Cara Mengatasi Hama Dan Penyakit Pada Jambu Madu

3 min read

Cara Mengatasi Hama Dan Penyakit Pada Jambu Madu

Cara Mengatasi Hama Dan Penyakit Pada Jambu Madu – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Mengatasi Hama Dan Penyakit Pada Jambu Madu.

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Mengatasi Hama Dan Penyakit Pada Jambu Madu


Jambu air merupakan salah satu buah yang jadi favorit untuk warga, rasanya yang manis lagi fresh sangat lezat dinikmati kala cuaca panas.

Tetapi kasus yang kerap terjadi merupakan tumbuhan ini sangat rentan terkena hama penyakit, khususnya pada bagian daun.

Kemudian gimana metode membasmi hama pada daun jambu air? Pasti tiap jenis ataupun tipe hama mempunyai tata cara tertentu buat dimusnahkan.

Supaya Kamu tidak bimbang ataupun salah langkah, berikut hendak kami berikan beberapa tekniknya beserta dengan tipe hama yang wajib ditangani pada jambu air. Silahkan menyimak.


Metode Membasmi Hama Pada Daun Jambu Air

Banyak sekali hama yang melanda daun jambu air, antara lain hama ulat kupu-kupu gajah, kutu perisai hijau, benalu, serta banyak lagi yang lain.

Berikut merupakan metode membasmi hama pada daun jambu air bersumber pada tipe hama yang menyerangnya.

  • Ulat kupu-kupu gajah

Hama ulat kupu-kupu gajah hendak meletakkan telurnya pada tepi daun jambu air.

Kala telur telah menetas serta jadi ulat, maka ulat tersebutkah yang hendak memakan dedaunan buat sumber ataupun cadangan makanannya nanti kala jadi kepompong.

Bila tidak lekas ditangani, maka lama kelamaan daun jambu air tersebut hendak menguning, mengkerut, serta mati. Kepompong dari ulat ini umumnya hendak bergelantungan pada tepi-tepi daun.

Ada pula karakteristik dari ulat gajah pemakan daun jambu air ini merupakan berbadan besar serta empuk dikala dijamah, corak kulitnya hijau ataupun kebiruan dengan panjang kurang lebih 12 centimeter.

Metode penanggulangan:

Buat menanggulangi hama ini, Kamu bisa mengumpulkan telur kupu-kupu, ulat, ataupun kepompongnya kemudian dijadikan satu serta terbakar.

Baca Juga:  Manfaat Pare Belut

Bila hama ulat kupu-kupu ini sudah menyebar luas serta nyaris memakan setengah dari daun tumbuhan jambu air, maka pemakaian pestisida merupakan langkah yang pas buat menanggulangi serbuan ulat kupu-kupu ini.

  • Kutu Perisai Hijau

Kutu perisai hijau mempunyai ukuran mini ialah dekat 3–5 milimeter saja, sehingga pada awal serbuan tidak hendak terlihat.

Baru kala kita memandang bintik bercorak gelap secara masif pada permukaan dasar daun jambu air, kita baru menyadari bila tumbuhan jambu air sudah terkena oleh hama bercorak hijau kemerahan ini.

Metode Penanggulangan:

Salah satu metode yang bisa diterapkan dalam membasmi hama kutu perisai hijau merupakan dengan memperkenalkan musuh alaminya, ialah kepik yang hendak memangsa hama tersebut.

Tetapi kala masa penghujan datang, Kamu tidak perlu takut sebab kedatangan hama ini hendak sirna dengan sendirinya oleh serbuan bermacam cendawan.


  • Benalu

Benalu merupakan salah satu tipe hama yang merepotkan, sebab kehadirannya hendak menghirup sari-sari makanan secara langsung lewat daun sampai batang yang dihinggapinya.

Bila terlambat dalam menanggulangi hama yang satu ini, dapat ditentukan kalau tumbuhan jambu air Kamu hendak tersendat pertumbuhannya sampai menimbulkan mati kering.

Metode Penanggulangan:

Buat menghilangkan hama benalu ini Kamu wajib rajin-rajin mensterilkan tumbuhan jambu air serta memastikannya bebas dari cengkeraman benalu.

  • Megatrioza vitiensis

Hama ini berbentuk kutu putih yang kerap kali melanda daun jambu air buat menghirup santapan di dalamnya.

Indikasi yang mencuat dari serbuan ini merupakan daun muda ataupun tunas baru hendak berkembang bergelombang sampai membekas hingga tua.

Kutu putih ini hendak menciptakan embun madu yang bisa menarik atensi semut serta bebrapa cendawan yang lain.

Akibat yang ditimbulkan dapat bermacam-macam semacam tumbuhan berkembang kerdil serta terhambat perkembanganya.

Metode Penanggulangan:

Bila mengenali tumbuhan jambu air Kamu sudah terkena penyakit ini, maka hendaknya Kamu lekas memusnahkan daun dan tunas dengan metode memangkas serta membakarnya.

Berikan pula insektisida sistemik buat menghindari tumbuhan jambu air terkena kutu putih kembali.

  • Ulat Pemakan Daun

Tipe ulat yang sering memakan daun jambu air serta menyebabkannya berlubang-lubang merupakan ulat pagoda serta ulat kepala bagong.

Baca Juga:  Pupuk TSP Yang Sangat Bermanfaat Bagi Tanaman

Kedua hama ini terkenal rakus serta hendak menghabiskan daun jambu air tanpa sisa bila tidak lekas dibasmi.

Dampaknya pasti saja berakibat kurang baik pada tanaman, jambu air hendak susah berbuah apalagi dapat mati oleh serbuan hama ini.

Metode Penaggulangan:

Metode menanggulangi hama ini merupakan memangkasi daun yang telah terkena hama dan tidak membiarkannya tumbuh lagi dengan sangat lebat.

Jangan lupa buat menyemprotkan pestisida supaya hama ulat pemakan daun tidak kembali lagi.

Cara Mengatasi Hama Dan Penyakit Pada Jambu Madu


  • Antraknosa

Kedatangan penyakit ini pada daun diisyarati dengan terdapatnya bintik-bintik bercorak coklat kehitaman yang melanda daun tua.

Akibat serbuan yang ditimbulkan merupakan buah-buah yang jadi busuk kemudian berjatuhan, setelah itu tunas-tunas muda hendak lekas kering serta mati.

Pemicu timbulnya penyakit ini merupakan cendawan Collectotrichum gloeosporioides Penz.

Metode Penanggulangan:

Dengan metode memotong ataupun memusnahkan bagian badan tumbuhan yang telah terkena penyakit ini.

Tidak hanya itu, metode lain yang bisa diterapkan merupakan dengan menyemprot fungisida tipe Dhitan M-45 ataupun dapat pula dengan Vigran Blue cocok dosis dan petunjuk yang telah tertera pada kemasan.

  • Embun Jelaga

Dari namanya bisa kita simpulkan kalau penampakan penyakit yang melanda daun jambu air ini merupakan permukaan daun jambu air yang tertutup oleh semacam bintik bercorak gelap.

Pemicu utama dari timbulnya penyakit ini merupakan kapang Capnodium sp.

Metode Penangulangan:

Pengendalian penyakit ini bisa dicoba dengan metode menyemprotkan pestisida serta memotong ataupun memangkas bagian daun yang terkena, perihal ini terpaksa dilakukan supaya penyebaran penyakit tidak terjadi.

Disamping itu, terdapat baiknya pula buat lekas membakar daun serta bagian tumbuhan jambu air yang sudah dipangkas tersebut supaya penyakitnya lekas mati.

Demikian ulasan mengenai Cara Mengatasi Hama Dan Penyakit Pada Jambu Madu, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.

Bunga Tulip Di Indonesia

admin
3 min read

Cara Menanam Lengkuas

admin
3 min read

Manfaat Pare Belut

admin
2 min read