Cara Merawat Kelinci

3 min read

Cara Merawat Kelinci

Cara Merawat Kelinci – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Merawat Kelinci.

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Merawat Kelinci


Kelinci ialah peliharaan yang mempunyai banyak kelebihan sebab sifat-sifatnya yang manis serta daya menyesuaikan diri yang cepat terhadap kehidupan manusia, termasuk lingkungan tempat tinggal di apartemen.

Untuk selalu senang serta sehat, kelinci memerlukan perawatan khusus, dari pasokan jerami serta sayuran yang banyak, sarang yang hangat serta aman, sampai waktu buat berlari melompat-lompat semau hati.

Terkadang Kamu pula wajib membawanya masuk rumah supaya bebas dari predator semacam anjing hutan, sigung, serigala, rubah, anjing, serta kucing.


Metode Menjaga Kelinci dengan Baik

  • Memilih Kandang yang Tepat

Saat sebelum Kamu mulai memelihara kelinci, hendaknya siapkan tempat tinggal ataupun kandang yang sesuai. Perlu Kamu tahu kalau kelinci lebih nyaman tinggal di dalam ruangan daripada di luar ruangan.

Apabila Kamu mau meletakkan kelinci di dalam kandang, pastikan kandang tersebut mempunyai ruang gerak yang gampang. Tidak hanya itu, jangan lupa buat menyelimuti lantai dengan kardus serta bahan yang lain.

Kelinci yang ditaruh di kandang wajib dikeluarkan selama beberapa jam tiap hari. Perihal ini bertujuan supaya kelinci bisa olahraga, berlari serta melompat. Pastikan supaya kelinci terletak di zona aman buat bermain.

  • Mempersiapkan Kotak Kotoran

Dikala Kamu memelihara kelinci, jangan lupa buat mempersiapkan kotak kotoran. Perihal ini sebab kelinci mempunyai kecenderungan alami buat buang air kecil serta besar di uatu daerah.

Kamu bisa menggunakan kotak kotoran kucing berukuran sedang ataupun tempat penyimpanan dangkal di dekat mangkuk makanan ataupun air.

Kelinci sering menghabiskan waktu buat bersantai di kotak kotorannya. Maka, pastikan Kamu mempersiapkan kotak kotoran yang lumayan besar.

Cara Merawat Kelinci


  • Makanan seimbang

Metode menjaga kelinci yang sangat penting dicermati ialah pemberian makanan. Kelinci mempunyai sistem pencernaan yang kompleks, sehingga sangat penting untuk mereka buat memperoleh makanan yang pas.

Banyak permasalahan kesehatan pada kelinci diakibatkan oleh makanan yang tidak cocok dengan fisiologi pencernaan mereka. Makanan dasar kelinci wajib terdiri dari makanan berikut:

    • Rumput jerami

Kelinci memerlukan rumput jerami yang menolong sistem pencernaan mereka serta sediakan serat yang dibutuhkan buat membantu menghindari permasalahan kesehatan semacam bola rambut, diare, serta kegemukan.

    • Sayuran

Tidak hanya jerami, makanan dasar kelinci dewasa wajib terdiri dari sayuran berdaun hijau hitam semacam daun selada, peterseli, daun ketumbar serta yang lain.

Baca Juga:  Cara Membuat Bibit Brokoli

Varietas ini sangatlah penting, jadi beri kelinci Kamu 3 sayuran berbeda sekaligus. Dikala menghadirkan sayuran baru ke pola makan kelinci, coba satu per satu dengan jumlah terbatas.

    • Buah serta camilan

Sedangkan jerami serta sayuran merupakan dasar dari makanan sehat, kelinci pula menikmati kemilan.

Kartun serta penggambaran fiksi kelinci yang lain hendak membuat kita yakin kalau wortel merupakan dasar dari makanan kelinci yang sehat.

Banyak kelinci menikmati wortel, namun mereka merupakan sayuran bertepung serta wajib diberikan cuma sebagai hadiah.

Kemilan lain yang bisa jadi dinikmati kelinci Kamu merupakan apel (tanpa batang ataupun biji), blueberry, pepaya, stroberi, pir, persik, prem, ataupun melon.

Buah-buahan ekstra-manis semacam pisang, anggur, serta kismis pula baik, namun wajib diberikan dalam jumlah sedikit.

    • Pelet

Bila Kamu memilih buat menjadikan pelet sebagai bagian dari makanan kelinci Kamu, yang terbaik merupakan memakainya sebagai suplemen buat sayuran hijau tua, bukan sebagai pengganti ataupun makanan utama.

Pelet ini cuma boleh diberikan dalam jumlah kecil (1/8-1/4 cawan per 5 pon berat tubuh perhari, disebarkan selama 2 kali pemberian makan tiap hari).

Juga, pastikan buat membeli pelet berbasis Timotius. Banyak merk pakan kelinci memiliki biji, jagung, serta makanan lain yang sangat besar kalori buat dijadikan dasar untuk diet kelinci yang sehat.

    • Air

Kelinci wajib selalu mempunyai persediaan air bersih yang lumayan. Pastikan buat mengubah air kelinci Kamu paling tidak sekali satu hari. Air bisa ditaruh dalam botol ataupun mangkuk.

Bila Kamu memakai botol sipper, perhatikan kelinci baru buat membenarkan mereka kenal metode memakai botol, serta bilas botol tiap hari sehingga tabungnya tidak tersumbat.

Bila Kamu memakai mangkuk, pastikan mangkuk itu lumayan berat buat menjauhi tumpahnya air.


  • Makanan yang Wajib Dihindari

Dengan sistem pencernaan sensitif, ada beberapa makanan yang wajib dihindari kelinci. Ini termasuk tomat, kol, jagung, kacang-kacangan, kacang polong, kentang, bit, bawang merah, kelembak, bambu, biji-bijian, serta banyak lagi yang lain.

Baca Juga:  Cara Ternak Burung Puyuh Mudah Dan Tepat Untuk Pemula

Pula, jangan berikan cokelat, permen, apapun yang berjamur pada kelinci. Bila Kamu tidak percaya tentang makanan tertentu, tanyakan kepada dokter hewan.

Sebab kelinci suka mengunyah, pastikan seluruh kabel listrik terletak di luar jangkauannya. Mengunyah kabel yang terhubung bisa menimbulkan luka parah ataupun sampai kematian.

Hindarkan pula kelinci dari benda-benda beracun semacam insektisida, rodentisida, serta bahan pembersih.

Tidak hanya itu perlu diketahui kalau tumbuhan umum semacam lidah buaya, azalea, Calla lily, Lily of the Valley, philodendron, serta berbagai umbi tumbuhan bisa beracun untuk kelinci.

  • Sediakan Litter Box

Kelinci mempunyai kerutinan untuk buang air besar serta buang air kecil di suatu tempat yang sama.

Taruhlah tempat buang kotoran ataupun litter box di zona yang umumnya kelinci buang air kecil ataupun buang air besar.

Biasakan buat mensterilkan litter box ini setiap harinya supaya tidak ada bau tidak nikmat di dekat rumah.


  • Mengosongkan Waktu buat Mengajak Kelinci Bermain

Ajak kelinci buat bermain secara rutin. Kelinci ialah salah satu hewan yang dapat diajak bermain.

Beberapa hewan lain yang dapat diajak bermain merupakan kucing, anjing, burung, hamster, serta yang lain.

Perlu diingat jika hati-hati dikala memegang kelinci ataupun memeluk hewan ini sebab terkategori sensitif.

  • Melindungi Kesehatan Kelinci

Hewan peliharaan wajib dilindungi kesehatannya setiap waktu. Kalian dapat membawa kelinci ke dokter hewan buat pengecekan.

Bisa jadi kelinci peliharaan kalian menghadapi permasalahan pada bulu, pencernaan, ataupun problem yang lain. Kalian dapat memandikan kelinci semacam halnya kucing, tetapi pastinya tidak boleh sangat sering.

Sederetan aktivitas ini dapat jadi metode menjaga kelinci di rumah secara intensif sehingga kelinci selalu sehat.

  • Memelihara Beberapa Kelinci Sekaligus

Kelinci merupakan hewan sosial sehingga membutuhkan sahabat buat berkumpul serta pula beraktifitas.

Jika ingin memelihara kelinci, paling tidak kalian memiliki beberapa ekor kelinci sekalian serta mempunyai umur yang sama.

Demikian ulasan mengenai Cara Merawat Kelinci, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.