Kandungan Gizi Ikan Kakap

1 min read

Kandungan Gizi Ikan Kakap

Kandungan Gizi Ikan Kakap – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Kandungan Gizi Ikan Kakap. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Kandungan Gizi Ikan Kakap


Ikan merupakan sumber protein yang baik selain daging sapi atau ayam. Jenis ikan yang cukup disukai dan laris di pasaran adalah ikan kakap.

Ya, ikan yang berasal dari perairan laut dalam memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak.

Bahkan makan ikan kakap bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda. Lantas, apa saja kandungan nutrisi di dalamnya?


Tidak suka makan kakap? Coba cari tahu dulu kandungan nutrisinya!

Kandungan protein pada ikan kakap tidak perlu diragukan lagi. Dalam 100 gram ikan kakap terdapat 20,51 gram protein.

Ya, Anda bisa mengandalkan ikan kakap sebagai sumber protein yang memiliki jumlah kalori rendah sehingga aman bagi Anda yang sedang menjalani diet ketat.

Terlepas dari jumlah kalori yang rendah dan kandungan protein yang tinggi, nutrisi apa yang dikandungnya?

Lemak baik

Jangan khawatir, makan ikan kakap tidak akan menambah total lemak tubuh Anda. Pasalnya, lemak yang dimiliki ikan ini merupakan lemak baik yaitu lemak tak jenuh.

Di dalam tubuh, lemak tak jenuh akan membantu menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, terdapat pula asam lemak omega-3 yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Dalam 100 gram ikan kakap terdapat 0,31 gram asam lemak omega-3.

Baca Juga:  Burung Merpati yang Cerdas dan Berkualitas (Bahas Lengkap)

The American Heart Association menyatakan bahwa mengonsumsi makanan yang tinggi asam omega-3 mengurangi risiko penyakit jantung dan membantu menjaga kadar kolesterol normal.

Kandungan Gizi Ikan Kakap


Mineral

Kandungan mineral pada ikan kakap sangat banyak. Jika mengkonsumsi 100 gram ikan kakap maka mineral yang anda dapatkan adalah:

  • Kalsium: 32 mg
  • Besi: 0,18 mg
  • Fosfor: 198 mg
  • Seng: 0,36 mg

Mineral yang terkandung dalam ikan kakap cukup beragam, sehingga makan ikan kakap juga dapat memenuhi kebutuhan mineral tubuh.

Berbagai mineral tersebut memiliki manfaat masing-masing untuk tubuh, namun sebagian besar berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan sel tubuh.

Vitamin

Tidak hanya kaya akan mineral, makan ikan kakap juga dapat membantu memenuhi sebagian kebutuhan mineral Anda. Kandungan vitamin dalam 100 gram ikan kakap adalah:

  • Vitamin A: 106 IU
  • Vitamin D: 408 IU

Selain itu, terdapat beragam vitamin B di dalamnya, mulai dari folat, tiamin, niasin, hingga riboflavin. Vitamin B telah terbukti baik untuk kesehatan otak.

Sedangkan vitamin A dibutuhkan untuk kesehatan mata dan vitamin D merupakan penentu kesehatan tulang.


Berapa banyak ikan kakap yang harus dikonsumsi dalam sehari?

Anda bahkan bisa makan ikan kakap sebagai lauk untuk setiap makan besar.

Untuk setiap makan besar, sebaiknya Anda hanya makan satu porsi ikan kakap atau setara dengan 40 gram ikan (kira-kira berukuran setengah kelapa sawit).

Selain itu, sebaiknya hindari gorengan, karena hanya akan membuat Anda gemuk dan tidak baik untuk kesehatan.

Meski memang mengandung banyak nutrisi, sebaiknya Anda juga memvariasikan lauk dengan sumber protein lain. Jadi, tubuh akan mendapat lebih banyak nutrisi.

Demikian ulasan mengenai Kandungan Gizi Ikan Kakap, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.