Cara Menanam Buah Bit : Gizi, Pembibitan, Penanaman, Pemeliharaan Dan Pemanenan

2 min read

Cara Menanam Buah Bit : Gizi, Pembibitan, Penanaman, Pemeliharaan Dan Pemanenan

Cara Menanam Buah Bit : Gizi, Pembibitan, Penanaman, Pemeliharaan Dan Pemanenan – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Menanam Buah Bit. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Menanam Buah Bit


Buah Bit merupakan sejenis umbi yang masuk dalam kelas Beta vulgaris serta termasuk dalam subspesies vulgaris Conditiva.

Buah bit mempunyai corak merah keungguan serta umumnya buah bit digunakan kombinasi makanan, perona makanan natural dan pula bisa dimanfaatkan sebagai obat.

Tumbuhan buah bit berasal dari Swedia serta Britania, serta hendak berkembang baik pada wilayah dataran besar dengan udara yang dingin. Di Indonesia kebun buah bit bisa di jumpai di wilayah dataran besar Jawa Barat.

Isi Gizi Buah Bit

  • Kalori
  • Serat
  • Antioksidan
  • Karbohidrat
  • Gula
  • Lemak serta Protein
  • Vit A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, C
  • Kalsium
  • Zat besi serta Magnesium
  • Fosfor serta Zink
  • Kalium serta Natrium

Banyaknya zat gizi yang ada dalam buah bit, membuat buah ini sangat layak serta baik buat kamu mengkonsumsi.

Meski begitu, seperti yang kamu tahu kalau harga buah bit ini sangatlah mahal dibanding dengan sayur – mayur yang lain.

Meski di pasaran sendiri sudah banyak orang yang menjual buah bit, khususnya buah bit merah. Buat kamu yang mau komsumsi buah bit merah, kamu tidak perlu takut lagi terhadap harga di pasaran saat ini.

Baca Juga:  Budidaya Lada Yang Baik Dan Benar Panduan Lengkap

Kamu dapat memperoleh buah bit dengan gampang tanpa wajib menghabiskan kantong kamu.


Cara Menanam Buah Bit Dalam Pot Untuk Pemula

Lahan Tanam

Lahan yang hendak ditanami buah ataupun tumbuhan bit hendaknya diolah dengan di bajak ataupun dicangkul buat menggemburkan tanah.

Pembajakan ataupun pencangkulan diusahakan agak dalam sampai 30 centimeter, bersama dengan pembajakan ataupun pencangkulan lahan tanam berikan pula pupuk kandang dengan dukuran separuh kg buat 2m tanam.

Perkenankan tanah jadi produktif sehabis itu buatlah alur ataupun bedengan buat menanam buah ataupun tumbuhan bit dengan jarak antar alur dekat 30 centimeter.

Pembibitan

Sebab Buah bit ataupun tumbuhan bit di Indonesia sulit berbunga makacara mendapatkan bibit wajib membelinya di Luar negari.

Biji ataupun benih buah ataupun tumbuhan bit dapat di tanam langsung pada lahan tanam, dapat pula dengan metode stek ataupun penyambungan.

Tetapi hendaknya bibit ataupun benih buah ataupun tumbuhan bit disemai pada tempat penyemaian.

Penanaman Buah ataupun tumbuhan Bit

Penanaman ada yang langsung menaburkan biji bibit langsung pada lahan tanam serta ada yang melakukan penyemaian pada lahan semai.

Nah pembibitan buah ataupun tumbuhan bit telah sampai berusia 10 hari ataupun biji telah jadi benih ataupun tumbuhan telah mulai berkembang.

Pindahkan secara hati – hati pada lahan tanam sebab pangkal pada bibit yang hendak menciptakan bakal buah.

Pemeliharaan

Dalam melakukan pemeliharaan tumbuhan, terdapat sebagian tahap yang wajib kamu lakukan. Langkah yang awal yakni penjarangan.

Penjarangan tumbuhan hendaknya dicoba sehabis tumbuhan bit berusia 3 – 4 minggu. Tumbuhan bit yang layu ataupun mati akan ditukar dengan yang baru.

Kala tumbuhan bit telah membentuk 2 – 3 tunas, maka lakukan penjarangan kembali. langkah berikutnya yakni penyiangan.

Baca Juga:  Kandungan Petai

Lakukan penyiangan kala tumbuhan telah berumur 4 – 5 bulan buat membuang rumput – rumput liar/gulma.

Cara Menanam Buah Bit : Gizi, Pembibitan, Penanaman, Pemeliharaan Dan Pemanenan


Pemanenan

Saat sebelum datang masa panen, kamu lakukan pemupukan memakai DS, ZA, dan ZK. Dengan dosis 1 kuintal ZA, serta DS dan ZK tiap – tiap 50 kilogram per 1 hektar lahan.

Pemupukan ini diberikan dengan jarak 5 centimeter dari batang di bagian kanan serta kiri. Panen dapat dicoba kala berusia 2 – 3 bulan.

Cara buat memanen buah bit ini ialah dengan mencabutnya sampai umbinya keluar serta jangan memotong bagian batangnya supaya kurangi proses penguapan serta pula buah hendak selalu fresh.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Buah Bit : Gizi, Pembibitan, Penanaman, Pemeliharaan Dan Pemanenan, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.