Cara Merawat Ikan Cupang

2 min read

Cara Merawat Ikan Cupang

Cara Merawat Ikan Cupang – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Merawat Ikan Cupang.

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Merawat Ikan Cupang


Menjaga ikan cupang gampang-gampang susah. Ikan cupang jadi ikan hias yang banyak digemari pecinta ikan. Dengan perawatan yang baik, kalian pasti enggak selalu harus membeli ikan cupang sebab ikan mati.

Digolongan penggemar, ikan cupang biasanya dibagi atas 3 kelompok, ialah cupang hias, cupang aduan, serta cupang liar.

Ikan cupang ada yang dikenal dengan mouth breeder ialah ikan cupang yang mengerami telurnya di dalam mulut dan terdapat pula yang membangun sarangnya dengan busa ataupun bublle nest.

Ikan cupang ialah salah satu ikan yang kuat bertahan hidup dalam waktu lama sehingga apabila ikan tersebut ditempatkan di wadah dengan volume air sedikit serta tanpa adanya perlengkapan perputaran udara ataupun aerator, ikan ini masih bisa bertahan hidup.

Oleh sebab seperti itu ikan cupang banyak sekali digemari serta dipelihara oleh banyak golongan.


5 Fakta Menarik Tentang Ikan Cupang

Ada 5 fakta menarik tentang ikan cupang yang wajib diketahui oleh penggemar ikan hias jenis ini:

  • Cupang merupakan ikan dengan daya tahan yang mengagumkan
  • Warga Indonesia telah memahami jenis ikan cupang sejak tahun 50-an, ataupun hampir 70 tahun yang lalu
  • Penggemar cupang Indonesia mulai bereksperimen dengan ikan cupang di tahun 90-an, ialah dengan metode mengawinsilangkan jenis cupang parafin dengan cupang yang lain. Hasilnya merupakan ikan cupang hias yang mempunyai ekor serta corak lebih mentereng, dibandingkan cupang lainnya
  • Kontes ikan cupang jadi terkenal di pertengahan tahun 90-an
  • Indonesia diketahui mempunyai jenis cupang alam yang sangat banyak variasinya. Sampai saat ini terdapat 40 jenis cupang alam yang telah terdata.
Baca Juga:  16 Cara Budidaya Ikan Gabus Yang Paling Tepat

Metode Merawat Ekor Ikan Cupang

Ekor ikan cupang itu menawan. Penuh warna serta corak. Pola antara satu serta yang lain juga tidak pernah sama. Seperti itu yang membuat mereka begitu unik.

Sayangnya, ekor serta sirip ini relatif rapuh. Rentan terhadap berbagai sentuhan. Dapat rusak digerogoti jamur. Dapat robek digigiti ikan lain.

Ekor yang rusak memanglah dapat berkembang serta kembali seperti semula. Tetapi, dalam perihal ini, lebih gampang menghindari daripada membetulkan.

Jadi, inilah perihal yang wajib kalian ingat serta pratikkan supaya kesehatan serta kecantikan ekor betta fish terpelihara dengan baik.

  • Pilih Ukuran Wadah yang Pas

Ikan cupang bisa hidup di dalam akuarium berukuran apa saja, tetapi lebih baik memeliharanya dalam wadah kecil saja.

Seperti, berdiameter 20 x 15 x 15 centimeter. Kalian bisa meningkatkan batu-batu kecil ataupun tumbuhan palsu supaya nampak lebih bercorak.

  • Air buat Ikan Cupang

Menjaga ikan cupang sangat dianjurkan untuk memakai air tawar. Sebab, jenis air ini mempunyai ciri yang tidak jauh berbeda dengan habitat asli ikan cupang ialah, sawah serta rawa-rawa.

Tetapi, bila tidak ada air sumur kalian bisa memakai air PAM saja. Diamkan terlebih dulu air tersebut di ember saat sebelum memasukkan ikan.

Jauhi pemakaian kloramin serta klorin sebab beresiko buat ikan cupang.

Cara Merawat Ikan Cupang


  • Metode Menjaga Ikan Cupang Dilihat dari Volume Air

Apabila kalian memakai wadah ikan cupang tanpa penutup, hendaknya isilah air hampir 40% saja. Perihal ini bermanfaat buat menjauhi ikan cupang supaya tidak melompat keluar.

  • Makanan buat Ikan Cupang

Kala memberikan makan ikan cupang, hendaknya cukup Kamu menaburkannya ke dalam akuarium. Alasannya, ikan cupang sendiri lebih tertarik komsumsi makanan yang mengambang di atas permukaan air.

Baca Juga:  Budidaya Ikan Louhan Bagi Pemula Mudah (Panduan Lengkap)

Tidak hanya itu, dikala Kamu memberikan makanan cupang hendaknya dilakukan secara bertahap.

Tetapi, apabila makanan yang Kamu berikan sudah habis, maka berikan kembali dengan jumlah yang lebih sedikit dari yang awal.

Upayakan tidak memberikan makanan ikan cupang sangat banyak. Perihal ini sebab santapan yang tersisa bisa mengotori serta merangsang munculnya penyakit.

  • Rajin Mensterilkan Wadah

Metode menjaga ikan cupang selanjutnya yakni sering mensterilkan tempat ataupun wadah ikan cupang. Alasannya, wadah yang kotor bisa meningkatkan resiko kematian untuk ikan cupang.

Sehingga hendaknya bilas wadah cupang sedikitnya satu kali dalam seminggu. Perihal ini buat menghindari ikan cupang gampang mati.

  • Menjemur Ikan Cupang

Salah satu metode menjaga ikan cupang yang kerap dilewatkan yakni menjemur ikan cupang. Menjemur ikan cupang pula ialah salah satu kegiatan yang harus Kamu lakukan.

Perihal ini hendaknya dilakukan dengan tujuan supaya ikan lebih fresh sekaligus menewaskan kuman serta jamur yang biasa terjalin di akuarium.

Metode menjemur ikan cupang ialah letakkan akuarium Kamu di tempat dengan temperatur yang normal. Upayakan mencari temperatur yang tidak sangat panas ataupun sangat dingin.

Hendaknya metode ini dilakukan secara teratur supaya ikan cupang bisa bertahan hidup lebih lama.

Demikian ulasan mengenai Cara Merawat Ikan Cupang, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.

Manfaat Jahe

admin
3 min read

Manfaat Daun Sirsak

admin
3 min read

Manfaat Daun Katuk

admin
3 min read