Cara Merawat Hamster

5 min read

Cara Merawat Hamster

Cara Merawat Hamster – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Merawat Hamster.

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Merawat Hamster


Hamster merupakan hewan pengerat yang banyak dicari pencinta hewan buat dipelihara ataupun diternak.

Hewan yang menggemaskan ini sempurna buat anak- anak. Hamster identik dengan kartun animasi Jepang Hamtaro. Badannya kecil, imut, serta lembut buat dielus.

Jenis-jenis Hamster Ramah Rumah

Saat sebelum kalian mempelajari metode merawat hamster, ada baiknya bila kalian mengenali jenis mana yang baik buat dipelihara di rumah.

Alasannya, tidak semua hamster dapat hidup lama di dalam suatu bangunan tertutup. Ini disebabkan jumlah matahari serta udara terbuka langsung yang mereka butuhkan setiap harinya.

Nah, untuk kalian yang mau memelihara hewan imut serta lucu ini di rumah, berikut merupakan jenis hamster yang gampang dipelihara di rumah.

  • Hamster Winter White

Winter White merupakan salah satu jenis hamster kesukaan banyak orang. Tidak hanya sebab bulunya yang tebal serta halus, hamster yang satu ini dapat berganti warna bergantung cuaca disekitar kita.

Bulu hamster winter white bisa berubah dari abu-abu jadi coklat keemasan. Pergantian bulu ini diakibatkan oleh melamin rambut hamster yang dibekali dengan hormon prolaktin serta genetik.

  • Hamster Syrian Long/Short Hair

Mau memelihara hamster dengan ukuran yang lebih besar?

    • Pilih hamster Syrian.

Tidak hanya ukurannya yang besar, hamster Syrian pula lebih dapat menyesuaikan diri di area tertutup sehingga lebih panjang usia apabila dipelihara di rumah.

Keunggulan hamster Syrian yang lain merupakan sifatnya yang jinak, gampang dipegang, serta tidak gampang tekanan pikiran.

  • Hamster White Face Roborovski

Apabila kalian tidak menginginkan hamster berukuran besar tetapi kebalikannya, Roborovski berwarna putih ini sesuai buat kalian pelihara!

Hamster kesayangan banyak orang ini sangat lincah serta memerlukan tempat bermain di dalam kandangnya.

Hamster White Face Roborovski mempunyai bulu tebal dengan warna yang tidak begitu banyak, tetapi selalu nampak lucu sebab pipinya yang besar.

Tetapi, buat kalian yang mau memelihara jenis hamster yang satu ini, kalian wajib rela tidak mengelus ataupun memegangnya sangat sering.

Hamster Roborovski cepat terkena tekanan pikiran apabila ditaruh di tempat kecil, jadi pastikan kandangnya luas, ya!

  • Hamster Campbell

Jenis hamster terakhir yang ramah rumah merupakan hamster Campbell. Hamster Campbell ialah jenis yang sangat kerap ditemui di pasaran sebab budidayanya yang telah meluas.

Beberapa aspek yang menunjang kenyataan di atas merupakan jenisnya yang gampang berkembangbiak serta penjaannya yang gampang.

Hamster Campbell tidak semanja yang lainnya. Apalagi, apabila merasa terancam, hamster ini dapat menggigit serta setelah itu bersembunyi untuk waktu yang lama.


Metode Menjaga Hamster

  • Memelihara hamster di kandang yang tepat

Hamster ialah hewan peliharaan yang harus mempunyai kandang. Untuk memilih kandang hamster, biasanya berukuran 0.23 m persegi ataupun kandang berukuran 61 x 38 sentimeter.

Kandang hamster yang beragam dapat kamu temui di toko peralatan hewan. Tetapi, akuarium berbahan kaca pula dapat digunakan sebagai kandang hamster.

Cuma saja, akuarium ini tidak mempunyai ventilasi udara sebaik kandang biasa, sehingga pastikan bagian atas akuarium dibuat dari jaring kawat supaya udara dapat masuk serta mengalir dengan baik.

Baca Juga:  Langkah Sukses Cara Budidaya Bunga Lavender

Yang butuh jadi catatan, bila kamu memakai kandang hamster biasa, terkadang hamster suka menggigit jeruji kandang sehingga membuat bagian moncongnya terluka.

Bila permasalahannya demikian, kamu lebih diajarkan memakai kandang akuarium ataupun kandang tanpa jeruji yang lain.

Jangan lupa buat memasukkan beberapa mainan hamster semacam roda putar supaya hamster bisa aktif bergerak serta tidak stress.

  • Letakkan kandang di tempat aman

Metode memelihara hamster yang tidak kalah penting merupakan menaruhnya di tempat yang pas. Jangan menyimpan kandang hamster di zona yang terserang cahaya matahari langsung sebab bisa membahayakan.

Tidak hanya itu, simpan kandang hamster jauh dari jangkauan hewan lain yang lebih besar, semacam kucing ataupun anjing.

Sering kali sebab kelalaian, hamster kesimpulannya dimakan oleh kucing ataupun hamster jadi tekanan pikiran sebab diganggu oleh kucing dari luar kandang.

  • Pastikan hamster tidak dapat kabur dari kandang

Fungsi kandang tidak hanya buat melindungi tentu saja biar hamster tidak kabur. Metode memelihara hamster ini penting buat dicermati sebab tidak sedikit peristiwa hamster lenyap sebab kabur.

Perlu kamu tahu, hamster merupakan hewan yang pintar dalam urusan melarikan diri, mereka bisa mencari metode sedemikian rupa serta terus belajar dari peluang-peluang melarikan diri dari kandang.

Untuk itu, pastikan seluruh lubang bukaan semacam pintu pada kandang benar benar terkunci serta tidak ada bagian kandang yang longgar ataupun dapat dibuka oleh hamster.

Apabila kamu mengenakan kandang dengan bilik kawat, maka pastikan celah kawat tidak dapat dilalui hamster ialah tidak lebih dari 0.7 sentimeter.

Bila kamu memakai kandang tanpa tutup, pastikan kandang lumayan besar sebab hamster bisa belajar meloncat keluar kandang buat kabur.

Cara Merawat Hamster


  • Jangan asal menggabungkan hamster dalam satu kandang

Ini ialah metode memelihara hamster yang harus kamu tahu. Buat menjaga hamster dengan benar, kamu wajib menguasai naluri territorial hamster. Naluri territorial hamster umumnya berbeda bersumber pada jenisnya.

Misal, buat metode menjaga hamster Syrian yang benar merupakan dengan menempatkannya satu ekor perkandang.

Hamster Syrian mempunyai naluri territorial yang kuat umumnya setelah merambah umur 5 sampai 8 minggu.

Dia hendak berkelahi dengan hamster yang lain hingga mati buat memperoleh tempat sendiri di dalam kandang.

Berbeda dengan hamster kecil semacam Winter White, Campbell, ataupun Roborovski. Hamster-hamster jenis ini perkandangnya bisa diisi lebih dari satu hamster.

Dengan catatan, mereka harus telah akrab dengan satu sama lain, misalnya sudah satu kandang sejak lahir ataupun memanglah bersaudara.

Perihal lain yang perlu kamu tahu dalam metode memelihara hamster merupakan jangan kawinkan hamster dengan jenis berbeda.

Serta pendamping hamster tidak boleh ditempatkan dalam satu kandang karena dapat saling melukai, khususnya bila telah memperlihatkan ciri-ciri hamster berbadan dua.

  • Berikan alas kandang yang tepat

Alas kandang hamster pula wajib disiapkan dengan ketebalan 7.6 sentimeter. Serutan kayu pinus ataupun cedar hendaknya jangan digunakan sebab dapat menimbulkan kendala kesehatan semacam kendala respirasi serta permasalahan yang lain.

Pilih serutan kayu aspen yang tidak memiliki minyak beresiko untuk metode memelihara hamster yang baik.

Tidak hanya itu, jangan pula pakai kapas serta tisu wc sebab dapat beresiko semacam melilit kaki hamster sehingga membatasi aliran darah serta tidak dapat di cerna sehingga dapat menewaskan hamster kamu.


  • Berikan Makanan Setiap hari

Seperti yang wajib dilakukan dalam metode ternak kelinci anggora, sajikan makanan lumayan buat hamster setiap hari.

Untuk hamster suria dapat diberikan hampir 15gr makanan setiap hari serta pastikan santapan selalu dalam kondisi fresh.

Hamster pula ialah hewan yang bahagia menimbun makanannya sehingga selalu mempunyai tempat rahasia buat menaruh makanan.

Tetapi bila santapan tersebut kamu buang, maka dapat membuat hamster tertekan. buat mencegah perihal ini.

Pastikan kamu selalu memberikan santapan fresh setiap hari serta buang timbunan makanan lama kemudian ubah dengan meletakkan santapan baru pada tempat sama dengan tempat timbunan makanan hamster.

Baca Juga:  √ Ilmu Cara Ternak Hamster Agar Berhasil (Panduan Lengkap)

Sebaliknya buat tempat santapan hamster, pakai wadah yang dibuat dari logam ataupun tembikar karena hamster ialah hewan yang bahagia menggigit ataupun mengunyah tempat makanan yang dibuat dari plastik.

  • Siapkan Air Bersih Buat Hamster

Berbeda dengan metode menjaga kelinci anggora, kala lagi minum, hamster tidak sangat memerlukan banyak air tetapi selalu penting buat sediakan air tiap saat karena hamster dapat merasa haus kapan saja.

Jangan letakkan air pada tempat santapan karena dapat membuat kotor serta sangat dibenci hamster. Hendaknya pakai botol air ataupun dispenser air serta ganti tiap hari dengan air fresh.

  • Gunakan Pelet Dengan Isi Gizi Seimbang

Pastikan kamu memberikan pelet dengan isi gizi yang balance ataupun pelet berupa dadu sebagai santapan hamster.

Apabila diberikan makanan kombinasi biji-bijian, maka hamster hendak lebih memilih biji-bijian sebab lebih lezat akan namun tidak memiliki nutrisi yang lumayan.

Berikan pelet ataupun pelet berupa dadu sebagai santapan utama hamster serta campur dengan sedikit biji-bijian sebagai tambahan.

Pastikan hamster makan pelet terlebih dulu dalam jumlah pas baru gabungkan dengan biji-bijian.


  • Jauhi Memberikan Makanan Manusia

Terdapat beberapa makanan manusia yang tidak boleh diberikan pada hamster semacam permen, daging mentah termasuk ikan, pasta, gula serta pula es krim khususnya untuk metode menjaga balita hamster yang baru lahir.

Makanan manusia umumnya memiliki gula sehingga dapat pengaruhi kesehatan hamster serta wajib dihindari.

  • Berikan Kemilan Pada Hamster

Kemilan pula wajib diberikan teratur pada hamster sebanyak 2 hingga 3 kali seminggu.

Beberapa jenis kemilan kesukaan hamster antara lain merupakan mentimun, wortel, pisang, apel, selada, paprika, daun kubis, seledri, sawi collard serta beberapa jenis sayuran dan buah buahan lain.

Yang pula baik dilakukan dalam metode buat beternak kelinci. Beberapa jneis santapan ini pula dapat diberikan sebagai santapan setiap hari hamster.

Sebaliknya kemilan buat hamster lain dapat dibeli di toko hewan semacam keripik yogurt, coklat buat hamster serta pula potongan kayu kunyah yang sangat disukai hamster.

Sebaliknya beberapa jenis santapan yang wajib dihindari antara lain merupakan kacang almond, bawang bombai, kentang, buncis, buah buahan berbiji, lokio, alpukat daun bawang, terong, sayuran rempah, daun bawang, bawang putih, kol bundar, tomat serta buah buahan tipe jeruk.

  • Memandikan hamster dengan pasir

Hamster hendaknya tidak dimandikan dengan air sebab mereka sangat rentan terhadap kelembaban.

Walaupun begitu, mereka selalu perlu dimandikan dengan pasir mandi (bathing sand). Pasir mandi mempunyai butiran yang amat halus serta lembut dan mempunyai aroma yang fresh.

Tidak cuma mensterilkan hamster, pasir mandi ini pula berperan buat melenyapkan bau tidak nikmat serta membuat bulu hamster lebih lembut.

Kamu bisa memandikannya dengan metode menuangkan pasir mandi pada suatu wadah serta membiarkan hamster bermain di atas pasir selama beberapa menit.

  • Jangan menjemur hamster di dasar cahaya matahari

Pada dasarnya, hamster merupakan hewan nokturnal alias aktif pada malam hari serta tidur pada siang hari sehingga mereka tidak memerlukan sangat banyak paparan cahaya matahari.

Oleh sebab itu, hamster hendaknya tidak dijemur serta dianjurkan buat menempatkan hamster pada tempat yang teduh.

Oh ya, terdapat baiknya buat menempatkan hamster di tempat yang tenang, ya. Sebab tempat yang sangat ramai serta bising hendak membuat hamster tersendat serta tidak bisa beraktifitas dengan aman.

Demikian ulasan mengenai Cara Merawat Hamster, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.