Kandungan Petai

2 min read

Kandungan Petai

Kandungan Petai – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Kandungan Petai. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Kandungan Petai


Petai serta jengkol kerap dilihat bagaikan santapan kampung. Walaupun berbau menusuk, banyak orang menggemarinya.

Semacam pangan yang lain, petai serta jengkol tidak hanya berguna pula beresiko bila dimakan kelewatan.

Petai (Parkia speciosa) sangat terkenal di Indonesia, pula di Laos, Burma, Malaysia, Singapore, bagian selatan Thailand, serta timur laut India.

Tidak hanya dinikmati oleh masyarakat lokal, petai pula diekspor dalam wujud beku ataupun direndam air garam.

Polong yang berbau menusuk ini dikenal sebagai sumber antioksidan alami. Periset dari National University of Singapura mengatakan kalau petai besar isi zat phenolic, lebih besar dibandingkan sayur-mayur lain.

Polongnya lebih banyak memiliki phenolic dibandingkan bijinya, sehingga isi antioksidannya lebih besar.


Nutrisi apa saja yang ada di dalam petai?

Berikut ini merupakan zat-zat yang termasuk dalam petai yang dilansir dari Your Health Remedy:

  • protein 6, 0- 27, 5 g
  • lemak 1, 6- 13, 3 g
  • karbohidrat 13, 2- 52, 9 g
  • serat mentah 1, 7- 2, 0 g
  • tenaga 91, 0- 441, 5 kcal
  • kalsium 108, 0- 265, 1 mg
  • zat besi 2, 2- 2, 7 mg
  • kalium 341, 0 mg
  • fosfor 115, 0 mg
  • mangan 42, 0
  • magnesium 29, 0
  • tembaga 36, 7 ppm
  • zinc 8, 2 ppm
  • vit C 19, 3 mg
  • thiamine 0, 28 mg
  • α- tokoferol 4, 15 mg

Bermacam Manfaat Petai buat Kesehatan

Melihat banyaknya nutrisi yang tercantum pada petai, maka tidak heran apabila petai memberikan bermacam khasiat untuk kesehatan.

Berikut ini merupakan sebagian khasiat petai yang dapat Kamu peroleh:

Mengendalikan gula darah

Kandungan gula darah besar ialah salah satu ciri penyakit diabet. Bila dibiarkan berkelanjutan, kandungan gula darah besar yang tidak terkendali ini bisa memunculkan bermacam komplikasi yang beresiko.

Baca Juga:  Cara Menanam Pohon Kersen

Oleh sebab itu, penting buat mengendalikan kandungan gula darah guna menghindari penyakit diabet serta kurangi resiko terbentuknya komplikasi diabet.

Gula darah dapat dikontrol dengan teratur berolahraga dan konsumsi santapan sehat serta menghalangi konsumsi gula.

Salah satu santapan yang dipercaya baik buat mengendalikan gula darah merupakan petai.

Ini berkat isi antioksidan dan zat kimia beta-sitosterol serta stigmasterol pada petai yang bisa melindungi supaya gula darah tidak melonjak.

Melawan radikal bebas

Petai ialah salah satu makanan dengan kandungan antioksidan besar yang dapat mencegah akibat radikal bebas pada sel-sel badan.

Kehancuran sel akibat radikal bebas ini dapat memunculkan bermacam-macam penyakit, semacam kanker, penyakit jantung, katarak, penuaan dini, serta diabet.

Menyehatkan saluran pencernaan

Petai ialah sumber serat yang baik. Dengan penuhi konsumsi serat yang lumayan, Kamu hendak bebas dari bermacam permasalahan pencernaan, semacam wasir.

Tidak hanya itu, serat pula hendak membuat Kamu merasa kenyang lebih lama, sehingga dorongan buat makan kelewatan serta ngemil dapat menurun.

Perihal ini menjadikan petai sebagai salah satu opsi makanan yang baik buat melindungi berat tubuh senantiasa sempurna.

Kandungan Petai


Melindungi kesehatan jantung

Jantung berperan buat memompa darah ke segala badan guna mendukung kelangsungan hidup.

Sebab kedudukannya begitu berarti, kesehatan jantung wajib tetap dilindungi. Salah satu makanan yang dianggap baik buat jantung merupakan petai.

Ini berkat isi serat, antioksidan, dan kalium di dalam petai. Kalium ialah elektrolit serta mineral yang bisa melindungi tekanan darah supaya senantiasa normal.

Sebaliknya serat serta antioksidan pada petai bisa menolong menghindari pembuatan plak pada pembuluh darah jantung.

Mencegah infeksi

Sebagian riset di laboratorium menampilkan kalau ekstrak petai nampak bisa membasmi bakteri serta jamur pemicu peradangan. Penemuan ini berikan petunjuk kalau petai berpotensi bagaikan antibakteri serta antijamur.

Akan namun, informasi tersebut belum bisa merumuskan kalau khasiat petai teruji efisien serta nyaman digunakan sebagai obat buat menanggulangi peradangan.

Baca Juga:  Langkah Cara Menanam Buah Carica Pepaya Gunung Dieng

Terdapat banyak khasiat petai untuk kesehatan yang tidak kita sadari. Sayangnya, sebagian khasiat petai tersebut baru dikenal lewat sebagian riset berskala kecil.

Oleh karena itu, riset lebih lanjut masih butuh dicoba buat membenarkan khasiat petai secara medis sebagai penyembuhan.


Kenapa petai beresiko untuk ginjal?

Petai beresiko untuk ginjal sebab banyak memiliki asam amino. Serta perihal ini yang menimbulkan aroma yang tidak nikmat pada urine.

Sebab asam amino kaya hendak faktor Nitrogen serta faktor Sulfur yang hendak diganti jadi Amoniak (NH3) serta hidrogen sulfida (H2S) (yang menimbulkan kentut bau).

Semacam yang kita tahu asam amino ini ialah komponen berarti dalam penataan protein.

Namun apabila dalam jumlah banyak maka hendak dibuang lewat ginjal serta dampaknya protein yang berat molekulnya besar.

Hendak mengganggu jaringan pada ginjal serta efeknya hendak di temukan protein dalam urine. Indikasi ini dinamakan proteinuria.

Perihal yang Butuh Dicermati Saat sebelum Komsumsi Petai

Petai memanglah berpotensi memberikan banyak khasiat baik buat kesehatan, tetapi bukan berarti Kamu dapat komsumsi secara kelewatan.

Buat memperoleh badan yang sehat, Kamu pula butuh komsumsi makanan sehat bergizi balance yang terdiri dari bermacam tipe santapan.

Mengkonsumsi petai dalam jumlah kelewatan tidak dianjurkan sebab berisiko mengganggu ginjal.

Tidak hanya itu, pengidap asam urat pula dianjurkan buat menghalangi mengkonsumsi petai karena tanaman ini mempunyai isi purin.

Tingginya kandungan zat ini dapat menimbulkan menaiknya kandungan asam urat dalam darah.

Walaupun petai mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan, bukan berarti konsumsi petai bisa mengambil alih fungsi obat-obatan.

Bila masih ragu ataupun mempunyai persoalan seputar khasiat petai serta pengaruhnya untuk kesehatan, Kamu dapat bertanya dengan dokter gizi.

Demikian ulasan mengenai Kandungan Petai, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.