Cara Merawat Ikan Louhan

3 min read

Cara Merawat Ikan Louhan

Cara Merawat Ikan Louhan – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Merawat Ikan Louhan.

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Merawat Ikan Louhan


Kamu pasti telah tidak asing dengan salah satu jenis ikan hias yang identik dengan dahinya yang besar serta bundar.

Ya, ikan hias ini dikenal dengan nama ikan Louhan serta mempunyai banyak peminat sebab keunikan dahi yang dimilikinya tersebut.

Di Indonesia, popularitas ikan jenis ini pula lumayan besar serta teruji dengan harga jualnya yang cukup mahal.

Ikan Louhan pula dipercaya sebagai salah satu jenis ikan hias ataupun pajangan yang bisa membawa peruntungan baik kepada pemeliharanya.

Tetapi, mengerti kah Kamu asal usul kenapa mitos tersebut banyak tersebar di golongan para pecinta ikan, tidak cuma di Indonesia, tetapi pula seluruh dunia?

Secara pendek, keyakinan kalau ikan Louhan bisa memberikan keberuntungan berawal dari mitos yang terdapat di negara Cina.

Tidak sedikit pecinta ikan hias di Taiwan pula menyangka ikan Louhan sebagai tanda-tanda datangnya keberuntungan. Apalagi, nama Louhan sendiri mempunyai makna sebagai dewa pelindung.

Melihat ketenaran ikan Louhan sebagai ikan pembawa hoki tersebut, bisa jadi membuat Kamu merasa tertarik buat menekuni lebih lanjut tentang ikan “jenong” ini.

Terlebih lagi yang memanglah mempunyai rencana buat memelihara ikan Louhan di rumah.


Metode Merawat Ikan Louhan

  • Ukuran Akuarium ataupun Tank

Ikan Louhan yang dipelihara sejak kecil, sebab perkembangan ikan, otomatis ukuran akuarium ataupun tank wajib selalu disesuaikan dengan ukuran sang ikan.

Buat ikan Louhan berukuran kecil, optimal sampai 12 centimeter, akuarium yang dianjurkan wajib berukuran 40x40x50 centimeter.

Sedangkan buat ikan Louhan yang berukuran besar, optimal sampai 28 centimeter, akuarium yang dianjurkan wajib berukuran mulai dari 80x40x50 centimeter sampai 100x40x50 centimeter.

“Pada intinya, yang penting dalam menjaga Louhan ada pada besar dari akuarium tersebut. Besar akuarium standarnya 45 hingga 50 centimeter.

Lebar pula selalu sama, 40 centimeter. Buat panjang akuariumnya tinggal membiasakan bergantung ukuran ikan,”.

  • Kualitas Air

Ikan Louhan memerlukan mutu air yang baik. Tidak cuma jernih, namun pula memerlukan isi oksigen terlarut yang baik.

Baca Juga:  Cara Menanam Kopi Robusta : Syarat Berkembang, Bibit, Lahan, Penanaman, Perawatan Dan Panen

Untuk itu, diperlukan aerator supaya isi oksigen terlarut yang diperlukan oleh ikan Louhan bisa terpenuhi dengan baik.

  • Perhatikan PH Air

Bila kamu menginginkan louhan dengan jenong yang besar dengan mencermati PH air pada aquariumnya. Pastikan buat memakai air dengan PH 7–8. Supaya akurat, kamu dapat memakai perlengkapan pengukur PH air.


  • Melindungi Kebersihan Aquarium

Walaupun telah dipasangi filter aquarium, bukan berarti kalian tidak penting membersihkannya lagi.

Tugas kalian berikutnya merupakan memantau filter aquarium biar selalu bekerja dengan baik dan mensterilkan lumut yang terdapat di dalam aquarium.

Tidak hanya itu pula kalian wajib mengubah air setiap 1 bulan sekali ataupun 1 bulan 2 kali, ataupun dapat pula lebih sering bila keadaan air aquarium dirasa telah sangat keruh.

Dalam mengganti air aquarium, kalian tidak perlu mengganti semua airnya, cukup ganti 1/4nya saja dari total seluruh volume air.

  • Jangan Pernah Memberikan Pakan Hidup

Tidak hanya itu perhatikan pakan yang kamu berikan buat louhan. Jangan pernah memberikan pakan hidup kepada Louhan.

Semacam udang, cacing tanah, serta ikan cere. Sebab ikan dapat terinfeksi parasite hexamita. Bila kamu mau memberikan pakan hewani, lebih yang telah dibekukan. Semacam memberikan cacing beku, udang beku, dll.

  • Teratur Memberikan Pakan

Jangan lupa buat memberikan pakan dengan teratur, ialah minimum 2x satu hari. Berikan pakan pada pagi dan sore hari.

Tidak hanya itu, tidak dianjurkan buat memberikan makan jangkrik secara kelewatan. Sebab bisa membuat corak ikan louhan berganti jadi lebih hitam. Pastikan supaya kaki serta kepalanya telah dihilangkan.

Cara Merawat Ikan Louhan


  • Mengajak Berinteraksi

Jangan lupa buat teratur mengajak ikan louhan berhubungan. Dan membuat louhan jadi lebih kasar. Ini ialah perihal penting bila kamu mau ikan louhan cepat jenong.

Banyak triknya yang bisa kamu lakukan supaya louhan ingin berhubungan dengan kamu ataupun lebih jadi lebih kasar.

  • Letakkan Pasir, Batu serta Tumbuhan Air

Ikan yang aktif pasti merupakan ikan yang merasa aman dengan lingkungannya, sehingga metode merawat ikan louhan dilihat dari tempat yang kamu berikan.

Taruh bermacam riasan buat memenuhi aquarium semacam pasir, bebatuan, dedaunan ataupun terumbu karang buatan.

Dengan aquarium yang lebih besar dari ukuran louhan, dan atmosfer yang mirip dengan habitat asli louhan, dapat menolong ikan hias ini buat aman dengan tempat tinggal barunya.

  • Cari Tahu Penyakit Pada Louhan

Ikan louhan sangat gampang terinfeksi dengan penyakit, kamu sebagai owner ikan louhan wajib mengenali bermacam penyakit yang dapat menginfeksi ikan hias ini.

Salah satu metode menjaga ikan louhan merupakan dengan melakukan penangkalan terhadap bermacam penyakit, penyakit semacam white spot sangat sering melanda louhan.

Baca Juga:  Budidaya Ikan Louhan Bagi Pemula Mudah (Panduan Lengkap)

White spot ialah penyakit yang diakibatkan adanya bercak putih pada sisik, bercak tersebut merupakan jenis jamur pada ikan.

Tidak cuma penyakit white spot, louhan pula dapat terserang penyakit bisul pada mulut.

Umumnya ditandai dengan cedera memerah pada mulut louhan, cedera ini berawal dari peradangan akibat jamur, pakan yang tidak sesuai, ataupun perkelahian.

Kala terjadi perihal ini, puasakan louhan sepanjang 3-4 hari buat tidak memperburuk cedera.


  • Cari Tahu Obat Buat Louhan

Bermacam obat yang bisa digunakan supaya louhan tidak gampang terkena penyakit merupakan obat-obatan antibiotik.

Obat antibiotik yang diartikan merupakan ciproflozatin, ialah antibiotik yang digunakan buat bermacam penyakit buat louhan.

Penyakit white spot pula dapat ditangani dengan obat ini. Berikan dosis sesuai dengan tingkat keparahan jamur pada ikan, untuk teteskan obat pada air ataupun dibalurkan langsung pada ikan.

Anti biotik berikutnya merupakan metronidazole, ialah obat buat mengobati penyakit peradangan sebab mikroorganisme ataupun jamur.

Nyaris seluruh penyakit yang melanda louhan bisa dipulihkan dengan metronidazole, sebab memanglah nyaris seluruh penyakit yang melanda louhan diakibatkan oleh jamur.

Dosis yang diberikan buat obat ini disesuaikan dengan tingkat keparahan yang melanda louhan.

  • Area yang Tenang

Metode menjaga ikan louhan yang terakhir merupakan membenarkan kalau lingkungan tempat tinggal louhan tidak bising.

Tempatkan aquarium pada ruangan yang umum semacam ruang tamu, ini sebab pada biasanya ruang tamu tidak seramai ruang televisi ataupun ruang keluarga yang jadi sarang tertawa serta bermain.

Memberikan atmosfer yang tenang serta tidak mengejutkan louhan dapat menolong ikan supaya tidak jadi ikan penakut.

Apabila sering kaget dengan suara teriakan ataupun suara bising yang lain, louhan hendak cenderung gampang kaget serta jadi penakut.

Upayakan pula tidak mendekati louhan dengan suara lantang ataupun mengetuk kaca aquarium dengan keras.

Louhan banyak diminati para pecinta ikan hias sebab keunikannya, corak sisik yang hidup dan tonjolan di kepala mereka membuatnya terus menjadi nampak berbeda dengan ikan hias yang lain.

Tetapi, bila tidak bisa memberikan perawatan dengan benar, maka keunggulan ikan louhan tersebut tidak hendak nampak. Terdapat baiknya perawatan disesuaikan dengan keadaan ikan louhan yang dipunyai.

Demikian ulasan mengenai Cara Merawat Ikan Louhan, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.

Manfaat Jahe

admin
3 min read

Manfaat Daun Sirsak

admin
3 min read

Manfaat Daun Katuk

admin
3 min read