Cara Merawat Kucing Kampung

3 min read

Cara Merawat Kucing Kampung

Cara Merawat Kucing Kampung – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Merawat Kucing Kampung.

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Merawat Kucing Kampung


Kucing yakni salah satu hewan peliharaan yang terkenal serta disukai banyak golongan mulai dari anak-anak, dewasa, sampai orang tua.

Kucing jenis tertentu terkadang mempunyai harga yang mahal serta wajib diberikan perawatan pula dengan biaya yang tidak sedikit.

Sehingga banyak orang yang lebih memilih buat memelihara kucing kampung yang diketahui lebih hemat dalam perawatan kesehariannya.

Tetapi tidak berarti kucing kampung kalah terhadap kucing jenis lain, dengan perawatan yang terbaik kucing kampung pula dapat jadi primadona.

Ialah dengan perawatan yang sangat sungguh sehingga dia mempunyai badan yang sehat, gendut, aktif, serta sehat dilihat.


Beberapa Metode Menjaga Kucing Kampung

  • Beri Daging

Meski kucing kampung cenderung lebih gampang menyesuaikan diri dengan menerima seluruh jenis makanan, selalu saja dia merupakan hewan karnivora yang memerlukan daging buat perkembangan serta tenaganya.

Secara berkala berikan dia daging yang sehat semacam daging ayam yang sudah dikukus ataupun digoreng, jangan terus menerus memberinya tulang yang tidak hendak membantunya berkembang besar serta buatnya sulit gendut.

  • Jangan Terlalu Banyak Memberikan Nasi

Biasanya kucing kampung diberi makanan berbentuk nasi serta ikan pindang dengan ikan yang sedikit serta nasi yang banyak dengan harapan dia hendak kenyanag lebih lama.

Sesungguhnya perihal tersebut kurang baik untuk kesehatannya seban hendak memunculkan kelebihan gula pada badannya.

Berikan nasi dalam jatah yang sesuai, misalnya yakni nasi seperempat piring ditambah dengan satu ikan pindang, perihal itu jauh lebih tepat untuk buat gemukkan badannya.

  • Berikan Tempe Rebus

Metode memelihara kucing kampung supaya gendut yakni dengan memberinya protein nabati dimana protein yakni gizi yang sangat baik metabolisme badannya.

Berikan tempe yang direbus ataupun digoreng berikutnya haluskan serta gabungkan dalam makanannya. Kucing kampung menggemari tempe goreng, dia hendak bahagia serta memakannya dengan lahap.


  • Memandikan Kucing Kampung

Kucing kampung sama semacam kucing yang lain yang perlu dimandikan supaya kebersihan badannya senantiasa terpelihara.

Anak kucing dapat dimandikan cuma memakai tisu basah dengan metode menyeka segala tubuhnya dengan pelan-pelan.

Baca Juga:  Cara Menanam Bawang Dayak Untuk Pemula (Sukses)

Sedangkan itu, pada kucing dewasa dapat dimandikan secara biasa, namun Kalian wajib hati-hati bila dituntut kucing kampung umumnya memberontak serta mencakar.

Kala masa hujan, hendaknya kucing kampung tidak perlu dimandikan, perihal ini disebabkan kucing kampung rentan terhadap penyakit paru-paru.

  • Berikan Susu Pada Kucing Kampung

Susu perlu diberikan paling utama buat anak kucing yang masih kecil, paling utama buat kucing yang tidak mempunyai induk ataupun kucing foster.

Susu yang diberikan kepada anak kucing kampung merupakan susu resep yang khusus buat kucing, setelah itu diseduh memakai air hangat serta dimasukkan ke dalam botol susu buat kucing.

Pada saat memberikan susu kepada anak kucing, pastikan badan anak kucing tidak terserang tumpahan susu, perihal ini dapat menimbulkan bulu anak kucing jadi membeku.

Apabila terserang air susu, lekas basuh tubuh kucing memakai tisu basah dengan pelan-pelan. Kalian dapat memberikan susu resep buat anak kucing sebanyak 4 hingga 6 kali dalam satu hari.

  • Menjaga Bulu Kucing Kampung

Kebersihan bulu kucing kampung sangat penting buat dicermati, paling utama dari permasalahan kutu.

Kalian dapat menyisir bulu kucing memakai sisir yang khusus buat menyisir bulu kucing.

Tidak hanya itu, Kalian pula memberikan bedak khusus pada bulu kucing buat menghilangkan kutu yang terdapat pada bulunya.

Bedak khusus tersebut bisa Kalian beli di petshop, bila Kalian tidak mengenali bedak jenis apa yang wajib digunakan, Kalian dapat menanyakan saran pada penjaga petshop yang dianjurkan oleh dokter hewan.

Bila bedak tersebut sesuai, kutu yang terdapat pada bulu kucing hendak berjatuhan serta bulu kucingmu jadi sehat.

Cara Merawat Kucing Kampung


  • Memberikan Makanan Berprotein Tinggi

Makanan berprotein tinggi ialah makanan dengan nutrisi terbaik buat kucing. Dengan memberikan maknaan berprotein tinggi hendak membuat kucing Kamu jadi lebih gendut.

Kamu dapat memberikan jenis protein hewani maupun protein nabati dengan metode dimasak terlebih dulu.

Daging ataupun ikan jadi makanan kesukaan untuk kucing kampung. Tidak hanya sebab kucing ialah hewan karnivora, daging serta ikan jadi makanan yang sangat diperlukan sebab kandungannya yang tinggi protein.

Walaupun daging serta ikan disukai oleh kucing, ada baiknya Kamu merebus, mengukus, ataupun menggoreng terlebih dulu saat sebelum diberikan kepada kucing buat menghindari adanya peradangan mikroorganisme dari makanan yang belum matang.

  • Vitamin Buat Kucing Kampung

Vitamin jadi salah satu nutrisi yang baik buat menaikkan nafsu makan kucing, melindungi energi tahan kucing, serta membuat bulu kucing jadi lebih indah.

Kamu dapat memberikan minyak ikan buat dicampur dengan makann maupun diberikan langsung ke kucing Kamu. Tidak hanya minyak ikan, Kamu pula dapat membeli vit peningkat nafsu makan di pasaran.

  • Memberikan Susu Kucing Kampung

Susu khusus kucing jadi nutrisi tambahan buat kucing Kamu. Umumnya susu khusus kucing ialah susu yang rendah laktosa serta tinggi protein.

Baca Juga:  Manfaat Lidah Buaya

Beberapa produk susu kucing banyak dijual di pasaran dalam wujud bubuk yang telah terpelihara tingkatan higienitasnya.

Protein ialah isi gizi yang baik buat membuat kucing buat menolong perkembangan kucing serta menaikkan berat tubuh kucing.

Tidak hanya itu, dengan memberikan susu kucing hendak menghindari kucing Kamu bebas dari resiko diare dibandingkan dengan pemberian susu yang biasa diminum manusia.


  • Memberikan Obat Cacing secara Teratur

Cacingan ialah salah satu permasalahan kesehatan yang sering dirasakan oleh kucing kampung. Kala kucing Kamu menghadapi cacingan.

Maka sebagian besar nutrisi yang dimakan oleh kucing Kamu hendak diambil cacing serta menyebabkan kucing jadi lebih kurus.

Kamu dapat memberikan obat cacing secara teratur 3 bulan sekali. Sebagian produk obat cacing di pasaran dapat Kamu temui dalam bermacam wujud, baik tablet ataupun drop.

Berikan obat cacing cocok dosis yang diajarkan dalam kemasan. Saat sebelum memberikan obat cacing, ada baiknya Kamu mengenali berat tubuh kucing buat mengenali dosis obat cacing yang hendak diberikan.

  • Tempat Tidur yang Nyaman

Berikan tempat tidur yang aman, paling tidak yang empuk serta bersih sehingga dia merasa betah di rumah serta tidak sangat kerap berkelana ke tempat lain.

Tempat tidur yang aman hendak buatnya tidur nyenyak serta memilih jam rehat yang cukup, dan selama dia rehat seluruh nutrisi bisa terserap sempurna oleh badannya.

  • Lingkungan

    yang Bersih

Letakkan dia dilingkungan yang bersih serta jangan perkenankan dia bermain di tempat tempat yang kotor. Perihal ini yakni peran dri owner ialah dengan melindungi kesehatan serta kebersihan rumah yang ditempatinya.

Kucing yakni hewan yang suka kebersihan, bila dia terletak di area yang kotor, dia hendak gampang tekanan pikiran serta gampang tertular penyakit.

  • Perhatikan Keadaan Kesehatan

Metode memelihara kucing kampung supaya gendut yakni dengan mencermati keadaan badannya secara totalitas karena suatu keadaan kesehatan sangat mempengaruhi pada nafsu makan serta wujud badannya.

Bila dia sehat maka hendak memilik nafsu makan yang baik serta badan yang produktif.  Pastikan kucing kampung kesayangan kamu bebas penyakit dan lekas beri penindakan bila dia sakit.

Demikian ulasan mengenai Cara Merawat Kucing Kampung, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.

Manfaat Jahe

admin
3 min read

Manfaat Daun Sirsak

admin
3 min read

Manfaat Daun Katuk

admin
3 min read