Manfaat Labu Putih Untuk Ibu Hamil

2 min read

Manfaat Labu Putih Untuk Ibu Hamil

Manfaat Labu Putih Untuk Ibu Hamil – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Manfaat Labu Putih Untuk Ibu Hamil. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Manfaat Labu Putih Untuk Ibu Hamil


Labu siam merupakan salah satu jenis sayuran yang cukup mudah dijumpai di Indonesia. Biasanya sayur ini dijadikan tumis sebagai menu makan.

Padahal, meski sudah cukup direbus, labu siam bisa langsung siap disantap sebagai lalapan. Tidak hanya enak dan mudah diolah, ternyata manfaat labu siam juga baik untuk kesehatan ibu hamil.

Salah satu manfaat paling menonjol dari makan labu siam saat hamil adalah, makanan ini bisa mengatur kadar gula darah dan mengurangi masalah sembelit saat hamil.


Beberapa Manfaat Labu Putih Untuk Ibu Hamil

Memperlancar Sistem Pencernaan

Manfaat labu kuning yang pertama untuk kesehatan adalah untuk memperbaiki sistem pencernaan. Itu karena labu kuning memiliki kandungan serat yang sangat tinggi.

Selain itu, labu kuning dapat membantu membunuh cacing atau parasit yang ada di usus dan limpa tubuh, sehingga sistem pencernaan tidak akan terganggu.

Jika sistem pencernaan lancar, risiko mengalami sembelit, wasir, atau perut kembung berkurang. Selain itu menjaga berat badan merupakan salah satu manfaat labu kuning bagi ibu hamil.

Karena kandungan serat yang tinggi pada labu kuning akan membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna oleh tubuh sehingga tubuh akan terasa kenyang lebih lama.

Menstabilkan tekanan darah

Tekanan darah yang tidak stabil akan kurang baik untuk wanita yang sedang hamil. Nah, ketidakstabilan tekanan darah ini bisa diatasi dengan banyak mengkonsumsi buah labu.

Baca Juga:  Manfaat Daun Pepaya Jepang Dan Kandungannya Untuk Kesehatan

Karena kandungan kalium dalam labu kuning dipercaya dapat membantu menstabilkan tekanan darah khususnya pada ibu hamil.

Sumber Energi dan Gizi

Nah, jika ingin mencobanya juga ada manfaat labu kukus yaitu sebagai sumber energi dan nutrisi.

Labu kuning memiliki sedikitnya 19 vitamin dan mineral yang sangat penting untuk kesehatan, terutama bagi ibu hamil dan janin. Labu kuning mengandung serat, protein, kalium, kalsium, magnesium, dan anti oksidan.

Nutrisi tersebut sangat baik untuk tumbuh kembang janin, contohnya kalsium sangat baik untuk perkembangan tulang dan gigi janin.

Selain itu, ibu hamil sangat membutuhkan asupan kalsium, karena kalsium dari tubuh ibu diserap oleh janin.

Labu kuning juga memiliki kandungan gula yang rendah sehingga aman untuk ibu hamil. Kalori tersebut bisa menjadi sumber energi bagi ibu hamil, dan mencegah dehidrasi karena mengandung air hingga 90 persen.


Mencegah penyakit kanker

Manfaat labu kuning untuk kesehatan lebih lanjut adalah dapat mencegah penyakit kanker, karena mengandung beta karoten.

Konsumsi labu kuning secara rutin dapat mencegah risiko kanker seperti kanker usus besar, kanker paru-paru, atau kanker prostat.

Menjaga Kesehatan Mata

Labu kuning kaya akan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Vitamin A membantu mata menyerap dan memproses cahaya.

Tidak hanya itu, labu kuning juga sangat baik untuk mencegah katarak dan memperlambat degenerasi makula akibat kerusakan retina.

Mencegah bayi lahir cacat

Kandungan asam folat yang terdapat pada labu kuning dipercaya dapat mencegah bayi cacar lahir.

Folat merupakan salah satu zat terpenting yang dibutuhkan ibu hamil dan janin selama masa kehamilan.

Folat bekerja dengan cara menjaga pertumbuhan dan perkembangan sistem saraf sehingga ancaman yang terkait dengannya dapat dihindari.

Manfaat Labu Putih Untuk Ibu Hamil


Mencegah gangguan otot

Kandungan seng dalam labu kuning mendukung fungsi vitamin C dan E dalam memperkuat sistem otot dan massa tulang.

Baca Juga:  Cara Mencangkok Pohon Klengkeng (Sukses)

Zat-zat tersebut diperlukan mengingat selama kehamilan, ibu hamil sering menghadapi gangguan pada otot atau tulang akibat bertambahnya massa tubuh.

Beri energi tambahan

Memiliki kandungan gula yang rendah kalori, labu kuning merupakan buah yang tidak berbahaya bagi ibu hamil.

Sedangkan kalori berguna untuk memberikan energi bagi ibu hamil untuk dapat menjalankan aktivitasnya sehari-hari.

Selain itu, mengkonsumsi labu kuning juga dapat mencegah dehidrasi karena labu kuning mengandung 90 persen air.


Meningkatkan daya tahan tubuh

Jika ibu hamil sering mengidap penyakit, seperti batuk atau pilek, tidak ada salahnya mengonsumsi labu kuning secara rutin mulai dari sekarang.

Sifat antioksidan vitamin A dan C dalam labu kuning dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Selain itu, buah ini juga dipercaya dapat membantu tubuh melawan infeksi virus, bakteri, dan jamur.

Menjaga mood

Tidak hanya dagingnya yang digunakan, manfaat labu kuning juga terdapat pada bijinya.

Biji labu adalah sumber triptofan, asam amino esensial yang dapat diubah menjadi serotonin, zat kimia yang berhubungan dengan tidur dan kebahagiaan.

Karena tubuh Anda tidak membuat triptofan sendiri, mengonsumsi biji labu dapat membuat Anda lebih mudah tidur dan memiliki suasana hati yang lebih baik.

Meningkatkan daya ingat

Labu merupakan sumber lutein yang sangat baik. Lutein merupakan vitamin karotenoid yang sangat erat kaitannya dengan vitamin A dan beta-karoten.

Kandungan inilah yang berperan penting untuk kesehatan mata. Selain itu, kandungan lutein juga dapat meningkatkan fungsi kognitif, antara lain kemampuan belajar, mengingat, dan berkonsentrasi.

Demikian ulasan mengenai Manfaat Labu Putih Untuk Ibu Hamil, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.