Cara Merawat Kucing Persia

3 min read

Cara Merawat Kucing Persia

Cara Merawat Kucing Persia – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Merawat Kucing Persia.

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Merawat Kucing Persia


Kucing ialah salah satu hewan yang sangat kerap di peruntukan hewan peliharaan di rumah. Sifatnya yang penurut serta tenang jadi suatu nilai lebih ataupun jadi ketertarikan tertentu untuk seorang yang memelihara kucing.

Sampai dikala ini, kucing mempunyai banyak sekali jenis yang di mana nyaris tiap negara mempunyai kucing rasnya sendiri-sendiri.

Salah satu jenis yang memanglah seringkali dipelihara di rumah merupakan jenis ras persia.

Jenis kucing Persia ini memanglah dapat dikatakan sangat terkenal di dunia, kucing Persia mempunyai kelebihan ialah penurut serta tidak sangat kasar ataupun banyak bergerak.

Semua orang sepakat kalau memelihara kucing bukanlah gampang. Meski cuma kucing peliharaan, tetapi kita sebagai owner jangan hanya cuma hanya berikan makan saja.

Kucing pula wajib diberikan perawatan yang terbaik, semacam memberikan makanan yang sesuai serta bergizi, sampai mencermati kebersihannya. Serta itu seluruh pula membutuh biaya yang tidak sedikit.


Metode merawat kucing Persia

  • Siapkan kandang serta jaga kebersihannya

Kandang dapat jadi tempat pas buat kucing persia istirahat. Upayakan kandang tersebut memanglah diperuntukkan untuk kucing persia, maksudnya ukuran kandang pas serta ada ventilasi udara yang cukup.

Kalian dapat menempatkan kandang di ruangan agak terbuka, supaya perputaran udara dalam kandang pula mudah, plus cahaya matahari pula selalu dapat masuk.

Tidak hanya itu, pastikan kandang kucing senantiasa terpelihara kebersihannya. Mulai dari mensterilkan sisa-sisa makanan yang berjatuhan sampai mensterilkan kandang secara teratur.

Kandang kotor serta tidak terpelihara dapat jadi sarang penyakit, terlebih lagi kucing persia lebih gampang terserang penyakit daripada kucing kampung (dalam negeri short hair).

  • Sajikan tempat makan serta minum khusus

Walaupun sifatnya pernak-pernik, nyatanya tempat makan serta minum khusus menolong kalian melindungi kebersihan rumah. Kucing juga dapat makan tanpa berhamburan ataupun tercecer ke mana-mana.

Lebih baik cari tempat makan yang pula memiliki tempat minum. Dalam satu wadah terdapat 2 lubang, satu buat makan, satu buat air minum.

Baca Juga:  Cara Ternak Kucing Persia

Pastikan lubang tersebut tidak sangat cekung ya, mengingat lidah kucing persia terkategori pendek.

Taruh tempat makan di posisi yang sama. Jadi, kucing pula dapat memahami di mana dia dapat mencari makanannya.

  • Beli Pasir, tempat pasir, beserta serokannya

Membeli pasir, tempat pasir, beserta serokannya. Untuk kalian yang baru awal kali pelihara kucing, perlengkapan ini pastinya harus dipunyai.

Terlebih, kucing yang baru tinggal dengan majikan baru, masih wajib bersosialisasi dengan lingkungan. Sehingga, mereka pastinya belum dapat buat buang hajat langsung di wc.

Nah, pasir beserta tempatnya ini dapat menolong kucing buang hajat. Majikannya juga cuma perlu membuang kotoran serta mensterilkan pasirnya. Daripada kucing buang hajat di kursi, lebih baik di pasir.

Sehabis itu, baru kalian dapat mengarahkan kucing peliharaan buat ke wc sendiri. Tetapi, perihal ini perlu kesabaran ekstra ya.

  • Beli santapan kucing yang memiliki bahan- bahan bergizi

Tidak cuma kandang, lingkungan serta perlengkapan yang bersih, kucing pula perlu diberi makanan yang sehat serta bergizi.

Terdapat banyak jenis makanan kucing yang ada di toko ataupun petshop. Apalagi, kalian pula dapat membuatnya sendiri di rumah.

Nah, memilih makanan kucing yang bergizi disini pula tercantum dalam panduan memelihara kucing Persia.

Alasannya, makanan pula hendak mempengaruhi pada kesehatan bulunya. Tidak inginkan, jika bulu di empus rontok serta kusut?

Berikut sebagian saran makanan kucing Persia yang dianjurkan:

  • Daging ayam, bebek, sapi, serta ikan. Metode buatnya, cuma cukup direbus, kemudian dicincang.
  • Makanan kucing buatan pabrik yang kering serta basah. Merk yang direkomendasikan antara lain merupakan Royal Canin, Whiskas, pro Plan, Me-O, Friskies, serta Maxi.

Buat minumnya, cukup berikan air putih, ataupun sesekali susu sapi murni.

Cara Merawat Kucing Persia


  • Jangan kerap memandikan, cukup1 kali seminggu

Seperti yang kita kenal, kalau kucing tidak dapat mensterilkan dirinya sendiri, sebab kucing cuma perlu menjilati badannya buat mensterilkan badan.

Tetapi, dengan menjilati saja rasanya belum pasti membuat badan kucing bersih sempurna.

Nah, disini kalian perlu memandikannya dengan air serta shampo khusus kucing. Tidak perlu sering, kalian cukup memandikannya 1 kali dalam seminggu.

Sehabis selesai dimandikan, lekas keringkan bulu dengan handuk serta hair dryer sembari disisir. Pisahkan bulu-bulu yang rontok, serta sisir bulu sampai kusutnya lenyap.

  • Memberikan vaksin

Jangan lupa buat berikan kucing kita vaksin terhadap beberapa virus ataupun kuman yang hendak membuat kucing kita sakit.

Tidak cuma kucing kita, terdapat beberapa penyakit pada kucing yang dapat meluas secara langsung ke badan manusia. Sehingga jangan lupa buat berikan kucing kita vaksin.

Baca Juga:  Pengertian Ternak : Jenis, Manfaat dan Peranan Ternak untuk Kehidupan Manusia

Pemberian vaksin dapat dilakukan oleh para dokter hewan yang umumnya ada di pet shop terdekat, serta pemberian nya umumnya secara teratur dalam jangka bulanan ataupun tahunan bergantung jenis vaksin yang di gunakan.

Saat telah di beri vaksin, umumnya terdapat sebagian indikasi yang mencuat ataupun juga suatu yang berbeda dari kucing kita sehingga kita wajib ketahui Metode Perawatan Kucing Sehabis Vaksin supaya tidak gampang panik.

  • Menjaga bulu kucing

Jenis kucing Persia ialah jenis kucing yang sangat rimbun bulunya serta untuk sebagian orang bisa jadi ini terasa sangat ribet serta pula susah buat memelihara kucing Persia.

Tetapi untuk orang yang suka ataupun menggemari kucing dengan bulu panjang semacam Persia ini hendak lebih gampang, apalagi akan lebih gampang dari Metode Menjaga Anak Kucing Anggora.

Metode perawatannya dapat di mulai dengan menyisir bulu dari pada kucing persia kita, memandikan kucing Persia dengan shampoo yang pas.

Berikan makan-makanan yang pas khusus buat memperindah bulu kucing, serta yang terutama merupakan melindungi kucing supaya tidak stress sebab, kucing stress umumnya hendak berakibat kepada bulu yang rontok.


  • Ajak main sang Kucing

Tidak cuma manusia saja yang memerlukan sahabat buat bermain, kucing juga memerlukan sahabat buat bermain. Ajaklah kucing bermain dengan memakai mainan kucing semacam bola ataupun yang lain.

Bila kita mempunyai taman yang luas dapat dengan sesekali melepaskannya di taman supaya ia dapat berkegiatan tidak jenuh dengan kandang yang kecil.

  • Kontrol senantiasa kesehatan kucing

Metode menjaga kucing persia yang terakhir dapat dengan mengendalikan selalu kesehatan kucing persia kita, sebab umumnya kesehatan kucing dipengaruhi dari banyak hal, semacam cuaca, tempat tinggal, makanan serta lain sebagainya.

Jadi sebagai owner kucing di anjurkan buat selalu mengecek kesehatan kucing. tidak hanya itu pula hindarkan sebagian barang ataupun juga cairan-cairan khusu yang beracun terhadap kandang kucing.

Sebab banyak permasalahan dimana kucing tidak sengaja ataupun juga dengan sengaja meminum ataupun memakan suatu yang menarik untuk dirinya tetapi itu sangatlah beracun.

Demikian ulasan mengenai Cara Merawat Kucing Persia, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih