujan sehingga memudahkan tanaman untuk tumbuh dengan optimal. Jika penanaman dilakukan tidak dimusim penghujan maka anda harus rajin melakukan penyiraman secukupnya pada pagi atau sore hari.

Perawatan Tanaman Lada

Langkah selanjutnya adalah proses perawatan, jika anda ingin menghasilkan tanaman yang tumbuh dengan subur dan baik maka anda wajib melakukan perawatan yang maksimal.

  • Pembuatan Sulur, sulur yang terbuat dari belahan bambu atau dari ranting kayu yang kuat, di tancapkan di atas tanaman lada dan diikat dengan rapi, sebab sulur ini berguna untuk dijadikan tempat merambanya tanaman lada.
  • Penyiangan, penyiangan perlu dilakukan agar tanaman lada tumbuh tanpa ada tanaman penggangu, sehingga zat hara yang ada di sekitar akan terserap oleh tanaman lada itu sendiri. Penyiangan ini dilakukan 2 bulan sekali atau setiap tumbunya gulma.
  • Pemupukan, Pemupukan dilakukan untuk menambah nutrisi tanaman yang dibutuhkan untuk berfotosintesis. Terlebih, jika sudah mulai berbuah, maka kebutuhan akan unsur hara semakin meningkat. Lakukan pemupukan susulan setiap 6 bulan sekali dengan menggunakan pupuk kompos.

Dengan memperaktekan sistem budidaya seperti pedoman diatas, maka tanaman lada biasanya akan bisa anda panen mulai umur kurang lebih 3 tahun. Untuk ciri tanaman lada yang siap panen adalah memiliki buah yang berwarna kuning dan kemerahan.

Demikian ulasan mengenai Budidaya Lada Yang Baik Dan Benar Panduan Lengkap yang dapat dijelaskan dengan singkat dan terperinci oleh berkebun.co.id, selamat mencoba semoga berhasil dan sukses terimakasih.

Cara Membuat Bibit Brokoli

admin
1 min read

Menanam Kiwi Di Dataran Rendah

admin
2 min read

Daun Semangka Kuning

admin
2 min read