Cara Merawat Kucing Angora

4 min read

Cara Merawat Kucing Angora

Cara Merawat Kucing Angora – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Merawat Kucing Angora.

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Merawat Kucing Angora


Kucing anggora ini ialah kucing yang sangat unik baik dari segi fisik ataupun tingkah lakunya.

Kenyataannya, kucing anggora dengan bulunya yang lembut, panjang serta sangat indah ialah kucing yang saat ini sangat digemari orang-orang di Indonesia.

Untuk kita yang kesepian serta menginginkan sahabat buat diajak bermain di rumah, kucing Anggora sangat sesuai buat dijadikan peliharaan sebab kucing ini hendak selalu menghibur kita dengan kelucuannya.

Namun di balik itu, kucing ras ini membutuhkan perawatan yang teratur buat melindungi kebersihan serta kesehatan bulunya agar kucing selalu lucu serta bersih.


Peralatan Merawat Kucing Anggora

Saat sebelum memelihara kucing khususnya kucing anggora di rumah, kalian wajib mempersiapkan peralatan-peralatan yang dibutuhkan buat menjaga kucing. Diantara peralatan tersebut merupakan:

  • Makanan
  • Kandang
  • Tempat makan serta tempat minum
  • Litter box serta serokan
  • Pasir kucing buat buang air besar
  • Sisir bulu
  • Lint rolling buat mensterilkan bulu kucing dari baju
  • Shampoo spesial kucing
  • Handuk
  • Hair dryer
  • Parfum spesial kucing
  • Gosok gigi kucing
  • Pet carier buat bawa kucing ke mana- mana ataupun kala hendak kontrol kesehatan.

Setelah memenuhi peralatan-peralatan yang diperlukan buat pemilaharaan, barulah kita bisa menjalnkan metode merawat kucing anggora ini.


Penyakit Kucing Anggora

Penyakit pada kucing ras memanglah tidak dapat dianggap remeh, sebab bila dibiarkan bisa berujung pada kematian.

Karena daya tahan tubuh kucing ras lebih rentan daripada kucing kampung. Oleh sebab hal tersebut banyak kucing ras yang gampang terkena penyakit.

  • Parasit pada bulu serta kulit

Kutu ialah parasit kulit serta bulu yang kerap hinggap di bulu panjang kucing ras, sehingga bulunya jadi kumal serta rontok, kulitnya pula jadi terkelupas serta kotor.

Penyakit ini dapat terjadi sebab minimnya kebersihan kucing serta kandang ataupun sebab tertular oleh kucing yang lain.

  • Saluran kencing

Penyakit ini terjadi sebab kucing sangat banyak komsumsi mineral paling utama magnesium, dan pemberian air kurang.

Indikasi yang timbul umumnya kemih berdarah, sulit buang air kecil, kehilangan cairan tubuh, nafsu makan menyusut serta kucing kerap menjilat kelaminnya sendiri.

  • Muntah

Kucing berbulu panjang semacam ras serta kucing lokal kerap terserang penyakit muntah, salah satu penyebabnya merupakan sebab banyaknya bulu yang terisap dalam saluran pencernaan kucing, sehingga wajib dikeluarkan.

Baca Juga:  Cara Merawat Kucing Persia

Pemicu yang lain merupakan sebab peradangan virus ataupun permasalahan saluran pencernaan. Salah satu cirinya merupakan mulut kucing bau.


Metode Merawat Kucing Anggora yang Benar

  • Pilih Makanan Yang Tepat

Bila mau kucing selalu sehat serta bulunya indah perihal awal yang wajib dicermati merupakan makanan serta minuman kucing.

Sebab banyaknya merk makanan kucing anggora yang dijual di pet shop, terkadang membuat kalian lalai serta tidak mencermati kecocokan kucing terhadap jenis makanan tersebut.

Terus tidak semua kucing ingin terhadap seluruh jenis makanan, upayakan cari yang sesuai buat kucing anggoramu. Perlu sempet gonta ganti rasa makanan kucing.

Makanan yang baik buat kucing ras ini merupakan makanan yang mempunyai isi garam sedikit, lebih baik berikan makanan kering biar bulunya tidak rontok. Jika rontok, coba obati dengan metode menanggulangi bulu kucing rontok.

Model makanan tidak sangat mempengaruhi terhadap kesehatan kucing, cuma isi dalam makanannya saja yang bisa menimbulkan bulu kucing terus menjadi rontok.

  • Siapkan kandang yang luas

Kucing anggora termasuk kucing yang bahagia bermain sehingga kalian perlu menyediakan kandang yang lumayan luas untuknya.

Tidak hanya menyediakan kandang yang luas, pastikan pula kalian sediakan berbagai mainan untuknya, termasuk “ruang” buat pas dirinya memanjat serta melompat.

Perihal ini perlu disediakan sebab kucing anggora termasuk kucing yang sangat aktif.

  • Memandikannya secara rutin

Walaupun biasanya kucing dapat mensterilkan diri sendiri dengan metode menjilati badannya, kalian dianjurkan buat teratur memandikan kucing anggora yang dimiliki paling tidak tiap 2 bulan sekali.

Memandikan kucing anggora sangat sering pula tidak diajarkan sebab bulu kucing anggora terbilang rapuh sehingga rentan buat menghadapi kerontokan bila dimandikan sangat sering.

Cara Merawat Kucing Angora


  • Rajin menyisir bulunya

Supaya bulu kucing anggora selalu terpelihara serta senantiasa sehat, kalian dianjurkan untuk teratur menyisir ataupun menggosok bulunya tiap hari ataupun tiap beberapa hari sekali.

Kalian bisa memakai sisir metal bergerigi panjang yang umumnya dijual di toko hewan peliharaan.

Menyisir bulu anggora secara teratur tidak cuma jadi bagian dari melindungi penampilannya saja, namun pula kurangi resiko tertelannya hair ball, yang dapat menimbulkan permasalahan pada pencernaanya.

  • Rajin memotong kukunya

Tidak hanya rajin menyisir bulunya, kalian pula wajib menjaga kebersihan kukunya dengan baik. Triknya gampang, kalian cuma perlu memotong kukunya secara teratur paling tidak beberapa minggu sekali ataupun sebulan sekali.

Bila kalian memutuskan buat memotong kuku kucing angora sendiri di rumah, buatlah suasanya senyaman mungkin.

Pangku kucingmu kemudian potong kukunya secara pelan-pelan. Bila kalian masih ragu buat memotongnya sendiri, lakukan di dokter hewan ataupun salon hewan terdekat.

  • Rajin Memonitor Bobotnya

Saat berdialog tentang metode memelihara kucing anggora, umumnya orang cuma hendak fokus terhadap jenis makanan apa yang baik buat dimakan.

Baca Juga:  Cara Menanam Markisa Menurut Ilmu Pertanian (Berkebun)

Terlebih buat pendatang baru, mereka hendak berpikir terus menjadi kenyang sang piaraan, hingga gizinya hendak terus menjadi baik.

Mungkin perihal itu benar untuk beberapa hewan, tetapi tidak dengan fauna satu ini. Angora memanglah berotot, tetapi ia mempunyai tulang yang sangat rapuh. Hal ini menjadikan kelebihan lemak akan membebani tulangnya.

Tidak hanya permasalahan tulang, kegemukan pula hendak memperbesar efek terkena penyakit lain semacam hepatic lipidosis serta hati berlemak. Jadi, kalian mesti rajin menimbang bobotnya sebulan sekali.

Bobot sempurna angora jantan ialah optimal 12 pounds, atau hampir 5,5 kilogram. Sebaliknya buat yang betina, bobotnya dekat 8–12 lbs ataupun 3–5 kilogram. Apabila berlebih, konsumsi hariannya dapat kalian potong.

  • Cuci Kuping 2 Kali Seminggu

Dari sekian banyak penyakit yang mendera, tuli merupakan permasalahan kesehatan yang sangat kerap mendera jenis ini. Sebab itu, hendaknya kalian sering-sering mensterilkan telinganya sebanyak 2 minggu sekali.

Kalian dapat memakai cotton ball supaya tidak mengganggu kanal telinganya. Bila telah bersih, maka bagian dalam telinganya hendak bercorak pink serta tidak berbau busuk.

Tetapi bila corak telinganya masih hitam ataupun keruh, berarti masih terdapat kotoran yang tertinggal.


  • Berikan Tempat buat Memanjat

Kala berdialog tentang gimana metode menjaga kucing anggora yang baik, banyak orang kerap sangat fokus pada kebutuhan fisiknya. Lalu mereka melupakan kebutuhan mentalnya, semacam mainan.

Kita tahu sendiri kalau angora merupakan kucing yang aktif serta mempunyai rasa keingintahuan yang besar.

Oleh sebab itu, ia hobi memanjat. Daripada ia mengganggu lemari ataupun rakmu, mending kalian berikan tempat khusus buat memanjat.

Letakkan tempat memanjat tersebut di ujung ruangan, di sebelah jendela ataupun di tempat terbuka yang lain.

Tempat yang gampang mengakses panorama alam seluruh ruangan merupakan tempat sempurna untuk angora buat bermain, apalagi tidur.

Tidak hanya tempat memanjat, berikan pula beberapa mainan semacam tikus palsu ataupun bola karet buat membantunya menyalurkan keaktifannya.

Jika perlu, ajak ia bermain. Tidak hanya memberinya minat, bermain bersama menghindarkan ia dari kegemukan.

  • Sering-Seringlah Berkunjung ke Dokter Hewan

Walaupun kucingmu tidak sakit, tetapi usahakanlah buat berkunjung ke dokter hewan secara teratur, baik itu buat memberikan vaksin ataupun hanya memonitor kondisinya.

Mengecek kesehatan ialah metode menjaga kucing anggora yang sangat penting buat memperpanjang usianya. Umumnya, kucing anggora dapat hidup hampir 10–18 tahun.

Tetapi, buat memperoleh usia sepanjang itu, pasti kalian mesti rajin-rajin menjaga kesehatan serta memberinya vaksin semacam vaksin rabies, FPV, FIV, FIP, Bordeteila, FeLV, serta Chlamydophila felis.

Demikian ulasan mengenai Cara Merawat Kucing Angora, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih

Manfaat Jahe

admin
3 min read

Manfaat Daun Sirsak

admin
3 min read

Manfaat Daun Katuk

admin
3 min read