Cara Merawat Marmut

2 min read

Cara Merawat Marmut

Cara Merawat Marmut– Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Merawat Marmut.

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Merawat Marmut


Walaupun ukurannya lebih kecil dibanding hewan peliharaan lain, tikus belanda memerlukan banyak ruang buat bergerak.

Tidak hanya itu, dalam memelihara tikus belanda, Kamu perlu mengosongkan banyak waktu, usaha, dan minat pada tikus belanda Kamu.

Bila Kamu bersedia menyediakan tempat tinggal buat tikus belanda Kamu dengan makanan yang sesuai, minat, ruang yang luas, dan perawatan serta pengecekan kesehatan.

Tikus belanda Kamu hendak berkembang jadi hewan peliharaan yang senang, sehat, serta mengasyikkan.


Metode Merawat Marmut yang Pas serta Mudah

  • Mempersiapkan Kandang Marmut

Perihal awal dalam metode menjaga marmut yang wajib Kamu lakukan ialah mempersiapkan kandang yang cocok buntuk sang tikus Belanda ini. Bila Kamu tidak dapat buatnya sendiri, Kamu dapat membelinya di toko marmut.

Berapa ukuran tiap kandang buat satu marmut? Bila Kamu cuma memelihara satu marmut saja, Kamu perlu mempersiapkan kandang marmut seluas 0.7m persegi.

Bila Kamu memelihara 2 ataupun lebih, Kamu dapat memperbesar ukuran kandang. Nah, kandang marmut ini wajib mempunyai lantai yang tertutup ataupun tidak berjeruji supaya kaki marmut tidak gampang terjebak.

Penutup atas kandang dibutuhkan bila kandang yang Kamu untuk mempunyai besar 30 hingga dengan 35 sentimeter.

Pada bagian bawah kandang marmut, siapkan alas berbentuk kertas ataupun serpihan kayu aspen. Tetapi, Kamu wajib rutin membersihkannya tiap seminggu 2 kali supaya kandang senantiasa bersih.

Baca Juga:  Cara Menanam Anggrek Bulan Yang Tepat dan Selalu Berbunga Indah

  • Meletakkan Kandang Marmut di Tempat yang Tepat

Sehabis mempersiapkan kandang, metode menjaga marmut berikutnya Kamu wajib memilih tempat yang pas buat kandang marmut tersebut.

Tempat itu dapat berbentuk ruangan yang kerap dilewati ataupun dikunjungi oleh anggota keluarga Kamu.

Beberapa ruangan yang dapat Kamu pilih semacam kamar tidur, ruang keluarga, lorong rumah.

Satu perihal yang perlu Kamu tahu dalam pemilihan tempat ialah temperatur. Pastikan Kamu menempatkan kandang pada ruangan yang mempunyai temperatur normal ataupun konsisten.

Tidak hanya itu dalam peletakannya, Kamu wajib mencermati lokasi ataupun ruang supaya tidak mengusik kegiatan keluarga nantinya.

Metode menjaga marmut terakhir dalam pemilihan letak kandang ialah jangan menyimpan kandang di garansi sebab asap mobil ataupun motor Kamu hendak pengaruhi kesehatan marmut.

  • Memelihara 2 Ekor ataupun Lebih

Untuk Kamu yang berminat buat memelihara hewan ini, Kamu dianjurkan buat membeli 2 ataupun lebih marmut buat dipelihara.

Perihal ini bermaksud supaya marmut Kamu nantinya tidak hendak merasa kesepian serta kesimpulannya stress sampai pengaruhi kesehatannya.

Ya, marmut pula makhluk hidup yang secara alamiah memerlukan sahabat. Pastikan, dalam satu kandang ada marmut jantan serta betina yang keduanya telah di steril.

Tujuan dari menyatukan kedua marmut tersebut merupakan buat mengawinkan mereka biar mempunyai generasi yang banyak.

Cara Merawat Marmut


  • Makanan

Berikan marmut makanan yang bergizi setiap harinya di mana dapat Kamu beli di toko-toko pakan.

Tidak hanya itu, Kamu pula dianjurkan memberikan makanan tambahan berbentuk sayuran hijau, semacam kangkung sampai selada.

Tidak hanya sayuran hijau, berikan pula irisan buah semacam anggur ataupun apel buat selingan.

  • Air Minum

Tidak hanya makanan, minuman pasti pula tidak kalah penting supaya marmut tidak kehilangan cairan tubuh. Oleh sebab itu, sajikan air bersih buat minuman marmut dengan wadah air serta tempelkan di kandang.

  • Siapkan Jerami

Tidak cuma maknaan serta minuman, Kamu pula perlu sediakan jerami di kandang marmut. Jerami ini kerap kali dijadikan sebagai sarang serta kemilan oleh marmut.

  • Vaksinasi

Perihal yang butuh dicermati dalam memelihara marmut merupakan dengan melakukan vaksinasi.

Baca Juga:  Jenis Bunga Gantung

Vaksin pasti jadi perihal yang penting supaya bebas dari bermacam penyakit. Membawa hewan ini ke dokter hewan buat memperoleh suntikan vaksin.

  • Kebersihan Kandang

Jagalah kebersihan kandang marmut. Walaupun marmut pula berusaha melindungi kebersihan kandang, namun mereka selalu memerlukan dukungan Kamu.


  • Perawatan Bulu Marmut

Gosok ataupun sisir bulu marmut dengan sisir kecil. Bulu marmut relatif pendek sehingga tidak memerlukan penyisiran yang rumit semacam hewan yang berbulu rimbun serta panjang.

Melakukan perawatan marmut pula hendak memberikan Kamu waktu buat menjalakan hubungan dengannya.

Panduan Tambahan

Marmut memerlukan vit C, oleh sebab itu pastikan mereka memperoleh cukup vit C. Cari tahu tentang apa yang boleh serta yang tidak boleh dimakan oleh marmut.

Beberapa makanan bisa membuat mereka sangat sakit. Misalnya, marmut dapat makan selada tetapi makan selada bisa membuat mereka sakit.

Demikian ulasan mengenai Cara Merawat Marmut, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.