Media Hidroponik : Alternatif Terbaik dan Efektif Media Tanam Pengganti Tanah

3 min read

Media Hidroponik : Alternatif Terbaik dan Efektif Media Tanam Pengganti Tanah

Media Hidroponik : Alternatif Terbaik dan Efektif Media Tanam Pengganti Tanah – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Media Hidroponik.

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Media Hidroponik : Alternatif Terbaik dan Efektif Media Tanam Pengganti Tanah


Secara konvensional, tanah merupakan media tanam yang sangat universal digunakan semenjak manusia menciptakan aplikasi bercocok tanam.

Walaupun demikian, meningkatnya arus urbanisasi serta terus menjadi banyak warga yang tinggal di kota, lahan dengan tanah yang dapat ditanami terus menjadi susah ditemui.

Buat mengakali keterbatasan lahan serta usaha besar yang dibutuhkan buat menanam tumbuhan di lahan dengan tanah, muncullah aplikasi menanam tanpa tanah yaitu hidroponik.

Merujuk pada namanya, hidroponik mengandalkan air bagaikan elemen utama yang menstimulasi perkembangan tumbuhan yang berkembang bukan dari tanah.

Perihal ini membuatnya relatif dapat dicoba di mana saja, dalam keadaan apa saja, di wadah apa saja, serta dengan bermacam tipe media tanam.

Tetapi nyatanya, sepanjang mempunyai keahlian menaruh air, nutrisi, serta oksigen; media- media tanam lain sanggup buat memfasilitasi berkembang kembang suatu tumbuhan.


Macam-Macam Media Tanam Terbaik Pengganti Tanah

Media tanam yang universal digunakan buat menanam hidroponik merupakan dengan air, tetapi masih banyak lagi media tanam yang dapat digunakan buat menanam secara hidroponik, diantaranya sebagai berikut:


  • Arang Sekam

Arang sekam merupakan salah satu media tanam hidroponik yang lumayan banyak digunakan oleh warga. Banyak sekali kelebihan yang dapat kita miliki dari arang sekam, antara lain:

    • Media tanam hidroponik yang efektif, murah serta steril
    • Ada komponen kimia yang hendak menolong berkembang kembang tumbuhan, semacam kandungan air, protein agresif, lemak, abu, serat agresif, oksigen, karbon, hidrogen, silikat serta karbohidrat
    • Harga relatif lebih murah yang pastinya sangat disukai oleh masyarakat
    • Mendapatkannya pula gampang. Terlebih jika kalian tinggal di desa bisa jadi dapat bisa gratis
    • Pembuatannya cenderung lebih gampang, dari segi berat lebih ringan serta mengaplikasikannya pula tidak sulit
    • Karna proses pembuatannya dengan metode terbakar, seluruh faktor yang bisa membahayakan tumbuhan telah hilang
Baca Juga:  Cara Merawat Bunga Aster Agar Selalu Giat Berbunga

Media Hidroponik : Alternatif Terbaik dan Efektif Media Tanam Pengganti Tanah

  • Rockwool

Rockwool merupakan media tanam hidroponik ramah area yang dibuat dengan bahan dasar batu bara, batu basalt serta batu kapur yang terbakar dengan temperatur 1600 derajat celsius hingga meleleh seperti lava.

Rockwool sanggup meresap banyak pupuk cair sekalian udara yang menolong perkembangan pangkal dalam penyerapan faktor hara, mulai dari sesi persemaian hingga pada fase penciptaan.

Keungulan pemanfaatan rockwool bagaikan media tanam ialah:

    • Ramah lingkungan
    • Tidak memiliki patogen pemicu penyakit
    • Sanggup menampung air sampai 14 kali kapasitas tampung tanah[2]: 16
    • Bisa meminimalkan pemakaian disinfektan
    • Bisa memaksimalkan kedudukan pupuk.

  • Cocopeat( serbuk sabut kelapa)

Cocopeat dibuat dari serbuk kelapa. Tidak hanya sesuai bagaikan media tanam, cocopeat pula berperan bagaikan pupuk bonus buat kesuburan tumbuhan.

Cocopeat mempunyai energi tampung yang besar buat menaruh air. Perihal ini dibuktikan dengan kemampuannya menahan air 6- 9 kali lipat dari volumenya ataupun 73%.

Jadi, bila Kamu menginginkan media tanam hidroponik yang sangat hemat air, salah satunya dapat memakai serbuk sabut kelapa.


  • Hidroton/ Expanded Clay

Media tanam Hidroton berupa bulatan- bulatan kecil semacam kelerang, dibuat dari tanah liat yang di bakar sehingga bisa melindungi kandungan air serta bisa dipakai kesekian ulang.

Hidroton bisa menyangga batang tumbuhan sehingga sesuai buat sayur- mayur berkayu semacam tomat serta cabe. Hidroton mempunyai bobot yang sangat ringan buat mempermudah pangkal bergerak.


  • Perlit

Perlit merupakan media tanam yang memiliki watak anorganik serta dibuat dari batu silika yang dipanaskan dengan temperatur besar sampai mencair serta setelah itu diganti jadi dimensi yang lebih kecil.

Perlite merupakan salah satu media tanam terbaik pengganti tanah yang biasa digunakan dalam budidaya tumbuhan secara hidroponik, tradisional ataupun penyemaian dan pembibitan.

Kelebihan dari perlit merupakan bisa menampung faktor hara ataupun nutrisi yang diperlukan oleh tanaman dalam jumlah yang lumayan besar serta pula memliki sistem drainase yang baik.

Baca Juga:  Pengertian Hidroponik : Jenis Metode Tanam, Kelebihan dan Manfaatnya

Kelebihan Alami Perlit:

    • Bahan Alami ,Lebih SteriL,pH lebih netral
    • Temperatur lebih stabil
    • Lebih banyak menaruh nutrisi
    • Drainase lebih baik
    • Ringan
    • Membagikan aerasi oksigen pada pangkal sehingga tanaman bisa bertumbuh lebih baik
    • Bisa di aplikasikan bagaikan media hidroponik maupun kombinasi Tanah biasa pada penanaman tradisional.

  • Pasir

Para petani hidroponik mengenakan pasir sebab dianugrahi bobot yang lumayan berat sehing tidak susah buat membuat tumbuhan bediri tegak.

Tidak cuma itu, pasir pula gampang basah serta gampang kering kembali karena mempunyai pori- pori yang berdimensi makro dalam jumlah banyak.

Dari watak dasarnya tersebut, pasir bisa menciptakan perputaran hawa yang lumayan baik buat pangkal tanaman.

Oleh karena itu, tidak heran bila pasir dinilai bagaikan salah satu media tanam hidroponik yang sangat sesuai buat perkembangan bibit, perakaran stek batang tumbuhan serta proses penyemaian benih.


  • Spon

Spon sangat gampang buat dipindahkan ataupun ditempatkan di mana saja, sebab beratnya sangat ringan diantara seluruh media tanam.

Walaupun mempunyai berat yang ringan, spons telah tidak lagi memerlukan pemberat, karena pada dikala disiram air spons menyerapnya dengan optimal sehingga tumbuhan jadi tegak.

Hasil media tanam hidroponik berbentuk spons ini lumayan menggembirakan, ialah dari segi waktu spons cukup awet serta dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Pertumbuhan tumbuhan lebih prima, tumbuhan cenderung lebih produktif tanpa membutuhkan proses menyesuaikan diri.

Ini karen seratnya yang padat sehingga sanggup buat menaruh isi air sampai 2 minggu serta yang sangat berarti relatif kebal terhadap jamur yang memiliki efek buat mengganggu tumbuhan.

Media Hidroponik : Alternatif Terbaik dan Efektif Media Tanam Pengganti Tanah

Demikian ulasan mengenai Media Hidroponik : Alternatif Terbaik dan Efektif Media Tanam Pengganti Tanah , yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.