Menanam Brokoli Dari Batang

3 min read

Menanam Brokoli Dari Batang

Menanam Brokoli Dari Batang – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Menanam Brokoli Dari Batang. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Menanam Brokoli Dari Batang


Brokoli dalam bahasa ilmiahnya Brassica oleracea L. Kelompok Italica ialah salah satu tumbuhan sayur-mayur yang tercantum dalam suku kubis-kubisan ataupun Brassicaceae.

Brokoli ini berasal dari wilayah Laut Tengah serta telah ada semenjak masa Yunani Kuno dibudidayakan.

Sayur-mayur ini pula masuk ke negara Indonesia belum lama (sekitar tahun 1970-an) serta saat ini lumayan terkenal bagaikan bahan pangan.

Bagian brokoli yang bisa dimakan merupakan bagian kepala bunga bercorak hijau yang tersusun rapat semacam pada cabang tumbuhan dengan batang tebal.

Sebagian besar kepala bunga tersebut dikelilingi dedaunan. Brokoli ini sangat mirip dengan kembang kol, tetapi brokoli mempunyai corak hijau, sebaliknya kembang kol putih.

Brokoli ialah salah satu tumbuhan yang hidup pada cuaca dingin. Sebagai santapan, brokoli ini umumnya direbus ataupun dikukus, ataupun bisa pula dimakan mentah.

Metode terbaik dalam mencerna brokoli ialah dengan metode dikukus. Perihal ini pula bertujuan supaya seluruh vit serta nutrisi berarti di dalamnya tidak hendak lenyap sepanjang proses pemasakan.

Merebus brokoli hendak melenyapkan hampir 50% asam folat yang telah termasuk di dalamnya.

Oleh sebab itu, bila mau mencerna brokoli ini dengan metode direbus, hendaknya brokoli tidak direbus dengan sangat lama, kira-kira tidak lebih dari 5 menit.

Brokoli pula memiliki vit C serta serat santapan dalam jumlah banyak.

Brokoli ini pula memiliki senyawa glukorafanin, yang ialah suatu wujud natural senyawa anti kanker sulforafana (sulforaphane).

Tidak hanya itu, brokoli ini memiliki senyawaan isotiosianat yang sebagaimana sulforafana, ditengarai mempunyai suatu aktifitas anti kanker.


Manfaat Tumbuhan Brokoli

  • Dengan isi serat, brokoli ini sangat berguna buat menunjang program diet sehat. Sebab bisa merendahkan berat tubuh pula.
  • Dengan isi glucoraphanin yang sangat besar, brokoli pula sangat berguna buat menghindari serta menyembuhkan penyakit jantung.
  • Dengan suatu isi vit A yang ada pada brokoli, maka sangat efisien buat dapat mempertajam penglihatan mata.
  • Dengan isi vit C serta E, maka brokoli ini sangat berguna buat melindungi serta menjaga kesehatan kulit.
  • Brokoli pula sanggup melindungi kesehatan pencernaan.
  • Dengan suatu isi vit B6, maka brokoli sangat berguna buat menghindari penyakit kardiovaskuler.
  • Dengan isi kalium serta magnesium, maka brokoli sangat berguna buat bisa merendahkan tekanan darah besar.
  • Brokoli sangat berguna buat dapat melindungi kesehatan tulang serta gigi.
  • Brokoli pula sanggup menghindari tekanan mental yang kelewatan.
  • Sanggup menghindari serta pula menyembuhkan penyakit kanker, tumor maupun kista.
  • Sanggup tingkatkan sesuatu sistem imunitas badan kita.
  • Sanggup melindungi kesehatan pada sistem saraf pusat (otak).
  • Sanggup tingkatkan intelektualitas ataupun pula kecerdasan.
  • Sanggup merendahkan suatu kandungan kolesterol jahat di dalam badan.
  • Sanggup mengatur suatu kandungan gula dalam darah secara lebih baik.
  • Sanggup menghindari serta pula menyembuhkan penyakit alzheimer.
  • Sanggup menyembuhkan suatu penyakit saluran respirasi semacam asma serta lainya.
  • Sanggup menghindari seluruh berbagai radikal yang sangat bebas.
  • Sanggup kurangi peradangan ataupun pula rasa sakit.
  • Sangat baik buat bisa berikan nutrisi bunda berbadan dua, balita maupun bayi.
Baca Juga:  Ashitaba, (Cara Menanam Dan Merawatnya)

Metode Menanam Tumbuhan Brokoli

Persiapan Lahan

Lahan yang hendak ditanami terlebih dulu dibersihkan dari sisa-sisa pangkal tumbuhan sebelumnya.

Tanah yang telah bersih tersebut berikutnya digemburkan dengan metode dibajak ataupun dicangkul.

Sehabis itu, dibuat guludan-guludan (tumpukan tanah yang memanjang) selebar sampai 100 centimeter di atas lahan sebagai media penanaman brokoli.

Besar sempurna guludan-guludan tersebut merupakan hampir 35 centimeter dengan jarak antar guludan dekat 40 centimeter.

Dianjurkan PH tanah diatas 5,5 serta bila lebih rendah hendaknya dicoba pengapuran tanah.

Lahan yang sudah siap tersebut setelah itu diberi pupuk kandang dengan jumlah seperlunya sesuai dengan luas lahan.

Perihal ini memiliki keinginan supaya tanah jadi lebih produktif sehingga tumbuhan brokoli bisa berikan hasil yang optimal.

Pemilihan Bibit Brokoli

Saat sebelum menanam Brokoli alangkah baiknya kamu mempersiapkan bibit Brokoli buat proses penanaman nanti, sebab proses pembibitan Brokoli wajib Brokoli yang sangat baik serta tidak busuk.

Proses pembibitan tersebut hendak sangat mempengaruhi terhadap pertumbuhan Brokoli nanti, bila bibit Brokoli tersebut bagus maka hendak menciptakan Brokoli yang sangat bagus pula.

Namun bila kamu memakai bibit Brokoli yang terkana dengan penyakit maka Brokoli yang dihasilkan nanti hendak kurang baik pula. Maka dari itu perhatikan pula dalam proses pemilihan bibit Brokoli tersebut.

Persemaian Benih Brokoli

  • Tempat persemaian benih bisa dicoba di bedengan. Saat sebelum dibuat bedengan, tanah terlebih dulu wajib dicangkul dengan kedalaman dekat 30 centimeter. Sehabis itu dibuat bedengan ataupun guludan dengan lebar hampir 110–120 centimeter, serta panjang sesuai dengan kebutuhan.
  • Penyemaian pula bisa dicoba dengan 2 metode, awal disebar diatas bedengan serta kedua dengan mengenakan plastik polibag.
  • Media semai yang digunakan yakni pada kombinasi tanah halus serta ayakan pupuk kandang matang dengan perbandingan 1:2 ataupun pula 1:1.
  • Sehabis media semai siap, masukkan sebagian benih satu persatu ke dalam plastik polibag yang sudah diisi media tanam sedalam hampir 0,2–1,0 centimeter serta tutup tipis dengan tanah ataupun pupuk kandang matang.
  • Siramlah benih tersebut pada pagi serta sore hari, dan tutuplah dengan daun pisang buat bisa melindungi kelembaban supaya kecambah cepat berkembang. Begitu berkembang kecambah, daun ini bisa dibuang.
Baca Juga:  Cara Merawat Ayam Bangkok

Menanam Brokoli Dari Batang


Perawatan Tumbuhan Brokoli

Penyiraman

Penyiraman perlu dicoba secara teratur sebanyak 2 sampai 4 kali dalam semingggu ataupun disesuaikan dengan keadaan lahan.

Penyulaman

Saat sebelum tumbuhan brokoli ini berusia 2 minggu, lekas jalani penyulaman pada tumbuhan yang telah mati dengan mengubahnya dengan yang baru.

Penyiangan

Jalani penyiangan terhadap gulma ataupun tumbuhan pengganggu yang lain. Penyiangan awal dicoba dikala tumbuhan berusia hampir 7 sampai 10 hari sehabis tanam.

Penyiangan kedua dicoba dikala tumbuhan berusia 20 hari sehabis tanam, penyiangan ketiga dicoba dikala tumbuhan berusia hampir 30 sampai 35 hari sehabis tanam.

Penyiangan dicoba secara hati-hati bertepatan dengan penggemburan. Penyiangan ini dihentikan pada dikala tumbuhan merambah masa pembungaan.

Perempelan serta Pengikatan

Jalani perempelan pada cabang tumbuhan brokoli secepat mungkin supaya mutu dan dimensi bunga yang hendak tercipta hendak maksimal.

Sehabis berbunga berikutnya ikat daun yang berada disekitar bunga menutupi bunga supaya bunga terlindungi dari matahari.

Pemupukan Susulan

Jalani pemupukan susulan pula pada tumbuhan dengan pupuk urea, TSP serta KCl. Pemupukan tersebut bisa dicoba pada dikala tumbuhan brokoli berusia 1 minggu sehabis tanam.

Hampir 3 minggu sehabis tanam serta 5 minggu sehabis tanam dengan dosis yang sama ialah 44 kilogram urea, 93 kilogram TSP serta pula 45 kilogram KCl per hektar lahan.

Metode pemupukan tersebut diberikan dengan car ditabur disekeliling tumbuhan dengan jarak 10 cm-15 centimeter dari batang.


Panen Brokoli

Panen umumnya dicoba hampir 60 hari hingga 100 hari sehabis tanam, bergantung tipe brokoli yang ditanam.

Sehabis dipanen, berikutnya kita jalani penyortiran bersumber pada dimensi bunga brokoli, sehabis itu brokoli dapat di simpan terlebih dulu ataupun langsung didistribusikan.

Demikian ulasan mengenai Menanam Brokoli Dari Batang, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.