Jenis Tanaman Pagar

2 min read

Jenis Tanaman Pagar

Jenis Tanaman Pagar – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Jenis Tanaman Pagar.

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Jenis Tanaman Pagar


Pagar hidup ialah istilah buat pagar yang dibangun dari tumbuhan yang manfaatnya buat pagar.

Pagar hidup tersebut dapat ditanam memakai bermacam-macam tumbuhan pagar asalkan memiliki arti batang yang lumayan kuat serta daun yang pula lebat.

Jenis-jenis tumbuhan yang umumnya digunakan sebagai pagar misalnya beluntas, bunga bougenville, bunga sepatu, bunga soka, pucuk merah, serta bermacam macam jenis tumbuhan yang lain.

Tanaman pagar mempunyai banyak manfaat. Bukan cuma sebagai pembatas antara lahan yang satu dengan yang lain, ataupun menghalangi antara rumah dengan jalan setapak.

Tetapi lebih jauh lagi tumbuhan pagar dapat berguna untuk binatang liar sebagai tempat berlindung, sumber makanan, serta sebagai koridor di mana mereka bisa bergerak lewat lanskap.


Tanaman Pagar

Tanaman pagar merupakan tumbuhan berbentuk pohon ataupun semak yang ditanam dalam jarak dekat dengan tujuan buat membentuk penghalang ataupun buat mencirikan batasan zona, semacam antara lahan orang sebelah, buat memisahkan jalur dari lahan yang berdampingan.

Tidak hanya itu, tumbuhan pagar pula kerap berperan sebagai tumbuhan hias yang ditujukan buat penahan angin yang notabennya bisa mengganggu panorama alam di dalam rumah.


Jenis Tanaman Pagar

  • Boksus/Boxwood( Buxus)

Boksus ialah salah satu tumbuhan pagar yang terkenal. Tumbuhan yang rimbun serta produktif ini dapat berdiri tegak serta mirip dengan tumbuhan anak nakal.

Tingginya apalagi dapat mencapai 6 m. Sehingga kamu bebas membentuknya sesuai selera. Jenis tumbuhan pagar ini pula sesuai buat halaman dibuat labirin.

  • Hortensia (Hydrangea)

Genus ini mempunyai 70-75 spesies yang berasal dari Asia Selatan, Asia Timur, Amerika Selatan, serta Amerika Utara. Tetapi kebanyakan hydrangea berasal dari Cina serta Jepang.

Baca Juga:  Cara Mengobati Penyakit Pada Bebek

Tumbuhan ini dapat tumbuh dibawah cahaya matahari ataupun juga di tempat teduh. Alterasi hortensia memberikan kamu pilihan wujud, ukuran, corak serta waktu mekar bunganya.

  • Mawar/Rose (Rosa)

Mawar jadi opsi favorit lain yang kerap dijadikan pagar. Beberapa  mawar dinilai gampang berkembang serta mekar.

Apalagi kala kamu malas memangkas semak-belukarnya, mawar hendak senantiasa berbunga indah.

  • Teh Tehan

Tumbuhan pagar yang satu ini wujud daunnya mirip dengan tumbuhan teh. Sebab memanglah tumbuhan teh tehan ini salah satu jenis tumbuhan semak.

Teh Tehan dapat digunakan buat pagar rumah alami yang unik. Uniknya disini merupakan kamu dapat memangkas tumbuhan ini sesuai dengan wujud yang kamu mau.

Pemeliharaannya pula terbilang gampang, Kamu cukup menyiram tumbuhan ini 1 hari 1 kali saja.

Jenis Tanaman Pagar


  • Duranta Repens

Duranta Repens dapat mencapai tinggi 25 centimeter. Kerap digunakan buat tanaman pagar ground cover. Tumbuhan pagar hias ini mempunyai 2 warna ialah hijau serta pula kuning.

Salah satu kekurangan tumbuhan Duranta Repens merupakan bila dia telah berkembang dengan tinggi mencapai 75 centimeter.

Sehingga pada bagian bawahnya tidak ada lagi cabang serta daun. Sehingga membuat kesan pagar tumbuhan ini mempunyai lubang dibagian bawah.

  • Bunga Soka

Tidak hanya Teh Tehan, tumbuhan yang kerap digunakan buat pagar natural merupakan bunga soka. Bunga soka mempunyai bunga berwarna merah.

Buat pemeliharaanya terbilang gampang cukup di pangkas 2 minggu 1 kali serta disiram 1 hari 1 kali saja. Nantinya tumbuhan hias ini hendak cepat berbunga.

  • Beluntas

Tumbuhan beluntas tidak cuma dimanfaatkan buat tumbuhan obat herbal saja. Melainkan pula difungsikan buat tumbuhan pagar alami.

Dari Beluntas ini yang buatnya menarik merupakan dia dapat berkembang tanpa perawatan sama sekali.

Baca Juga:  √ Langkah-langkah Cara Okulasi Jambu Jamaika (Panduan Lengkap)

Tetapi buat Kamu yang menginginkan tampilan beluntas yang indah, sehingga tumbuhan pagar ini harus buat Kamu pangkas tiap 2 minggu 1 kali.

  • Pucuk Merah

Tumbuhan ini sifatnya perdu semak (tumbuhan mini), sesuai dijadikan sebagai pagar rumah buat memberikan kesan lebat.

Ditambah lagi tiap usai dipangkas pucuk daun yang baru berkembang hendak berwarba merah, memberikan nilai estetika lebih kepada sisi rumah yang ditanami tumbuhan pagar pucuk merah.

  • Tumbuhan Cedar (Cemara-Cemaraan)

Untuk Kamu yang mempunyai rumah dengan ukuran besar ataupun vila, tumbuhan cedar sesuai buat dijadikan pagar sebab tumbuhan ini berkembang besar berdaun duri, di Indonesia lebih dikenal sebagai tumbuhan cemara.

Dengan pertumbuhannya yang besar, maka tumbuhan ini bisa menutupi bangunan rumah dengan memberikan sentuhan kesegaran.

  • American holy

American holy ialah saudara dekat japanese holy. Mereka mempunyai tekstur yang sama, cuma saja american holy tidak berkembang sangat besar.

Jadi untuk Kamu yang mempunyai rumah yang tidak sangat besar, dapat memakai tumbuhan jenis inisebagai pagar buat menutupi bangunan rumah Kamu.


Kesimpulan Memakai Tanaman Buat Pagar Rumah

Memakai tanaman buat pagar rumah memanglah hendak membuat rumah kita terlihat lebih sejuk serta tidak gersang.

Terlebih lagi hendak membuat rumah lebih hijau serta asri. Saat ini tinggal kamu pilih, hendak memakai tumbuhan tidak merambat ataupun tumbuhan merambat buat pagar rumah kamu?

Keduanya sangat menarik dengan kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Silahkan berkreasi buat rumah kamu.

Demikian ulasan mengenai Jenis Tanaman Pagar, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.

Manfaat Jahe

admin
3 min read

Manfaat Daun Sirsak

admin
3 min read

Manfaat Daun Katuk

admin
3 min read