Menanam Semangka di Polybag Untuk Pemula (Panduan Sukses)

2 min read

Menanam Semangka di Polybag Untuk Pemula (Panduan Sukses)

Menanam Semangka di Polybag Untuk Pemula (Panduan Sukses) – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Menanam Semangka di Polybag Untuk Pemula.

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Menanam Semangka di Polybag Untuk Pemula (Panduan Sukses)


Semangka merupakan buah kaya air bercorak merah ini tentu telah tidak asing lagi. Buah yang menyegarkan serta kaya vit itu kerap digunakan bagaikan pencuci mulut sehabis makan.

Metode menanam semangka tidak sangat susah. Asalkan Kamu tekun, bukan tidak bisa jadi tumbuhan semangka berbuah melimpah. Tumbuhan semangka ialah salah satu tumbuhan yang terkenal.

Salah satu metode yang lagi incar digunakan merupakan dengan memakai media pot ataupun polybag. Metode menanam buah semangka dalam media pot ataupun polybag sangat gampang dicoba.

Dengan menanam tumbuhan dalam media ini hendak lebih mempermudah Kamu dalam melaksanakan perawatan, pengawasan, serta pengontrolan.

Keuntungan lain media pot ataupun polybag tidak sangat makan tempat. Sangat cocok Kamu letakkan di taman balik rumah, teras depan, apalagi di gudang yang tidak terpakai.

Tidak hanya itu, kalian pula wajib mempersiapkan tanah gembur yang telah dicampur dengan pupuk kandang. Tanah ini dapat kalian miliki dari dasar tumbuhan ataupun sisa pembakaran.

Perbandingan pencampuran tanah yang digunakan yakni sebanyak 1: 1. Bila tanah sudah tercampur, diamkan dahulu kurang lebih satu minggu supaya siap digunakan.


Langkah Menanam Semangka di Polybag

Perlengkapan serta bahan yang butuh kita siapkan merupakan sebagai berikut:

  • Bibit semangka
  • Tanah berhumus
  • Pupuk kompos/ pupuk kandang/
  • Arang sekam
  • Batang bambu buat ajir/ penyangga
  • Polybag
  • Fungisida
Baca Juga:  Cara Menanam Labu Kuning Untuk Pemula (sukses)

Pemilihan Bibit

Pemilihan bibit yang bermutu sangat berarti dilakukan untuk menciptakan tumbuhan bermutu serta berbuah rimbun.

Benih ataupun bibit semangka yang bagus bisa beli di toko pertanian dengan varietas yang bermacam- macam. Benih wajib sehat, bercorak gelap mengkilap ataupun kecoklatan, tidak terserang hama serta tidak abnormal.

Berikutnya sehabis kita menemukan bibit yang kita seleksi setelah itu rendam bibit dengan fungisida sepanjang kurang lebih 24 jam.

Banyaknya bibit yang kita rendam bergantung seberapa banyak kita ingin menanam semangka. Waktu perendaman merupakan satu hari saat sebelum tanam.

Tujuan dari perendaman merupakan supaya semangka yang kita tanam tidak gampang terkena hama serta penyakit paling utama yang diakibatkan oleh jamur.

Pengelolahan Media Tanam

Sehabis bibit kita siapkan, berikutnya kita ke langkah selanjutnya ialah pengolahan media tanam. Dalam pengolahan media tanam perhatikan langkah- langkah berikut ini:

  • Siapkan tanah yang gembur, produktif, serta banyak memiliki organik, misalnya tanah di dasar tumbuhan bambu ataupun tanah sisa bakaran.
  • Aduk tanah dengan pupuk kompos ataupun pupuk kandang secara menyeluruh dengan perbandingan 1: 1. Dapat pula di tambah arang sekam.
  • Sehabis itu diamkan tanah kurang lebih seminggu ataupun lebih saat sebelum tanam.
  • Setelah itu masukkan tanah bercampur pupuk tersebut kedalam polybag sampai menyeluruh.
  • Sehabis tanah dimasukkan ke dalam polybag sampai rata permukaan, berikutnya jalani penyiraman sampai lembab. Serta media siap ditanami.

Penanaman Semangka

Sehabis berakhir mempersiapkan media tanam di dalam polybag, langkah berikutnya merupakan menanam bibit semangka yang tadinya sudah kita rendam. Buat 2- 3 lubang tanam di poybag sedalam 5 centimeter, kemudian masukkan benih ke dalam lubang. Tutup benih dengan tanah serta jalani penyiraman sampai lembab.

Menanam Semangka di Polybag Untuk Pemula (Panduan Sukses)

Pemeliharaan Tanaman

Pemeliharaan tumbuhan ini meliputi penyulaman, penyiangan, penyiraman, pemupukan serta pengendalian hama serta penyakit.

Sehabis seminggu penanaman jalani penyulaman dengan metode mengubah tumbuhan yang yang mati dengan menanam bibit yang baru.

Baca Juga:  Cara Menanam Melon Dengan 12 Langkah 100% Berhasil

Jalani penyiangan dengan mensterilkan gulma di dekat tumbuhan semangka.Penyiraman dicoba 2 kali pagi serta sore tiap hari hingga seminggu. Berikutnya penyiraman bisa dicoba satu hari sekali.

Pasanglah ajir bila tumbuhan telah nampak mulai merambat. Ajir bermanfaat bagaikan tempat rambatan tumbuhan sehingga tumbuhan tidak menjalar kemana- mana.

Pemupukan serta Pengendalian Hama Tanaman

Pemupukan awal dicoba satu minggu sehabis tanam dengan memakai kombinasi ZA serta KCL desigram dosis 5 gr per tumbuhan.

Pemupukan dicoba dengan metode menanamnya disamping tumbuhan desigram jarak 5 centimeter ataupun dilarutkan di dalam air serta dikocorkan.

Pemupukan kedua dicoba 2 minggu sehabis tanam dengan memakai kombinasi ZA, TSP, serta KCL desigram dosis 5gr per tumbuhan.Bila telah berbunga pemupukan dicoba dengan memakai kombinasi ZA serta KCL.

Pupuk bonus dapat kita bagikan berbentuk pupuk pangkal, pupuk daun, serta pupuk bunga serta buah. Pupuk pangkal kita bagikan bertepatan dengan penyiraman sehabis tanam.

Pupuk daun kita bagikan dikala tumbuhan telah mulai berkembang daun. Serta pupuk bunga serta buah kita berikan dikala tumbuhan mulai berbunga hingga masa berbuah.

Insektisida, fungisida kita bagikan bila nampak terdapat indikasi serbuan hama serta penyakit.


Pemanenan Semangka Polybag

Pemanenan tumbuhan semangka dicoba kala tumbuhan telah berusia 2- 3 bulan bergantung keadaan perkembangan serta pertumbuhan tumbuhan.

Buah yang siap dipanen diisyarati dengan buah telah membesar, corak mengkilap, tangkai batang menguning dll. Pemanenan bisa dicoba dengan memetiknya langsung ataupun memotong memakai pisau ataupun gunting.

Demikian ulasan mengenai Menanam Semangka di Polybag Untuk Pemula (Panduan Sukses), yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih

Cara Membuat Bibit Brokoli

admin
1 min read

Menanam Kiwi Di Dataran Rendah

admin
2 min read

Daun Semangka Kuning

admin
2 min read