Cara Merawat Bunga Anggrek

2 min read

Cara Merawat Bunga Anggrek

Cara Merawat Bunga Anggrek – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Merawat Bunga Anggrek.

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Merawat Bunga Anggrek


Anggrek merupakan tumbuhan hias yang sangat umum ditanam. Terdapat banyak jeis anggrek serta macam warna, yang buatnya nampak menawan apabila ada di kebun rumah.

Kalian dapat mempunyai bunga anggrek yang berkembang merekah serta fresh dengan tata cara penanaman yang pas.

Selama anggrek yang ditanam mempunyai keadaan perkembangan yang pas, tidak susah buat belajar metode menjaga tumbuhan anggrek.

Penting buat mengenali beberapa perihal tentang tumbuhan anggrek:

  • Setiap anggrek mempunyai kelopak yang menjulur membentuk 3 kelopak kembang serta 3 sepal (helai kelopak bunga), beberapa menyatu bersama
  • Setiap anggrek sudah berevolusi buat menarik penyerbuk tertentu, perihal ini menimbulkan penampilan anggrek jadi sangat beragam

Sebagian besar anggrek dijual dalam wujud tumbuhan, sehingga kalian cuma perlu memindahkan tumbuhan anggrek yang dibeli ke dalam pot di rumah.


Panduan Menjaga Anggrek

Nah, jika mau bunga anggrek berbunga banyak, simak beberapa panduan berikut ini:

  • Tempat yang Ideal

Kalian wajib membuat rumah anggrek yang sehat serta aman. Taruh anggrek di rumah lindung yang mempunyai kelembapan serta intensitas sinar sempurna. Buat anggrek, sinar yang didapatkan wajib berkisar antara 50-70%.

Atap rumah anggrek wajib terbuat dari paranet supaya kriteria sinar yang masuk bisa terpenuhi. Tidak hanya itu, kalian pula mesti rajin mensterilkan rumah anggrek.

Baca Juga:  Cara Merawat Bunga Melati

Bersihkanlah daun-daun serta sampah yang berceceran di sekitarnya.

  • Sajikan Media Tanam yang Cocok

Media tanam bunga anggrek pula ada aturannya. Media tanam wajib tersusun 2 sisi supaya bunga anggrek nampak sehat serta berbunga banyak.

Lapisan tersebut terdiri dari, potongan batu bata yang mengisi 1/3 sisi dasar serta pakis mengisi 2/3 sisanya.

Setelah itu, wujud pot yang dipakai wajib dibuat dari tanah liat. Ketentuan ini mutlak agar dapat membuat anggrek jadi produktif serta selalu tumbuh tunas baru yang lebih baik.

Jangan lupa pilih pot tanah liat yang mempunyai lubang supaya sirkulasinya mudah.

  • Berikan Cahaya Matahari

Tumbuhan anggrek membutuhkan cahaya matahari buat menunjang pertumbuhannya. Kamu dapat menempatkan bunga anggrek pada area yang tidak terserang cahaya mathaari langsung.

Dengan mengendalikan seberapa terik cahaya matahari yang mengenai tumbuhan, maka tumbuhan anggrek tidak hendak menghadapi permasalahan baik dalam perkembangan ataupun pemberian hasil berbentuk tampilan yang menarik.

  • Lampu Ruangan

Buat melindungi keelokan bunga anggrek, beberapa orang memilah buat melakukan repotting ataupun pemindahan pot ke pot kaca ataupun pot plastik dengan diameter yang lebih besar dan pot yang bersih.

Umumnya, mereka pula memindahkan pot tersebut ke dalam rumah. Permasalahannya, tumbuhan anggrek senantiasa memerlukan konsumsi cahaya matahari.

Oleh karena itu, buat mencegahnya, belilah lampu ruangan supaya anggrek senantiasa terkena sinar.

Cara Merawat Bunga Anggrek


  • Berikan Pupuk

Pupuk hendak melindungi tumbuhan selalu sehat serta berkembang secara maksimal. Pemberian pupuk anggrek tidak boleh sembarangan, takaran serta jenis pupuk yang diberikan haruslah sesuai dengan keadaan tumbuhan.

Untuk permasalahan ini, lebih baik Kamu tanyakan langsung ke mereka yang pakar ataupun ke toko pertanian tempat Kamu membeli pupuk maupun bibit anggrek.

  • Menambahkan Zat Pemicu Pertumbuhan

Apabila kalian mau bunga anggrek mekar lebih cepat serta banyak, kalian membutuhkan ZPT ataupun hormon gibrelin.

Baca Juga:  Tanaman Rimbang

ZPT ataupun hormon gibrelin sanggup memicu sel perkembangan di dalam tangkai serta pangkal anggrek.

Pakai secara tradisional, ialah dengan menyemprotkannya pada bagian luar anggrek serta media tanam, Buat hasil yang lebih baik, kalian dapat manambahkan air kelapa sebanyak 150 ml ke dalam ZPT.

  • Berikan Obat Antihama

Penting hukumnya untuk kita buat senantiasa mengecek bunga anggrek di depan ataupun belakang rumah.

Alasannya, tidak cuma anggrek yang hendak berkembang pada pot bunga, namun pula tumbuhan hama. Berantas tumbuhan pengganggu tersebut sesering mungkin.

Semprotkan pestisida berdosis ringan buat mengusir hama serangga. Pestisida pula dapat berlaku sebagai obat antijamur.

  • Dekatkan dengan Sumber Air

Bunga anggrek berkembang lebih baik apabila diletakkan dekat dengan sumber air, semacam kolam ikan ataupun kolam air mancur rumah.

Wilayah dekat kolam yang lembab ialah habitat bunga anggrek sangat sempurna. Apabila kalian tidak mempunyai kolam, pasanglah sprinkler otomatis pas di tengah halaman.

Air yang keluar dari sprinkler tidak perlu memegang anggrek, cukup membasahi rumput serta tanah di sekitarnya saja.

Demikian ulasan mengenai Cara Merawat Bunga Anggrek, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih