Kandungan Gizi Selada

4 min read

Kandungan Gizi Selada

Kandungan Gizi Selada – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Kandungan Gizi Selada. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Kandungan Gizi Selada


Sayur Selada merupakan sejenis sayur-mayur berdaun hijau yang renyah serta ialah salah satu sumber nutrisi penting yang berguna untuk kesehatan badan kita.

Sayur yang diyakini berasal dari Mesir ini umumnya ditanam di wilayah yang beriklim lagi serta tropis.

Pada biasanya, ada 4 kelompok budidaya Sayur Selada ialah Selada Capitata (Selada kepala renyah (crisphead, iceberg).

Serta kepala mentega (butterhead), Selada Longifolia (Selada Cos), Selada Crispa (Selada daun longgar) serta Selada Asparagina (Selada batang).

Secara ilmiah, Sayur Selada diketahui dengan nama Lactuca Sativa sebaliknya dalam bahasa Inggris diucap dengan Lettuce.

Sayur Selada ini umumnya dimakan secara fresh sebagai bagian penting dalam salad serta lalapan ataupun dapat pula diolah jadi juice daun selada.


Kandungan Gizi Sayur Selada

Berikut ini merupakan Isi Gizi Sayur Selada dalam tiap 100gramnya.

Catatan: Kandungan gizi Sayur Selada Green Leaf mentah (Raw Green Leaf Lettuce).

Jenis Nutrisi / GiziKandunganAKG%
Kalori (Energi)15kcal1%
Karbohidrat2,87g2%
Serat1,3g3%
Air94,98g
Protein1,36g2%
Lemak0,15g0,5%
Vitamin A7405IU247%
Vitamin C9,2mg15%
Vitamin D
Vitamin E0,29mg2%
Vitamin K126,3µg105%
Vitamin B1 (Thiamine)0,070mg6%
Vitamin B2 (Riboflavin)0.080mg6%
Niacin0,375mg2%
Vitamin B5 (Pantothenic acid)0,134mg2,5%
Vitamin B6 (Pyridoxine)0,090mg7%
Vitamin B9 (Folat)38µg9,5%
Kalsium36mg3,5%
Zat Besi0,86mg10%
Magnesium13mg3%
Manganese0,250mg11%
Fosfor29mg4%
Potassium (Kalium)194mg4%
Seng (Zinc)0,18mg1,5%

Manfaat Selada buat Kesehatan

Sehabis mengenali bermacam kandungan gizi dalam selada, maka tidak heran bila komsumsi selada memberikan banyak khasiat untuk kesehatan badan. Berikut penjelasannya:

Merendahkan Berat Badan

Ingin menurunkan berat tubuh? Coba mengkonsumsi selada sebagai salah satu santapan pengganti santapan siap saji yang kerap dimakan.

Selada cuma memiliki kurang lebih 17 kalori dan mempunyai isi air yang besar yang bisa membuat Kamu kenyang.

Melindungi Kesehatan Mata

Wortel tidaklah salah satunya sayur-mayur yang bisa melindungi mata sebab kenyataannya, selada pula dapat melindungi kesehatan mata serta menghindari katarak.

Tidak hanya itu, beta-karoten di dalam selada pula sanggup menghindari kehabisan penglihatan sebab umur.

Baca Juga:  Cara Mengobati Penyakit Pada Bebek

Menghindari Penyakit Kanker

Bersumber pada riset, ekstrak daun Selada bisa menghindari penyebaran sel leukemia serta sel kanker buah dada.

Sayur Selada pula memiliki Flavonoid yang bisa menolong melindungi badan dari kanker paru-paru serta rongga mulut.

Dengan demikian memasukkan Sayur Selada ke dalam makanan kita bisa menolong melawan bermacam tipe penyakit Kanker.

Menolong Tingkatkan Metabolisme Tubuh

Metabolisme merupakan proses yang dicoba badan buat memperoleh tenaga. Oleh sebab itu, sangat berarti untuk badan kita buat metabolisme makanan yang kita konsumsi dengan benar.

Jika tidak, kita hendak sangat susah buat memperoleh tenaga yang dibutuhkan buat menunjang kegiatan kita tiap hari.

Sayur Selada memiliki zat besi, magnesium serta kalium yang bisa menolong tingkatkan proses metabolisme dalam badan kita. Selada pula memiliki Vit B-kompleks yang menolong metabolisme kita.

Menghindari Komplikasi Kehamilan

Khasiat daun selada untuk bunda berbadan dua serta bakal anak pasti sayang jika dilewatkan. Alasannya, daun selada merupakan sumber folat yang besar.

Senyawa folat teruji bisa menekan resiko kecacatan pada bakal anak. Selada yang kaya hendak vit K pula sanggup menghindari pendarahan sehabis persalinan.

Alasannya, vit K berperan buat melindungi supaya darah bunda berbadan dua serta janinnya tidak sangat encer.

Kandungan Gizi Selada


Memantapkan Otot

Mau otot yang kokoh? Kamu dapat komsumsi selada buat tingkatkan kandungan potasium dalam badan buat melindungi kekuatan otot Kamu.

Menghindari Peradangan

Ekstrak Selada memiliki Biokatalis semacam Lipoksigenase serta Karagenan yang berperan bagaikan anti-peradangan (anti-inflamasi).

Dengan demikian bermacam penyakit yang disebabkan oleh peradangan bisa dihindari dengan memasukkan Sayur Selada ke dalam santapan kita tiap hari.

Baik buat Pencernaan

Selada ialah salah satu sayur-mayur yang dapat dijadikan sumber serat buat pencernaan. Serat dalam selada bisa menghindari wasir sebab tinja yang membeku.

Merendahkan Tekanan Darah

Mineral potasium yang terletak di dalam selada bisa merendahkan tekanan darah serta kurangi resiko terserang stroke, dan melindungi penyeimbang cairan serta peredaran darah.

Melindungi Jantung serta Peredaran Darah

Isi potasium dalam selada sanggup melindungi kesehatan jantung serta peredaran darah sedangkan senyawa vit A serta C di dalamnya bisa menghindari penimbunan kolesterol di pembuluh darah.

Folat yang termasuk dalam selada bisa menghindari Kamu dari hadapi komplikasi penyakit jantung yang sungguh- sungguh dengan memecah senyawa homocysteine dalam badan.


Mencegah Radikal Bebas

Di balik penampilannya yang biasa saja, selada mempunyai isi antioksidan yang besar yang bisa mencegah radikal bebas yang berisiko merangsang bermacam permasalahan kesehatan.

Menjaga Kecantikan Kulit

Kekurangan konsumsi vit A bisa membuat corak kulit jadi tidak rata ataupun belang. Sebaliknya kekurangan vit C dapat membuat kulit kilat keriput, kendur, serta kumal.

Nah, teratur komsumsi daun selada yang kaya hendak vit A serta C dapat menolong menjaga kulit Kamu supaya nampak lebih sehat, kencang, serta lembut.

Isi air yang besar dalam daun selada pula dapat melindungi kelembapan kulit Kamu secara natural sehingga tidak kering ataupun bersisik.

Baca Juga:  Menanam Semangka di Polybag Untuk Pemula (Panduan Sukses)

Menolong Menghindari Insomnia

Tidak bisa tidur merupakan kendala kesehatan yang menimbulkan seorang susah tidur maupun tidak cukup.

Cairan putih yang diucap dengan Laktucarium yang dikandung oleh daun Selada ini bisa menolong menanggulangi permasalahan Tidak bisa tidur.

Cairan ini mempunyai sifat rileks serta bisa memicu seseorang buat tidur, tetapi tidak mempunyai efek samping.

Bila terjadi kesusahan tidur, kita bisa coba buat komsumsi sebagian helai daun selada buat mengatasinya.

Menolong Mengatur Kecemasan

Sayur Selada mempunyai sifat ansiolitik yang menolong mengatur kecemasan.

Daun Selada mempunyai kedudukan dalam proses kesehatan neurologis serta menolong menanggulangi permasalahan mental semacam tekanan mental serta perasaan kecemasan yang kelewatan.

Mempunyai Sifat Antimikroba

Sayur Selada mempunyai sifat antimikroba serta bisa menolong melawan mikroba beresiko yang bisa menimbulkan bermacam penyakit.

Perihal ini diakibatkan oleh keberadaan Terpen serta Cardenolides yang berperan melindungi badan kita dari mikroba jahat.


Efek Samping Selada

Selada memanglah mempunyai khasiat serta isi gizi yang besar. Tetapi, dalam komsumsi selalu wajib pas serta tidak kelewatan. Berikut dampak samping bila komsumsi selada secara kelewatan serta tidak pas.

Mengusik Sistem Saraf

Selada mempunyai cairan lactucarium yang berperan menenangkan sistem saraf. Fungsi ini sangat menolong apabila seorang hadapi kesusahan tidur, rasa takut serta rasa khawatir.

Nyatanya, selada tidak boleh disantap oleh seorang yang baru hadapi aksi medis pembedahan. Perihal ini sebab dalam pembedahan, penderita hendak menerima anestesi dari kedokteran.

Apabila seorang pasca pembedahan komsumsi selada, dikhawatirkan hendak menaikkan dosis anestesi serta memperparah sistem saraf.

Hendaknya mengkonsumsi selada sehabis 2 minggu pasca pembedahan berlangsung.

Nutrisi yang Tidak Seimbang

Konsumsi selada sebagai menu diet memanglah baik. Tetapi, perihal ini tidak pas apabila dimakan sering tanpa terdapat tambahan dari bahan santapan yang lain.

Sayur-mayur semacam selada memiliki rendah protein, kerbohidrat serta lemak. Sementara itu ketiga nutrisi ini sangat dibutuhkan badan.

Bila cuma komsumsi sayur-mayur selada dalam waktu yang lama serta tidak dibarengi dengan mengkonsumsi santapan lain menyebabkan ketidakseimbangan nutrisi dalam badan.

Mengkonsumsi selada bersama dengan bahan makanan lain supaya nutrisi dalam badan bisa balance serta tercukupi.


Tips menaruh:

Jangan mencuci daun selada. Bungkus daun selada yang baru dibeli dengan serbet lembap, masukkan ke dalam kantong plastik, serta simpan di dalam kulkas. Dengan begitu, selada hendak bertahan sampai 2 minggu.

Tips mengolah:

  • Potong kecil-kecil daun selada, pakai sebagai kombinasi nasi ataupun mi goreng.
  • Pakai daun selada yang lebar sebagai pengganti kulit lumpia.

Demikian ulasan mengenai Kandungan Gizi Selada, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.