Kandungan Mentimun

2 min read

Kandungan Mentimun

Kandungan Mentimun – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Kandungan Mentimun. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Kandungan Mentimun


Mentimun atau biasa kita sebut mentimun atau timun adalah salah satu jenis buah yang tergolong dalam suku Labu-labuan (Cucurbitacea) dan sering disajikan sebagai sayur atau makanan penyegar.

Secara ilmiah mentimun tergolong buah karena memiliki lapisan atau kulit terluar (Exocarp), lapisan tengah yang biasa disebut daging buah (Mesocarp), lapisan yang mengelilingi biji (Endocarp), dan bijinya sendiri.

Mentimun atau buah ketimun bisa dimakan segar atau diolah menjadi jus tanpa melalui proses pemanasan (pemasakan).

Mentimun diyakini berasal dari Asia Selatan, tetapi dibudidayakan secara luas di banyak negara di dunia. Buah ketimun yang dalam bahasa Inggris disebut mentimun ini memiliki nama ilmiah “Cucumis sativus L”.


Fakta Gizi Mentimun (Cucumber)

Selain kandungan airnya yang tinggi, mentimun atau mentimun mengandung beragam vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Berikut ini komposisi nutrisi atau gizi ketimun per 100 gramnya.

Jenis Nutrisi / GiziKandunganAKG%
Kalori15kcal
Karbohidrat3,63g
Air95,23g
Protein0,65g
Gula1,67g
Serat0,5g
Lemak0,11g
Vit C2,8mg3%
Vit K16,4µg16%
Vit B1 (Thiamine)0,027mg2%
Vit B2 (Riboflavin)0,033mg3%
Vit B3 (Niacin)0,098mg1%
Vit B5 (Panthothenic acid)0,259mg5%
Vit B9 (Folat)7µg2%
Kalsium16mg2%
Zat Besi0,28mg2%
Magnesium13mg4%
Fosfor24mg3%
Potassium (Kalium)147mg3%
Sodium2mg0%
Seng (Zinc)0,2mg2%
Baca Juga:  Bunga Dahlia : Cara Menanam, Jenis, Persiapan Dan Perawatan

Manfaat kesehatan mentimun

Berikut beberapa manfaat ketimun atau timun untuk kesehatan anda.

Menjaga kesehatan tulang

Ketimun mengandung kadar vitamin K yang sangat tinggi, yaitu sekitar 16,4 µg atau sekitar 16% dari kebutuhan vitamin K.

Diyakini bahwa vitamin K menyerap kalsium, berkontribusi pada kelahiran yang sehat, dan mencegah patah tulang serta masalah tulang lainnya.

Pencegahan kanker

Menurut Mentimun, mentimun mengandung antioksidan polifenol yang disebut lignan (pinoresinol, laricyresinol, dan secoisolariciresinol) yang dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara, rahim, dan prostat.

Mentimun juga mengandung nutrisi tanaman yang disebut cucurbitacin, yang memiliki sifat antikanker.

Menjaga kesehatan kulit

Mentimun mengandung silika, bahan penting yang menjaga kesehatan kulit serta memperkuat otot dan tulang. Kandungan air mentimun yang tinggi membuat kulit tetap lembab.

Ekstrak mentimun sering digunakan untuk mengobati berbagai jenis kondisi kulit, seperti terbakar sinar matahari atau pembengkakan pada kulit di bawah mata.

Asam askorbat dan asam caffeic yang terkandung di dalamnya juga dapat mencegah kehilangan air dalam tubuh kita.

Kandungan Mentimun


Kontrol tekanan darah

Sebuah studi yang dilakukan oleh DASH (diet untuk menghentikan tekanan darah tinggi) pada orang yang mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium, potasium, dan serat tinggi dapat menyebabkan tekanan darah turun ke level normal.

Ketimun merupakan makanan yang mengandung magnesium, potasium dan serat yang membantu tubuh kita mengontrol tekanan darah.

Mengurangi risiko penyakit jantung

Nutrisi yang terdapat pada mentimun, seperti magnesium dan potasium, berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung.

Nutrisi atau nutrisi ini dapat meningkatkan fungsi saraf dalam tubuh kita dan mengontrol tekanan darah dalam tubuh kita.

Ketimun juga mengandung lignin, yang dikenal sebagai komponen anti-inflamasi yang membantu meningkatkan kekebalan kita dan mengurangi timbulnya semua risiko yang terkait dengan penyakit kardiovaskular.

Baca Juga:  Cara Menanam Lada Hitam Yang Pastinya (Panduan Lengkap)

Cara sehat untuk memanfaatkan mentimun

Beberapa dari Anda mungkin perlu mengupas mentimun sebelum memakannya. Namun, untuk memaksimalkan asupan serat Anda, lebih baik dikonsumsi bersama kulit Anda.

Mengupas mentimun sebenarnya mengurangi beberapa vitamin dan mineral. Ketimun bisa direndam sebentar di air hangat untuk menghindari risiko pestisida.

Untuk memberikan kesegaran di sore yang panas, Anda bisa memasukkan ketimun dengan air. Kemudian tambahkan beberapa lembar daun mint.

Simpan campuran ini di lemari es sebentar. Tentunya ini cara yang menyenangkan untuk mendapatkan khasiat dan khasiat ketimun.

Jus dengan menambahkan beberapa buah dan sayuran berbeda juga bisa menjadi minuman yang menyehatkan dan menyegarkan.

Lebih baik tidak menambahkan gula. Kalau mau yang sedikit rasa, bisa taburi sedikit dengan stevia.

Karena berbagai manfaat dan khasiat mentimun di atas, maka tidak ingin menyia-nyiakan lalapan saat makan pecel lele.

Demikian ulasan mengenai Kandungan Mentimun, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.

Cara Membuat Bibit Brokoli

admin
1 min read

Menanam Kiwi Di Dataran Rendah

admin
2 min read

Daun Semangka Kuning

admin
2 min read