Pupuk Organik Adalah

1 min read

Pupuk Organik Adalah

Pupuk Organik Adalah – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Pupuk Organik Adalah.

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Pupuk Organik Adalah


Pupuk organik merupakan pupuk yang tersusun dari materi makhluk hidup, semacam pelapukan sisa-sisa tumbuhan, hewan, serta manusia.

Pupuk organik bisa berupa padat ataupun cair yang digunakan buat membetulkan sifat fisik, kimia, serta hayati tanah. Pupuk organik memiliki banyak bahan organik daripada kandungan haranya.

Sumber bahan organik bisa berbentuk kompos, pupuk hijau, pupuk kandang, sisa panen (jerami, brangkasan, tongkol jagung, bagas tebu, serta sabut kelapa), limbah ternak, limbah industri yang memakai bahan pertanian, serta limbah kota (sampah).

Sejarah pemakaian pupuk pada dasarnya ialah bagian daripada sejarah pertanian. Pemakaian pupuk diperkirakan telah diawali sejak permulaan manusia memahami bercocok tanam, ialah hampir 5.000 tahun yang lalu.

Wujud primitif dari pemakaian pupuk dalam membetulkan kesuburan tanah diawali dari kebudayaan tua manusia di wilayah aliran sungai-sungai Nil, Euphrat, Indus, Tiongkok, serta Amerika Latin.

Lahan-lahan pertanian yang terletak di dekat aliran-aliran sungai tersebut sangat produktif sebab menerima endapan lumpur yang kaya hara lewat banjir yang terjadi tiap tahun.

Di Indonesia, pupuk organik telah lama dikenal para petani. Penduduk Indonesia telah memahami pupuk organik saat sebelum diterapkannya revolusi hijau di Indonesia.

Sehabis revolusi hijau, mayoritas petani lebih suka memakai pupuk buatan sebab instan memakainya, jumlahnya jauh lebih sedikit dari pupuk organik, harganya pun relatif murah, serta gampang diperoleh.

Baca Juga:  Cara menanam bawang Merah dengan Hasil Yang Memuaskan

Mayoritas petani telah sangat bergantung pada pupuk buatan, sehingga bisa berakibat negatif terhadap pertumbuhan produksi pertanian.

Tumbuhnya pemahaman para petani hendak akibat negatif pemakaian pupuk buatan serta fasilitas pertanian modern yang lain terhadap area sudah membuat mereka bergeser dari pertanian konvensional ke pertanian organik.

Pupuk Organik Adalah


Pupuk Organik

Berbeda dengan pupuk kimia, pupuk organik dibuat dari bahan natural sisa makhluk hidup semacam sisa tumbuhan, kotoran hewan, kotoran manusia, serta pelapukan kayu.

Sebab dibuat dari bahan alami, pupuk organik dapat tingkatkan kandungan isi bahan organik serta faktor hara dalam tanah, sehingga dapat tingkatkan produktivitas lahan pertaniannya.

Dapat dibilang bila pupuk organik berperan mempermudah proses pengolahan lahan yang dipakai buat pertanian. Ada pula jenis pupuk organik, antara lain:

  • Pupuk Kandang

Sumber pupuk ini berasal dari kotoran hewan ternak ataupun unggas semacam kerbau, sapi, kambing, serta ayam.

Jenis pupuk ini efisien buat menyuburkan tanah serta tanaman sebab memiliki banyak faktor hara ataupun nutrisi makro.

Semacam fosfor, nitrogen, serta kalium, dan faktor mikro semacam magnesium, sulfur, kalsium, besi, natrium, molibdenum, serta tembaga.

  • Pupuk Hijau

Pupuk hijau merupakan jenis pupuk organik yang berbahan dasar dari tumbuhan ataupun tanaman hijau.

Umumnya pupuk jenis ini terbuat dari tumbuhan hasil sisa panen. Pupuk jenis ini efektiv menolong tingkatkan mutu tanah.

  • Pupuk Kompos

Pupuk kompos tercipta dari sisa bahan organik yang berasal dari tanaman, hewan, serta limbah organik secara natural dengan metode dekomposisi ataupun fermentasi.

  • Pupuk Hayati

Pupuk biologi ataupun pupuk mikrobiologis merupakan pupuk yang bekerja dengan menggunakan organisme hidup.

  • Humus

Humus ialah pupuk yang dihasilkan dari proses dekomposisi ataupun pelapukan dari daun-daunan serta ranting tumbuhan yang membusuk.

  • Pupuk Serasah

Pupuk jenis ini dibuat dari limbah organik nabati ataupun komponen tumbuhan yang telah tidak lagi terpakai serta berganti corak serta wujud, semacam jerami, sabut kelapa, serta rumput.

Baca Juga:  Cara Budidaya Seledri Dengan 5 Langkah Hasil Melimpah (Panduan Lengkap)

Demikian ulasan mengenai Pupuk Organik Adalah, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.

Manfaat Jahe

admin
3 min read

Manfaat Daun Sirsak

admin
3 min read

Manfaat Daun Katuk

admin
3 min read