Kandungan Gizi Dan Manfaat Kulit Pisang Bagi Kesehatan

3 min read

Kandungan Gizi Dan Manfaat Kulit Pisang Bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Dan Manfaat Kulit Pisang Bagi Kesehatan – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Manfaat Kulit Pisang . Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Kandungan Gizi Dan Manfaat Kulit Pisang Bagi Kesehatan


Pisang yakni buah tropis dari Asia Tenggara, Brazil, dan India. Pisang jadi buah berarti buat masyarakat Indonesia karena pisang mudah ditemui dan sangat sering dimakan oleh masyarakat dibandingkan jenis buah yang lain.

Pisang dapat dinikmati segala kalangan tanpa memandang strata sosial. Buah ini mempunyai vit C, vit A, serat, dan mineral yang berarti buat tubuh.

Mengenai ini menjadikan buah pisang sangat aman buat dimakan oleh bayi maupun lanjut umur. Tidak cuma itu, hampir segala bagian dari tumbuhan pisang ini dapat dimanfaatkan oleh manusia.

Buahnya dapat dimakan, daunnya berfungsi bagaikan pembungkus santapan, batangnya digunakan buat menancapkan wayang pada pagelaran wayang. Terlebih kulit pisang pula dapat dimanfaatkan.

Kulit pisang yakni limbah pertanian yang cukup banyak ditemui sehingga kulit pisang memiliki keahlian buat dimanfaatkan dan diolah jadi produk yang bernilai murah.


Kandungan Gizi Kulit Pisang

Kulit pisang tampaknya memiliki isi gizi yang cukup besar. Di sebagian daerah kulit pisang dibuang begitu saja, karena dikira bagaikan sampah dan limbah yang tidak bermanfaat.

Sedangkan itu apabila ditelisik, kulit pisang yang dibuang berjumlah sangat banyak. Dengan demikian, sangat disayangkan apabila jumlah kulit pisang yang banyak ini hanya dibuang dan tidak digunakan kembali.

Disaat ini memanglah pemanfaatan kulit pisang secara nyata masih sedikit. Hanya dijadikan limbah organik maupun pakan ternak.

Jumlah kulit pisang yang banyak ini sebetulnya hendak menguntungkan apabila dimanfaatkan dengan benar.

Isi gizi pada kulit pisang tidak kalah banyaknya dari buah pisang. Isi gizi yang tedapat pada kulit pisang per 100 gram antara lain:

  • Karbohidrat= 50 g
  • Lemak= 2, 11 g
  • Protein= 0, 32 g
  • Kalsium= 715 mg
  • Fosfor= 117 mg
  • Zat besi= 1, 60 mg
  • Vit B= 0, 12 mg
  • Vit C= 17, 50 mg
  • Air= 68, 90 g
Baca Juga:  Manfaat Ikan Gabus

Bersumber pada uraian isi gizi di atas, sangat disayangkan apabila isi sebanyak itu hanya dinikmati oleh ternak dan bakteri pengurai.

Dengan isi gizi sebanyak itu sepatutnya manusia dapat memakai kulit pisang buat dijadikan produk mengkonsumsi nutrisi buat tubuh.

Bisakah memakai kulit pisang buat jadi mengkonsumsi nutrisi pada tubuh? Bisa, disaat ini sudah banyak produk yang memakai kulit pisang bagaikan bahan baku pembuatannya, mulai dari kosmetik hingga kesehatan.

Kulit pisang terbukti memiliki isi gizi yang tidak kalah berarti dengan buahnya. Mengenai ini menjadikan banyak kalangan yang berupaya buat memakai kulit pisang.


Manfaat serta Khasiat Kulit Pisang

Berikut manfaat yang dapat diambil disaat kamu komsumsi kulit pisang:

  • Mengobati Memar Kulit

Mineral dan antioksidan alami pada kulit pisang dapat membantu proses re- genarisi kulit dan mengobati memar pada bagian luar kulit.

Dalam Mengenai ini, kamu dapat melekatkan kulit pisang pada zona yang hadapi memar, diamkan semalaman. Sehabis itu bilas dengan air bersih pada pagi hari.

  • Mengobati Psoriasis

Psoriasis yakni peradangan pada kulit yang ditandai dengan ruam merah, kulit kering, tebal, bersisik, dan mudah terkelupas.

Pada kasus yang tidak kerap terjalin, psoriasis diiringi dengan gatal dan nyeri. Buat mengobatinya, kamu dapat mengenakan bahan alami dari kulit pisang.

Dalam Mengenai ini, kamu dapat menggosok- gosokkan kulit pisang pada zona yang terkena.

Disaat dini kali berupaya, hendak mencuat warna kemerahan pada kulit. Kala Mengenai ini terjalin, jangan khawatir, ya! Karena warna kemerahan tersebut hendak menghilang dengan sendirinya.

  • Mengatasi Sakit kepala

Kedua penyakit tersebut kerap datang secara mendadak. Terlebih apabila kamu lagi dilanda tekanan benak berat. Apabila Mengenai ini terjalin, kamu dapat mengatasinya dengan menumbuk kulit pisang setelah itu tempelkan pada dahi.

  • Antidepresi

Kulit pisang mampu meredakan emosi dengan meminumnya. Dalam Mengenai ini, kamu dapat membuat minuman dari kulit pisang dengan tata cara di jus.

Baca Juga:  Manfaat Kacang Gude

Kulit pisang mempunyai triptofan yang mampu memperbaiki suasana hati dengan tingkatkan isi serotonin dalam tubuh. Serotonin sendiri yakni hormon yang bertanggung jawab dalam menyeimbangkan perasaan seseorang.

Diajarkan buat mengenakan pisang organik buat menghindari insektisida dan pestisida. Kulit pisang pula memiliki rasa yang berbeda dengan daging pisang, buat mengolahnya, kamu dapat merebusnya maupun diolah jadi jus.

Hindari mengolah kulit pisang dengan digoreng, karena dapat tingkatkan isi lemak jenuh yang jadi aspek dari penyakit berbahaya. Buat mengidentifikasi manfaat lain dari komsumsi kulit pisang.

  • Melenyapkan Jerawat

Isi vit B, C, B6, magnesium, zat besi, fosfor, dan kalium dalam kulit pisang efektif dalam melenyapkan jerawat.

Tidak hanya itu, kulit pisang pula mempunyai antioksidan dan antijamur yang dapat melenyapkan minyak berlebih, sehingga dapat memesatkan proses penyembuhan jerawat.

Dalam Mengenai ini, kamu dapat menggosok- gosokkan kulit pisang pada muka. Sehabis itu diamkan sejauh 30 menit, setelah itu bilas dengan air bersih.

Kandungan Gizi Dan Manfaat Kulit Pisang Bagi Kesehatan

  • Memutihkan Gigi

Isi mangan, magnesium, dan potasium dalam kulit pisang efektif dalam membantu memutihkan lapisan email pada gigi.

Dalam Mengenai ini, kamu dapat menggosok- gosokkan kulit pisang dengan gerakan melingkar pada gigi, sehabis itu bilas dengan menggosok gigi.

  • Memutihkan Wajah

Dalam membantu memutihkan wajah secara alami, kamu dapat menggosok- gosokkan kulit pisang pada seluruh permukaan wajah. Gunakan masker semalaman, sehabis itu bilas hingga bersih pada pagi hari.

  • Mengobati Luka

Kulit pisang mempunyai antioksidan yang baik dalam membantu proses penyembuhan luka.

Dalam Mengenai ini, kamu dapat menggosok- gosokkan kulit pisang pada bagian yang hadapi luka, diamkan sejauh sebagian menit. Sehabis itu, bilas dengan air bersih.

Demikian ulasan mengenai Manfaat Kulit Pisang  , yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih