Manfaat Jambu Bol

3 min read

Manfaat Jambu Bol

Manfaat Jambu Bol – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Manfaat Jambu Bol.

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Manfaat Jambu Bol


Jambu bol masih tercantum ke dalam saudara jambu-jambuan. Kelainannya dengan tipe jambu yang lain, jambu bol mempunyai tekstur daging yang lebih lembut serta lebih padat dibanding dengan jambu air.

Di tiap wilayah, jambu bol mempunyai penyebutan berbeda-beda semacam jambu jambak, jambu bolo, jambu darsana, serta lain sebagainya.

Sebaliknya dalam bahasa Inggris, jambu bol diketahui sebagai Malay Apple. Sedangkan nama ilmiahnya merupakan Syzygium malaccense.

Di balik wujud serta rasanya yang unik, nyatanya jambu bol memiliki khasiat tidak terduga buat kesehatan.

Perihal ini disebabkan jambu bol memiliki segudang nutrisi berarti yang diperlukan badan, sehingga sanggup melindungi kesehatan.

Kalian dapat memperoleh jambu bol di toko-toko buah. Agustus sampai September ialah masa panen jambu bol. Jadi kalian dapat menantikan buah ini di bulan tersebut.


Fakta Menarik Jambu Bol

Berikut sebagian fakta menarik tentang buah jambu bol yang perlu kamu tahu:

  • Buah jambu bol mempunyai isi vit C yang lumayan besar serta sanggup penuhi 37% kebutuhan setiap hari badan kita.
  • Isi nutrisi tersebut apalagi jauh lebih besar dibanding dengan anggur, apel, serta buah pir.
  • Buah ini secara tradisional digunakan bagaikan obat-obatan paling utama pada bagian biji, batang, buah, dan daunnya tetapi dengan bermacam proses. Perihal tersebut sebab ekstrak bagian tumbuhan tersebut memiliki kegiatan antioksidan yang lumayan besar dalam melawan Micrococcus pyogens var. aereus.
  • Bagian akarnya kerap digunakan secara tradisional bagaikan obat buat kurangi rasa gatal, pengobatan diuretik (menghasilkan air berkemih), serta meringankan edema.
  • Di wilayah polinesia tumbuhan ini kerap digunakan bagaikan obat buat menanggulangi peradangan serta mempunyai aktifitas antiviral, antifungal, serta antibacterial.
  • Walaupun bisa dijadikan bagaikan obat-obatan tetapi tidak dianjurkan buat konsumsi bagian batang, pangkal, dan daun tanpa pengolahan lebih lanjut dalam jumlah yang besar. Perihal ini disebabkan ada isi cyanide yang beresiko untuk badan kita.
Baca Juga:  4 Cara Budidaya Bunga Kamboja Yang Baik Dan Benar

Isi Nutrisi Jambu Bol

Berikut isi nutrisi dari buah Jambu Bol yang mungkin tidak pernah kamu tahu. Isi nutrisi berikut ini ialah jumlah per 100 gr penyajian:

Kandungan GiziJumlahSatuan
Energi105kJ
Protein0.6gram
Karbohirat5.7gram
Lemak0.3gram
Vitamin A339IU
Vitamin C22.3miligram
Niacin0.8miligram
Kalsium29miligram
Besi0.1miligram
Magnesium5miligram
Fosfor8miligram
Kalium123miligram
Zinc0.1miligram
Air93gram

Perihal yang perlu digaris bawahi merupakan isi vit C serta air pada jambu bol lumayan besar.

Bila dibanding dengan buah apel serta pula anggur, isi vit C pada buah jambu bol lebih besar.


Manfaat Jambu Bol buat Kesehatan Tubuhmu

Tingkatkan sistem imun tubuh

Isi vit C dalam buah ini hendak membantu ketahanan badan jadi lebih kuat. Maka dari itu bermacam tipe penyakit yang hendak melanda kesehatan badan bakal menyingkir.

Menghindari osteoporosis

Jambu bol kaya hendak zat besi yang hendak menolong tulang jadi lebih sehat. Isi zat besi pada jambu bol bisa menghindari pengeroposan tulang ataupun osteoporosis.

Sumber energi

Jambu bol dapat sebagai alternatif pengganti nasi sebab memiliki karbohidrat. Karbohidrat yang ada dalam jambu bol bisa jadi sumber tenaga buat melaksanakan aktifitas.

Melindungi kesehatan kulit

Jambu bol berguna untuk kesehatan kulit sebab memiliki vit C serta mineral yang baik buat nutrisi kulit sehingga lebih sehat serta lembut.

Melindungi kesehatan mata

Jambu bol memiliki vit A yang lumayan besar buat melindungi kesehatan mata. Dengan mata yang sehat, penglihatan jadi lebih jelas.

Megatasi sariawan

Apabila terkena sariawan, hendaknya banyak konsumsi buah jambu bol. Jambu bol yang mempunyai tekstur berair serta kaya vit C ini bisa menyembuhkan sariawan serta melindungi rongga mulut.

Menanggulangi permasalahan pencernaan

Apabila kalian susah BAB dengan mudah, itu tandanya kalian kekurangan serat. Jambo bol ini berperan buat memperlancar pencernaan sebab memiliki banyak serat yang baik buat sistem pencernaan badan.

Manfaat Jambu Bol


Manfaat Lainnya

Mencegah Dehidrasi

Isi air pada buah jambu bol lumayan banyak. Mengkonsumsi buah dengan isi air yang lumayan besar bisa menolong badan selalu ion tetap dikelilingi dengan molekul.

Perihal tersebut sangat dibutuhkan buat menghindari kita terserang kehilangan cairan tubuh ataupun kekurangan cairan pada badan.

Efek Samping Jambu Bol

Buah jambu bol sendiri sampai saat ini belum memberikan efek samping negatif terhadap badan.

Tetapi konsumsinya tidak boleh kelewatan mengingat isi vit C yang ada pada 100 gr buah jambu bol telah sanggup mememuhi 37% kebutuhan setiap hari badan.

Baca Juga:  Cara Merawat Pohon Mangga Yang Sedang Berbunga

Metode Penyimpanan

Buah jambu bol seperti buah fresh yang lain sesungguhnya lumayan gampang buat ditaruh.

Berikut tata cara ataupun metode penyimpanan buah jambu bol yang aman sehingga khasiatnya bisa kita rasakan:

  • Pertama buah yang telah kamu beli wajib dicuci bersih dengan memakai air bersih yang mengalir. Hilangkan kotoran yang bisa jadi melekat pada bagian kulit buah.
  • Bilas dengan perlahan bagian kulit buah sebab rentan terkelupas.
  • Sehabis dicuci bersih kamu bisa menaruh buah dalam temperatur ruang selama kurang lebih 5 hari.
  • Tetapi bila mau ditaruh dalam jangka waktu yang lebih lama kami sarankan buat ditaruh di dalam kulkas paling utama di bagian buah serta sayur-mayur.
  • Pastikan saat sebelum disantap buah masih mempunyai daging yang keras ataupun tidak lembek serta menampilkan isyarat busuk.

Saran Penyajian

Pada dasarnya jambu bol bisa disantap semacam buah yang lain ialah dengan metode dimakan langsung.

Buah ini mempunyai isi air yang lumayan banyak sehingga sangat sesuai dijadikan kudapan.

Tetapi terdapat sebagian metode penyajian lain yang bisa jadi bisa kamu jalani:

  • Kamu bisa mengombinasikan buah jambu bol dengan buah-buahan lain buat dijadikan salad.
  • Tinggal tambahkan sebagian perasa semacam perasan jeruk lemon, madu, mayonaise, ataupun salad dressing yang lain.
  • Di Indonesia ataupun kawasan asia tenggara sendiri buah-buahan semacam jambu bol kerap digunakan bagaikan tambahan rujak, terbuat manisan, ataupun ditambahkan garam setelah itu dimakan langsung.
  • Kamu pula dapat meningkatkan coating gula supaya jambu bol bisa diawetkan serta disantap lebih lama.
  • Buah jambu bol pula bisa dijadikan olahan selai ataupun jelly. Tambahkan olahan selai ataupun jelly ini dengan roti ataupun bahan-bahan yang lain buat memperkaya rasa.
  • Kamu pula bisa menambahkan jambu bol ke dalam bermacam olahan lain semacam pie, kue serta sebagainya sebagai bahan aksesoris.

Banyak khasiat dari Jambu Bol, sangat disayangkan bila buah yang berasal dari kawasan Asia Tenggara ini tidak dimanfaatkan dengan optimal.

Demikian ulasan mengenai Manfaat Jambu Bol, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.