Manfaat Ganyong Dan Gizi Pentingnya Untuk Kesehatan

2 min read

Manfaat Ganyong Dan Gizi Pentingnya Untuk Kesehatan

Manfaat Ganyong Dan Gizi Pentingnya Untuk Kesehatan – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Manfaat Ganyong . Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Manfaat Ganyong Dan Gizi Pentingnya Untuk Kesehatan


Ganyong( Canna discolor L. syn. C. Edulis) tercantum keluarga tanaman kana( Cannaceae) yang menghasilkan umbi. Meski berbuah umbi, namun tanaman ini masih berkerabat dekat dengan tanaman kana hias.

Tanaman ini populer dengan sebutan ganyu, banyur maupun laos mekah. Namun keberadaan tanaman ini terus jadi sangat tidak sering dan sulit ditemui karena tidak kerap orang yang komsumsi maupun menanamnya.

Umbi ganyong diketahui dapat jadi sumber pangan alternatif karena isi pati( karbohidrat) yang besar. Umbi ini pula kaya dengan protein, kalori, lemak, vit C, vit B1, fosfor, kalsium dan zat besi.

Buah umbi ini pula diketahui mempunyai sebagian senyawa berarti semacam flavanoida, saponin dan polifenol. Dengan banyaknya isi nutrisi membuat umbi ini tidak cuma mengenyangkan perut.

Ganyong banyak memiliki persamaan nama lain di sebagian daerah di Indonesia, yakni buah tasbih, ubi pikul, ganyal, ganyol, sinetra, dan yang lain.

Istilah di mancanegara buat menyebut ganyong ialah dengan sebutan Queensland Arrowroot. Ganyong yakni jenis tanaman umbi- umbian, maupun yang banyak dimanfaatkan rimpangnya buat dimakan.


Kandungan Gizi Ganyong

Komposisi( isi) gizi per 100 gram” ganyong, dengan BDD= 100%( Berat Dapat Dimakan), semacam berikut ini( urut abjad/ huruf).

  • Abu( Ash): 1, 1 gram
  • Air( Water): 74, 1 gram
  • Besi( Fe), Ferrum, Iron: 0, 9 miligram
  • Tenaga( Energy): 100 Kalori
  • Fosfor( P), Phosphorus: 65 miligram
  • Kalsium( Ca), Calcium: 15 miligram
  • Karbohidrat( CHO): 23, 8 gram
  • Lemak( Fat): 0, 2 gram
  • Protein: 0, 8 gram
  • Serat( Fiber): 0, 9 gram
  • Tiamina( vit B1): 0, 04 miligram
  • Vit C: 6 miligram
Baca Juga:  Cara Menanam Murbei

Umbi ganyong diketahui dapat jadi sumber pangan alternatif karena isi pati( karbohidrat) yang besar. Umbi ini pula kaya dengan protein, kalori, lemak, vit C, vit B1, fosfor, kalsium dan zat besi.

Buah umbi ini pula diketahui mempunyai sebagian senyawa berarti semacam flavanoida, saponin dan polifenol. Dengan banyaknya isi nutrisi membuat umbi ini tidak cuma mengenyangkan perut.


Manfaat serta Khasiat Umbi Ganyong

Isi pati yang besar cocok buat jadi pengganti nasi. Nah, berikut ini berbagai manfaat umbi ganyong buat kesehatan tubuh yang butuh Kalian tahu:

  • Mengatasi Panas Dalam

Tidak cuma mengenyangkan umbi ganyong pula sangat efisien buat meredakan dan mengatasi hambatan panas dalam. Kalian bisa merebus ganyong dan temulak dengan air hingga mendidih dan minum airnya.

  • Baik buat Penderita Diabetes

Tidak cuma bagaikan pengganti pangan, isi pati dalam ganyong pula tidak membuat isi gula darah naik, sehingga santapan ini baik buat pengganti nasi dan sumber karbohidrat buat penderita diabetes.

  • Sumber Tenaga yang Baik

Manfaat umbi ganyong pula baik bagaikan sumber tenaga tubuh karena isi protein dan karbohidrat maupun pati yang besar. Makan bubur ganyong bisa membantu tumbuh kembang anak maupun membuat tubuh lebih segar.

  • Merendahkan Berat Badan

Isi serat yang cukup besar dalam umbi sangat baik buat mendukung program diet maupun merendahkan berat badan. Karena itu masukkan santapan ini dalam menu diet buat memesatkan berat badan sempurna Kalian.

  • Mengobati Luka Lambung

Isi polifenol dan flavanoida dalam ganyong efisien buat menyembuhkan luka lambung. Caranya tinggal makan saja bubur tepung umbi ganyong dengan air, gula merah dan sedikit garam yang dimasak.

  • Baik Buat Pencernaan dan Usus

Isi pati dalam ganyong tampaknya mudah di cerna oleh tubuh. Terlebih dengan isi kimianya membuat umbi ini ampuh melancarkan pencernaan dan kesehatan usus. Bubur ganyong pula baik buat mengatasi diare dan hambatan perut.

  • Mendukung Pertumbuhan Balita

Manfaat umbi ganyong pula baik buat mendukung tumbuh kembang bayi dan balita. Isi zat besi, fosfor dan kalsium yang besar dalam santapan ini sangat dibutuhkan buat pertumbuhan anak.

  • Menguatkan Tulang

Isi kalsium yang besar dalam ganyong efisien memperbaiki dan menguatkan tulang. Makan rebusan maupun bubur ganyong secara berkala sangat baik buat menjauhkan dari hambatan tulang.

  • Mengatasi Radang Saluran Kencing

Manfaat umbi ganyong pula efisien dalam mengatasi radang saluran kencing. Masak saja umbi ini dengan kumis kucing, pangkal alang- alang dan air seperlunya hingga mendidh setelah itu minum airnya selagi hangat.

Baca Juga:  Cara Menanam Semangka Kuning Yang Baik Dan Benar

Manfaat Ganyong Dan Gizi Pentingnya Untuk Kesehatan

Efek Samping Umbi Ganyong

Tidak cuma manfaat umbi ganyong yang baik buat kesehatan, santapan ini pula bisa memberikan akibat yang kurang baik buat tubuh. Mengenai ini karena adanya senyawa tanin dan saponin yang bersifat antinutrisi.

Tanin yang masuk ke dalam perut hendak berhubungan dengan enzim pencernaan. Tampaknya senyawa ini bisa merendahkan kemampuan tubuh dalam mencerna protein yang nyatanya dapat merugikan tubuh.

Tidak cuma itu sebagian enzim pencernaan yang ada, semacam lipase, amilase, kimotripsin dan tripsin pula dapat tersendat. Mengenai ini bisa memunculkan penyerapan nutrisi santapan oleh tubuh kurang optimal.

Begitu pula isi saponin dalam ganyong bersifat toxin yang dapat merugikan tubuh. Mengenai ini karena senyawa ini dapat menghancurkan hemolisis maupun butir darah dalam tubuh.

Namun senyawa ini bisa disingkirkan dengan pemanasan disaat memasak maupun mengolahnya jadi santapan.

Demikian ulasan mengenai Manfaat Ganyong , yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih