Morfologi dan Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan

3 min read

Morfologi dan Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan

Morfologi dan Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Manfaat Teh Hijau . Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Morfologi dan Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan


Teh hijau ialah nama teh yang dibuat dari daun tanaman teh ataupun Camellia sinensis.

Teh hijau yakni minuman populer di daratan Tiongkok, Taiwan, Hong Kong, Jepang, Timur Tengah, Asia Tenggara dan terus jadi dikenal pula di negara Barat yang sebelumnya yakni peminum teh hitam.

Ada berbagai bermacam jenis teh namun tahukan Kalian jika minuman yang berasal dari daratan Tiongkok ini sebetulnya hanya dipecah jadi 3 jenis yakni teh hijau, teh oolong dan teh gelap.

Yang membedakan ketiga jenis teh tersebut ialah proses fermentasinya dimana teh hijau sama sekali tidak difermentasi, teh hitam seluruhnya difermentasi sebaliknya teh oolong terletak di antara keduanya.

Teh hijau( ryokucha) ialah teh yang sangat umum di Jepang sehingga apabila diucap” teh”( ocha) sampai bisa jadi besar yang dimaksudkan ialah teh hijau.

Dan baru diucap bagaikan teh Jepang( nihoncha) bila memanglah terdapat opsi teh yang lain. Teh biasanya dijual dengan harga yang bergantung pada kualitas dan bagian dari tanaman yang dibuat teh.


Morfologi Teh Hijau

Tanaman. karena pemangkasan kerap kali semacam perdu, besar 5– 10 m. ujung ranting dan daun muda berambut halus.

daun tersebar, tunggal helian daun eliptis memanjang, dengan pangkal runcing, bergerigi, semacam kulit tipis, 6- 18 kali 2- 6 cm.

bunga diketiak, berkelamin 2, bunga yang memebuka menunduk, garis tengah 3- 4 cm, sangat harum dan putih cerah. daun kelopak tetap, 5- 6 sangat tidak sama.

Baca Juga:  Jenis Tanaman Pagar

daun mahkota pada pangkalnya melekat ringan. Benang sari berlingkaran banyak, yang terluar pada pangkalnya bersatu, melekat dengan daun mahkota yang terdalam lepas.

Tangkai putik bercabang 3. Buah kotak berkayu lebarnya lebih daripada panjangnya, rusak untuk ruang, biji 1- 3.


Kandungan Kimia Teh Hijau

Teh kaya isi kimia semacam kafein 2- 3%, theobromin, theofilin, tanin, xanthin, adenin, minyak atsiri, kuersetin, naringenin, dan natural flourida.

Tanin mempunyai zat epigalochateccin galat. polifenol, protein, karbohiadrat, kafein serat dan pektin terhadap daun teh.


Manfaat Teh hijau dan Khasiatnya

Fenol dalam teh ialah flavanoid bagaikan antioksidan. Manfaat utama teh ialah bagaikan penyegar badan dan stimulansia. Berikut merupakan sebagian khasiat teh hijau, antara lain:

  • Memperpanjang Umur

Teh Hijau dapat berhubungan dengan umur panjang. Studi yang menekuni negara- negeri peminum teh semacam Jepang, telah menunjukkan harapan hidup mereka lebih besar daripada negara- negeri di dunia barat.

  • Melindungi Kesehatan Gigi

Catechins yang tercantum pada teh hijau mempunyai berbagai manfaat buat kesehatan tubuh. Satu di antara lain ialah menjauhi tumbuhnya bakteri yang dapat membuat gigi berlubang dan menjauhi bau mulut.

Komsumsi sangat tidak 2 cangkir teh hijau dalam satu hari dapat membantu melindungi kesehatan mulut secara keseluruhan.

  • Menjauhi Terkena Diabetes

Dekat 300 juta orang di dunia terkena Diabetes dan peningkatan isi gula darah. Teh hijau dapat tingkatkan sensitivitas insulin dan merendahkan isi gula darah hingga 42%.

  • Menjauhi Terkena Penyakit Alzheimers

Penyakit Alzheimers umumnya dirasakan oleh para orang lanjut usia. Teh hijau mempunyai catechins yang dikenal dapat tingkatkan kesehatan mental dan menjauhi penyakit semacam Alzheimer dan Parkinson.

Isi yang ada dalam teh hijau memiliki akibat positif pada sistem saraf dan melindungi benak mental tetap tajam.

  • Membantu Melindungi Kesehatan Jantung

Teh Hijau mempunyai banyak antioksidan yang membatasi lipoprotein densitas rendah( LDL) dari teroksidasi, yang pada gilirannya memunculkan jantung lebih sehat.

Banyak studi telah menunjukkan teh hijau dapat mengurangi efek kasus jantung dekat 31 persen.

  • Merendahkan Berat Badan

Teh Hijau sangat efektif dalam mengurangi lemak perut. Teh hijau tingkatkan metabolisme, sehingga sebagian besar lemak yang dimakan dipecah dan di cerna oleh tubuh.

  • Mengurangi Efek Terkena Penyakit Kronis

Teh hijau mempunyai senyawa bio aktif yang dapat mengurangi efek terkena penyakit kronis. Jenis teh ini pula dapat melindungi dan memantapkan sistem imunitas tubuh sehingga tubuh jadi lebih kebal dari berbagai penyakit.

Baca Juga:  Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma Yang Baik Dan Benar

Zat- zat yang tercantum dalam teh hijau dapat memperlambat proses penuaan dini dan membantu menjauhi keruskan sel dan pula jaringan yang ada pada tubuh manusia.

  • Tingkatkan Guna Otak

Tingkatkan guna otak jadi satu di antara manfaat dari komsumsi teh hijau. Teh hijau dikenal memiliki isi kafein yang dipercaya dapat merangsang guna otak.

Namun, apabila dibandingkan dengan kopi, isi kafein yang ada pada teh hijau memanglah jauh lebih sedikit. Dengan isi kafein yang lebih sedikit tersebut, membuat manfaat teh hijau buat kesehatan jadi lebih besar daripada kopi.

Morfologi dan Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan

  • Tingkatkan Metabolisme Tubuh

Dalam sesuatu studi yang dicoba pada 10 orang, teh hijau dapat mendongkrak tenaga hingga 4 persen. Teh hijau mempunyai senyawa aktif cathechin, yang dipercaya dapat memberikan tenaga pada tubuh manusia.

Studi lebih lanjut menunjukkan teh hijau tingkatkan oksidasi lemak hingga 17 persen, yang meyakinkan pembakaran lemak jadi satu di antara manfaat kesehatan dari teh hijau.

  • Mengurangi Keahlian Terkena Kanker

Satu di antara manfaat teh hijau ialah dapat mengurangi efek terkena berbagai jenis penyakit kanker. Mengenai tersebut terjalin karena, teh hijau mempunyai sumber antioksidan yang baik buat tubuh.

Ada berbagai senyawa yang tercantum pada teh hijau, satu antara lain ialah Epigallocatechin- 3- gallate( EGCG), yang dipercaya dapat membunuh sel- sel kanker pada tubuh manusia.

Ada studi yang menunjukkan, wanita tertib minum teh hijau bisa mengurangi efek terkena kanker buah dada hingga 22 persen.

Demikian ulasan mengenai Manfaat Teh Hijau , yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.