Cara Merawat Bunga Mawar

3 min read

Cara Merawat Bunga Mawar

Cara Merawat Bunga Mawar – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Merawat Bunga Mawar.

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Merawat Bunga Mawar


Mawar merupakan salah satu jenis bunga yang sangat terkenal serta dikenal oleh banyak orang. Dengan bermacam corak serta aroma khas oleh mawar membuat bunga ini sangat disukai oleh banyak orang.

Tidak hanya warna mawar yang indah serta aroma khas yang dihasilkan mawar disukai sebab gampang dalam perihal penanaman sampai merawatnya.

Bunga mawar bisa berkembang di berbagai wilayah dengan temperatur yang panas maupun dingin.

Tidak hanya sebagai simbol kasih sayang tumbuhan satu ini pula bisa dimanfaatkan sebagai tumbuhan hiasan di dalam ruang ataupun di taman.

Berikut merupakan panduan gimana supaya keadaan serta perkembangan bunga mawar terpelihara.


Metode Menjaga Bunga Mawar

Langkah–langkah yang perlu dilakukan dalam pemeliharaan tumbuhan bunga mawar, mencakup penyiraman, pemupukan, aplikasi ZPT serta sampai pemangkasan.

  • Penyiraman Tanaman

Perihal utama yang perlu dilakukan dalam budidaya floris, termasuk bunga mawar, merupakan proses penyiraman.

Tidak hanya merupakan sumber kebutuhan utama untuk proses biologis tanaman, penyiraman pula berfungsi penting buat memesatkan larutnya faktor hara yang hendak diserap oleh pangkal mawar serta pula mengendalikan keadaan udara sekitar.

Sama seperti mayoritas tumbuhan bunga lain, rutinitas penyiraman dilakukan 2 kali satu hari, ialah pagi (antara jam 7-9) serta sore hari (antara jam 4-6).

Jumlah air yang dikucurkan ataupun dialirkan tergantung tingkatan kebasahan tanah serta pula usia tumbuhan mawar tersebut.

Dikala masa hujan, aktivitas penyiraman dilakukan membiasakan kondisi, paling utama bunga mawar yang ditanam langsung di pekarangan (halaman).

Pastikan air yang digunakan buat menyiram merupakan air bersih. Kamu pula bisa menggunakan air sisa cucian beras dikala menanak nasi.

Baca Juga:  Kandungan Buah Bit Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Air cucian beras tersebut sanggup meningkatkan kesuburan biologis tanah di dekat area tempat bunga mawar berkembang.

Jangan menyiram tumbuhan mawar sampai airnya menggenang pada pot ataupun wadahnya. Metode menyiramnya ialah lewat bagian tanah.

Daun bunga mawar ini betul-betul rawan kering apabila terkena air. Mawar yang kerap disiram lewat daun-daunnya hendak lebih rentan terkena jamur.


  • Penyiangan serta Pengendalian Gulma

Tumbuhan mawar hendak cepat berbunga bila konsumsi nutrisinya tercukupi. Oleh sebab itu, kita wajib sesering mungkin memberantas berbagai tumbuhan pengganggu (gulma) yang berkembang di dekat area tumbuhan mawar.

Tumbuhan gulma, semacam rumput serta perdu wajib dicabut sampai ke akar-akarnya supaya tidak berkompetisi kurangi jatah nutrisi yang diserap oleh bunga mawar.

Aktivitas penyiangan ini dapat dilakukan 3 hari ataupun seminggu sekali, serta hendaknya diterapkan saat sebelum kamu berikan pupuk pada tumbuhan mawar kamu.

  • Pemupukan Bunga Mawar

Pemupukan merupakan proses membetulkan kualitas tumbuhan dengan memberikan tambahan bermacam-macam faktor hara, baik lewat tanah ataupun langsung dengan penyemprotan.

Aktivitas pemupukan hendaknya dilakukan sehabis gulma serta tumbuhan parasit yang lain dibersihkan.

Pemupukan bunga mawar bisa dilakukan tiap 2 minggu sekali dengan memakai jenis pupuk majemuk berbentuk NPK Mutiara dengan dosis 20 butir pertumbuhan.

Pupuk NPK Mutiara ialah salah satu jenis pupuk majemuk yang memiliki 5 faktor hara mikro serta makro.

Faktor hara yang termsduk meliputi faktor nitrogen (16%), posfor (16%), magnesium (0,5%), kalsium (6%) serta kalium (16%).

Tidak hanya bisa menolong tumbuhan untuk memicu pembungaan, juga bisa meningkatkan kesuburan perkembangan daun serta imunitas tumbuhan terhadap penyakit.

Cara Merawat Bunga Mawar


  • Rajin Memangkas Batang serta Daun

Tidak hanya metode menyirami mawar yang benar, metode menjaga bunga mawar seperti, memangkas daun serta batang itu pula penting.

Kenyataannya banyak orang mengeluhkan tumbuhan mawar miliknya tidak tumbuh dengan baik tetapi tidak menyadari jika belum melakukan pemangkasan secara teratur.

Tumbuhan bunga mawar yang sangat banyak dahan, ranting serta daun umumnya perkembangan bunganya jadi lebih lambat ataupun cuma berbunga sedikit saja.

Sebab hasil fotosintesisnya cuma digunakan buat perkembangan dahan ranting serta daunya saja, sehingga perkembangan mawarnya jadi terhambat.

Oleh akrena itu, kalian wajib selalu rajin melakukan pemangkasan minimun 2 minggu sekali.

  • Intensitas Cahaya Matahari yang Cukup

Sama dengan tumbuhan yang lain tumbuhan mawar pula memerlukan cahaya matahari buat melaukan fotosintesis yang berperan buat menciptakan zat makanan untuk tumbuhan.

Baca Juga:  Cara Budidaya Timun Jepang Dan Syarat Tumbuhnya

Waktu yang sangat dianjurkan buat menjemur tumbuhan ini merupakan pada jam 6-10 pagi.

Seringnya untuk petani yang membudidayakan tumbuhan ini umumnya memasang jarring-jaring di atas tumbuhan ini supaya intensitas sinar matahari yang diterima paling utama pada saat siang hari tidak sangat banyak.

  • Berikan ZPT Semacam Atonik ataupun Gandasil B

Salah satu metode agar tumbuhan bunga mawar bisa berbunga dengan cepat serta rimbun ialah dengan metode memberikan ZPT.

ZPT ialah zat perangsang yang hendak menolong proses pembungaan lebih cepat. Kamu dapat memakai ZPT jenis pupuk gandasil B.

Pupuk ini umumnya digunakan untuk menggandakan hasil bunga. Didalamnya memiliki kalium yang sangat besar.

Kalium inilah yang hendak memicu bunga mawar melakukan proses pembungaan lebih cepat. Oleh sebab itu banyak petani bunga mawar yang memakai ZPT ini.

Pengendalian Penyakit serta Hama

Proses perawatan bunga mawar yang terakhir merupakan pengendalian dari penyakit serta hama. Bunga mawar ialah salah satu tumbuhan yang sangat gampang terkena hama penyakit.

Bila bunga mawar terkena penyakit ataupun hama, maka perkembangan serta proses pembungaannya terhambat.

Jadi bila terdapat bagian tumbuhan yang terserang hama penyakit kamu harus langsung menghilangkannya.

Kala Kamu melihat daun bunga mawar yang bolong-bolong, Kamu dapat menyemprotkan insektisida ataupun toksin penghilang serangga.

Bila Kamu melihat tumbuhan mawar yang cepat layu meski telah disiram secara teratur, Kamu dapat menyiramkan fungisida, untuk menewaskan seluruh jamur pengganggu.

Namun bila tidak ada kendala sama sekali, Kamu tidak perlu menyiramkan pestisida ataupun fungisida.

Demikian ulasan mengenai Cara Merawat Bunga Mawar, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.