Manfaat Bunga Sepatu Untuk Kesehatan Yang Penting Di Ketahui

2 min read

Manfaat Bunga Sepatu Untuk Kesehatan Yang Penting Di Ketahui

Manfaat Bunga Sepatu Untuk Kesehatan Yang Penting Di Ketahui – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Manfaat Bunga Sepatu. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Manfaat Bunga Sepatu Untuk Kesehatan Yang Penting Di Ketahui


Bunga Sepatu maupun Kembang Sepatu( Hibiscus rosa- sinensis) ialah jenis tanaman bunga dan yakni salah satu tanaman perdu maupun semak yang berasal dari suku Malvaceae.

Tanaman bunga ini berasal dari Asia Timur, Kembang sepatu banyak ditanam buat tanaman hias baik di hawa tropis maupun subtropis.

Bunga sepatu memiliki bunga berbentuk terompet yang terdiri dari 5 daun kelopak yang dilindungi oleh kelopak bonus dengan diameter bunga dekat 6- 20 cm.

Besar tanaman bunga sepatu dekat 2 hingga 5 meter, bentuk daunnya bulat telur melebar maupun bulat telur kecil dengan ujung meruncing.

Tanaman Bunga sepatu berkembang biak dengan tata cara cangkok, stek maupun penempelan.

Bunga sepatu memiliki alterasi warna yang bermacam- berbagai semacam merah, putih kuning, biru, ada yang 2 warna dan masih banyak lagi.


Morfologi Tumbuhan Kembang Sepatu

  • Hibitus: Perdu, tahunan, tegak, besar± 3 m.
  • Batang: Bulat, berkayu, keras, diameter± 9 cm, masih muda ungu sehabis tua putih kotor.
  • Daun: Tunggal, tepi beringgit, ujung runcing, pangkal tumpul, panjang 10- 16 cm, lebar 5- 11 cm, hijau muda, hijau.
  • Bunga: Tunggal, bentuk terompet, di ketiak daun, kelopak bentuk lonceng, berbagi 5, hijau kekuningan, mahkota terdiri dari 5 belas sampai 2 puluh daun mahkota, merah muda, benang sari banyak, tangkai sari merah, kepala sari kuning, putik bentuk tabung, merah.
  • Buah: Kecil, lonjong, diameter± 4 mm, masih muda putih sehabis tua coklat.
  • Biji: Pipih, putih.
  • Pangkal: Tunggang, coklat muda.
Baca Juga:  Kebun Cabe Merah : Panduan lengkap Cara Menanam Cabe Merah (Sukses)

Kandungan Kimia Kembang Sepatu

Daun, bunga, dan pangkal Hibiscus rosa sinensis mempunyai flavonoida. Di samping itu daunnnya pula mempunyai saponin dan polifenol, bunga mempunyai polifenol, akarnya pula mempunyai tanin, saponin, skopoletin, cleomiscosin A, dan cleomiscosin C.


Manfaat serta Khasiat Kembang Sepatu


  • Menyembuhkan Bronkhitis

Bronkhitis ialah peradangan pada bronchus yang menimbulkan terganggunya kinerja saluran pernafasan ke paru- paru. Buat mengatasinya, kita dapat menggunakan bunga dari kembang sepatu.

Buat kamu yang bingung gimana tata cara mengolah kembang sepatu jadi obat buat menyembuhkan bronkitis, sebetulnya sangat mudah sekali, yakni dengan merebus bunga sepatu seperlunya sejauh 15 menit.

Saring airnya, setelah itu diminum. Sehabis itu kamu bisa rasakan manfaat bunga sepatu buat paru parumu, apabila dimakan secara tertib.

  • Obat Penyakit Gonorrhea

Gonorrhea umumnya diucap bagaikan penyakit kencing nanah. Ini ialah penyakit berbahaya yang perlu kilat diatasi.

Cuci bersih bunga kembang sepatu seperlunya, setelah itu di rebus sejauh seperempat jam. Saring airnya serta diamkan semalaman. Besok paginya minum ramuan tersebut.

  • Obat Sakit Kepala

Buat melenyapkan sakit kepala, rebus daun kembang sepatu sejauh setengah jam, setelah itu airnya dipakai bagaikan kompres. Dapat pula digunakan dengan tata cara diminum.

  • Menyembuhkan Gondokan

Gondok maupun gondokan yakni penyakit akibat pembesaran kelenjar tiroid. Letaknya di leher sisi dasar jakun maupun laring.

Buat mengatasinya pakai pangkal kembang sepatu yang di rebus dalam air mendidih sejauh setengah jam. Setelah itu pakai bagaikan obat kompres.

  • Obat Sakit Panas

Ambil saja pangkal dari tanaman kembang sepatu, cuci bersih setelah itu tumbuk sampai halus. Rebus di air mendidih sejauh 30 menit, setelah itu saring. Minum airnya sekaligus.

  • Menyembuhkan Batuk serta Sariawan

Tidak cuma bisa meredakan sakit panas anak, tanaman kembang sepatu ini dapat pula digunakan buat menyembuhkan batuk serta sariawan.

Tata cara mengolah daun bunga sepatu ini yakni kamu cukup mengambil sebagian lembar daun kembang sepatu maupun seperlunya saja.

sehabis itu cuci bersih setelah itu rebus di air mendidih sejauh 15 menit. Saring airnya setelah itu minum air rebusan tersebut.

  • Menciptakan Racun

Manfaat kembang sepatu yang berikutnya ialah buat mengelularkan racun. Namun, buat komsumsi kamu harus mengolah kembang sepatu jadi teh terlebih dahulu.

Baca Juga:  Tanaman Kacang Koro

Teh yang terbuat dari kelopak bunga sepatu memiliki isi anti- oksidan besar yang bisa membantu menciptakan racun dari dalam tubuh.

Tidak cuma itu, dapat pula melawan kanker serta mengurangi isi kolesterol dalam darah. Dikala ini ini teh bunga sepatu telah banyak di jual bebas di pasaran.

  • Melindungi Kesehatan Kulit

Isi minyak yang ada dalam bunga sepatu bisa membantu Kalian membersihkan kulit wajah, mengangkat sel kulit mati serta membuat kulit lebih halus.

Tidak cuma itu, bagian bunganya pula memiliki sifat anti inflamasi hingga bisa membantu mengatasi jerawat serta menjauhi penuaan dini.

Langkahnya, ambil kelopak bunga sepatu setelah itu remas- remas serta gosokkan di sekitaran wajah serta leher secara lembut.

  • Mengatasi PMS

Premenstrual Syndrom( PMS) berlangsung pada wanita ketikamenjelang haid di mana terjalin pergantian hormonal yang menimbulkan suasana hati jadi tidak menentu.

Buat mengatasi Mengenai itu, Kalian dapat komsumsi teh bunga sepatu biar perasaan jadi lebih rileks.

Manfaat Bunga Sepatu Untuk Kesehatan Yang Penting Di Ketahui

  • Meredakan Demam serta Pilek

Anggota keluarga Kalian hadapi demam diiringi pilek? Tidak ada salahnya buat berupaya teh bunga sepatu. Di dalamnya ada ada isi vit C yang membantu melawan virus aspek pilek.

  • Merendahkan Berat Badan

Hampir kebanyakan orang tentu ingin mempunyai tubuh ramping serta sehat. Tetapi, tumpukan lemak serta kalori dalam tubuh acapkali menimbulkan kegemukan. Buat mengatasinya Kalian dapat berupaya komsumsi teh bunga sepatu secara tertib.

Demikian ulasan mengenai Manfaat Bunga Sepatu , yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih