Manfaat Daun Kemangi & Cara Menanamnya (Sukses)

2 min read

Manfaat Daun Kemangi & Cara Menanamnya (Sukses)

Manfaat Daun Kemangi & Cara Menanamnya (Sukses) – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang manfaat daun kemangi untuk kesehatan dan cara menanamnya, yang mana akan di jelaskan secara singkat dan terperinci melalui artikel berikut ini :

Manfaat Daun Kemangi & Cara Menanamnya (Sukses)

Mungkin anda semua sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kemangi, daun kemangi dikenal di masyarakat umum biasanya digunakan untuk lalapan, untuk pindang,  memepes ikan, dan lain sebagainya.

Kemangi atau disebut juga dengan Ocimum citriodorum adalah sejenis tanaman perdu dengan memiliki aroma daunnya yang khas, aroma wangi daun kemangi ini cukup menyengat saat anda petik daunnya.

Daun kemangi memiliki aroma dan rasa yang khas sedikit terasa pedas dan pahit, tetapi jangan salah daun kemangi ini memiliki manfaat yang luar biasa, mulai dari untuk kesehatan dan kecantikan. Karena memiliki kandungan sitral maupun minyak atsiri dalam daun kemangi ini yang cukup tinggi.

Bahkan ada dibeberapa daerah dijadikan sebagai bahan campuran jamu, berikut ini adalah beberapa manfaat daun kemangi untuk kesehatan dan kecantikan.

Menjaga Kesehatan Jantung

Daun kemangi yang kaya dengan antioksidan eugenol berguna untuk menurunkan dan mengendalikan kadar kolesterol serta gula darah. Sehingga jika anda mengkonsumsinya sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung anda.

Mengatasi Flu dan Batuk

Daun kemangi juga ampuh sebagai ekspektoran untuk mengencerkan lendir penderita bronkitis dan asma. Mineral dalam sayuran ini juga berkhasiat dalam meredakan dan mengatasi flu dan batuk.

Baca Juga:  15 Cara & Langkah Menanam Cabai Keriting Dengan Tepat

Untuk cara membuat ramuannya, anda bisa merebus daun kemangi dengan cengkeh dan sedikit garam. Setelah matang kemudian anda saring lalu minum airnya secara teratur.

Mengobati Penyakit Dalam

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh John Henry M. berjudul A Dictionary of Practical Material Medical membuktikan bahwa manfaat daun kemangi dapat mengobati berbagai macam penyakit dalam diantaranya beberapa penyakit tersebut adalah gangguan haid, nyeri, pegal-pegal pada payudara, albuminaria, dan penyakit batu ginjal.

Mengontrol Minyak Pada Wajah

Kandungan daun kemangi dapat dijadikan sebagai obat jerawat dan sebagai pengontrol minyak berlebih pada wajah. Antioksidan dan antibakterinya dapat menjaga wajah tetap bersih, kesat, dan bebas dari pori-pori besar. Cara menggunakannya, cukup anda tumbuh sampai hancur dan setelah itu dijadikan masker wajah.

Mengatasi Keputihan

Daun kemangi juga berkhasiat untuk menangkal dan mengobati jamur penyebab keputihan. Karena daun kemangi memiliki senyawa eugenol. Oleh sebab itu anda cukup makan daun kemangi segar sebagai lalapan makan secara rutin.

Itulah beberapa manfaat dari daun kemangi untuk kesehatan dan kecantikan. Selanjutnya jika anda menyukai tanaman ini berikut ini adalah cara menanam kemangi denga baik agar tumbuh dengan subur.

Cara Menanam Kemangi

Tanaman kemangi ini sebenarnya sangat mudah untuk di budidayakan, dan tidak begitu rumit dalam melakukan perawatan. Sehingga siapapun dapat menanamnya dengan baik.

Lahan Tanam

Pertama  adalah anda harus mempersiapkan lahan tanam yang baik dan subur pastinya, dengan cara melakukan pengemburan tanah dengan menggunakan cangkul dan selanjtunya di campur dengan menggunakan pupuk kandang atau kompos, dengan perbandingan 1:1.

Setelah itu lahan yang telah digemburkan bisa di biarkan kurang lebih selama 3-5 hari. Dengan demikian kondisi unsur hara setelah dilakukan penggemburan bisa kembali seperti semula.

Baca Juga:  Cara Menanam Padi dengan Metode SRI (System of Rice Intensification)

Penyebaran Benih Kemangi

Benih kemangi yang digunakan adalah dari bunga-bunga kemangi yang sudah tua, dengan ciri-ciri memiliki warna coklat dan sudah mengering.

Sebaiknya sebelum penebaran benih, anda lakukan penjemuran benih terlebih dahulu di triknya sinar matahari agar benih benar-benar mengering.

Setelah benih mengering dengan rata, selanjutnya anda bisa melakukan penebaran benih tersebut di lahan yang sudah anda siapkan sebelumnya dengan merata, lalu tutuplah tipis-tipis benih tersebut dengan tanah. Selanjutnya siramlah sampai merata dengan menggunakan sprayer.

Perawatan Tanaman Kemangi

Dalam melakukan perawatan tanaman kemangi ini tidaklah sulit, anda cukup melakukan penyiraman secara teratur pagi dan sore hari. Selain itu anda juga perlu melakukan penyiangan agar tanaman utamanya tidak terganggu dari tumbuhan liar yang dapat menggagu proses pertumbuhan.

Selanjutnya anda juga perlu melakukan pemupukan, cukup dengan menggunakan pupuk kandang atau kompos, sehingga tanah tetap terjaga kesuburannya.

Pemanenan

Setelah tanaman kemangi sudah mencapai umur 2-3 bulan, anda dapat melakukan pemanenan. Dalam melakukan pemanenan sebaiknya dengan menggunakan gunting agar ranting daun kemangi terpotong dengan rapih, dan usahakan jangan sampai tumbuh bunga jika anda ingin menghasilkan daun yang lebat dan subur.

Cukup anda sisakan 3 atau 5 batang saja untuk dijadikan sebagai bibit selanjutnya. Jika akan melakukan pembenihan kembali.

Demikian ulasan mengenai Manfaat Daun Kemangi & Cara Menanamnya (Sukses) yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.

Cara Membuat Bibit Brokoli

admin
1 min read

Menanam Kiwi Di Dataran Rendah

admin
2 min read

Daun Semangka Kuning

admin
2 min read