Jenis Tanaman Obat Mata

3 min read

Jenis Tanaman Obat Mata

Jenis Tanaman Obat Mata – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Jenis Tanaman Obat Mata.

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Jenis Tanaman Obat Mata


Mata merupakan organ sangat vital untuk manusia. Dapat dibayangkan apa yang hendak terjadi bila seorang menghadapi kendala kesehatan pada mata.

Seluruh kegiatan hendak tersendat bila mata hadapi permasalahan. Melindungi kesehatan mata ialah suatu perihal yang sangat berarti, antara lain dengan komsumsi sayur-mayur serta buah-buahan yang kaya hendak vit A.

Kendala kesehatan pada mata dapat terjadi akibat mata sangat letih, kurang tidur, virus ataupun peradangan oleh kuman.

Kendala pada mata pula diakibatkan oleh aspek genetik ataupun generasi. Terdapat sebagian jenis kendala kesehatan pada organ mata antara lain, mata merah, mata minus, katarak, radang mata, mata bengkak ataupun mata berair.

Sesungguhnya terdapat banyak sekali tumbuhan ataupun tanaman yang mempunyai manfaat buat menyembuhkan sakit mata.

Serta beberapa antara lain telah dikenal serta teruji khasiatnya. Alam sudah sediakan bermacam jenis tanaman buat penyembuhan.

Salah satu tumbuhan herbal yang sangat terkenal buat menyembuhkan kendala pada mata merupakan daun sirih.

Sejak jaman dulu daun sirih telah diketahui khasiatnya bagaikan obat herbal termasuk menanggulangi permasalahan pada mata.

Tidak hanya daun sirih nyatanya masih banyak tumbuhan yang mempunyai manfaat sebagai obat mata.


Tumbuhan apa sajakah itu?

  • Daun Sendok

Daun sendok ataupun dikenal pula dengan nama daun kiurat ialah tumbuhan herbal yang efektif buat menanggulangi kendala pada mata.

Daun sendok kaya akan vit A, vit B, vit C, kalium serta kalsium. Tidak hanya itu daun sendok pula mempunyai khasiat buat menyehatkan hati, tingkatkan fungsi ginjal serta menaikkan energi.

Buat menggunakan daun sendok sebagai obat mata cukup dengan meminum air rebusan daun tersebut.

Triknya dengan merebus segenggam daun sendok fresh dengan 4 gelas air bersih. Rebus daun tersebut hingga mendidih sampai air rebusan cuma tersisa 2 gelas.

Sehabis dingin setelah itu disaring, tambahkan 1 sendok madu buat 1 gelas air rebusan. Minumlah secara teratur 3 kali dalam satu hari.

  • Buah Mengkudu/Pace

Buah mengkudu ataupun pace mempunyai banyak sekali khasiat serta manfaat buat kesehatan. Salah satunya merupakan buat menyembuhkan kendala pada mata.

2 buah mengkudu yang sudah matang diparut ataupun dilumatkan. Tambahkan 1 gelas tuak aren, setelah itu campur sampai rata.

Baca Juga:  Cara Membuat Bonsai Tanaman Untuk Pemula (Panduan Lengkap)

Peras serta saring racikan tersebut buat mengambil airnya. Minum secara teratur 2 kali satu hari masing-masing 1 gelas.

  • Daun Pegagan

Daun pegagan memiliki bermacam zat yang berguna buat kesehatan. Daun pegagan dikenal mempunyai kemampuan buat membetulkan serta merevitalisasi pembuluh darah serta sel-sel syaraf mata yang rusak.

Daun pegagan pula efektif mengobati mata bengkak. Daun pegagan dapat dismakan bagaikan lalapan ataupun sayur-mayur.

Buat menyembuhkan mata bengkak daun pegagan dilumatkan terlebih dulu. Setelah itu diperas buat mengambil airnya.

Air hasil perasan daun pegagan tersebut digunakan dengan metode meneteskan kemata. Hati-hati memakainya, lebih baik berkonsultasilah terlebih dulu dengan ahlinya.


  • Daun Sirih

Umumnya tumbuhan ini tumbuh didaerah yang lembab, tumbuhan merambat ini dapat berkembang setinggi 15 m bergantung berapa besar medianya sebagai tempat rambat.

Bagian tumbuhan yang digunakan sebagai obat mata merupakan daun.

Triknya: ambillah 3 hingga 5 daun muda serta fresh lembar, dicuci setelah itu direbus. Sehabis mendidih dinginkan serta dimasukkan kedalam wadah (baskom).

Masukkan (muka/mata) ditenggelamkan serta mata dikedip-kedipkan, lakukan kesekian kali sebab mata hendak serasa fresh.

  • Kitolod

Umumnya tumbuhan ini ditemukan didaerah pekarangan yang produktif, tumbuhan ini biasa berkembang diantara tanaman liar.

Tetapi tumbuhan ini bisa pula diperkembangbiakan dengan memakai poly bag maupun memakai pot.

Tumbuhan ini mempunyai nama ilmiah Isotoma Longiflora ataupun Laurentia Longiflora.

Getah tumbuhan mempunyai isi toksin, tetapi dilain itu memiliki khasiat lain ialah memiliki akibat antiradang (antiflamasi), antikanker (antineoplasmik), melenyapkan rasa perih dan menghentikan pendarahan.

Bunga yang masih fresh dari tumbuhan kitolod ini bisa mengobati mata diawali dari rabun, katarak terlebih mata minus dan plus.

Konsumsi daun kitolod, Petik bunga kitolod sebagian tangkai, setelah itu masukan ke dalam gelas yang berisi air bersih, diamkan sebagian menit.

Setelah itu ambil, teteskan ujung tangkainya pada bagian mata kanan serta kiri (masing” 2 tetes) ataupun pada bagian mata yang sakit saja.

Ada dikala pemakaian, mata terasa nyeri serta terasa sepet, itu cuma sebentar, setelah itu jalani berulang–ulang, minimum 3x satu hari.

  • Daun Dewa

Daun dewa sesungguhnya termasuk tanaman liar yang banyak ditemui dipinggiran sungai ataupun juga kebun yang terbengkalai ataupun tidak terpelihara.

Daun dewa mempunyai banyak khasiat buat kesehatan badan semacam merendahkan kolesterol, menghindari pembekuan darah, menyembuhkan mata buram serta khasiat yang lain.

Khusus buat kendala mata semacam mata buram, dapat menggunakan tumbuhan ini buat penyembuhannya.

Daun dewa dapat menghancurkan pembekuan darah di pembuluh darah, sehingga aliran darah jadi mudah.

Baca Juga:  Cara Menanam Buah Bit : Gizi, Pembibitan, Penanaman, Pemeliharaan Dan Pemanenan

Untuk pengidap kendala pada mata yang sempat hadapi musibah di bagian kepala, dapat memakai daun dewa yang dikombinasikan dengan umbi dewa.

Metode membuat ramuannya ialah merebus 3–4 lembar daun dewa ditambah dengan 15–30 gr umbinya dalam 3 gelas air sampai tersisa satu gelas.

Air rebusnya diminum 2–3 kali satu hari. Dengan merebus daun dewa bersama umbinya serta minum air rebusannya dengan teratur hingga mata buram kembali wajar.

Jenis Tanaman Obat Mata


  • Rumput Mutiara (Hedyotis Corymbosa (L.) Lamk)

Tumbuhan obat rumput mutiara ialah tumbuhan rumput liar yang biasa diikenal dengan nama rumput siku-siku.

Rumput ini berkembang produktif di tanah yang lembap, di kebun kosong yang basah, pinggir jalan, halaman rumah, serta di selokan.

Tumbuhan rumput mutiara telah dikenal dari era dahulu bagaikan tumbuhan obat yang dimanfaatkan di india, Cina serta asia tenggara buat menyembuhkan bermacam jenis penyakit, khususnya penyakit mata katarak.

Tumbuhan ini pula bisa digunakan buat melenyapkan sumbatan-sumbatan dalam sistem pembuluh darah halus yang bisa membatasi aliran darah. Dengan komsumsi tumbuhan ini, aliran darah hendak jadi lancar.

Racikan obat natural rumput mutiara bisa buat mengobati pembuluh darah pada mata, bila pembuluh darah pada mata mudah hingga penyakit-penyakit mata diminimalizir.

Berikut metode membuat obat untuk mata katarak dari rumput mutiara:

    • Siapkan 30 gr daun rumput mutiara
    • Mencuci bersih rumput tersebut supaya bersih dari tanah ataupun lumpur
    • Rebus daun mutiara dalam 2 gelas air
    • Air rebusannya dimunum 3 kali satu hari masing” 2 gelas.
  • Boroco (Sansevieria Hyacinthoides)

Tumbuhan obat katarak Boroco dikenal pula dengan nama bayam kucing sebab wujudnya bunganya yang mirip kumis kucing.

Tumbuhan ini lumayan terkenal bagaikan tumbuhan hias bagian dalam rumah sebab tumbuhan ini dapat berkembang dalam keadaan yang sedikit air serta sinar matahari.

Tetapi tumbuhan Boroco tidak cuma dikenal sebagai tumbuhan hias, tetapi dikenal pula memiliki banyak khasiat buat mengobati mata rabun, menyuburkan rambut, menyembuhkan sembelit, diabet, serta kanker ganas.

Metode membuat racikan dari tumbuhan boroco merupakan sebagai berikut:

    • Siapkan 10-30 gr biji boroco
    • Mencuci bersih sampai bersih dari lumpur ataupun tanah
    • Rebus dengan air secukupnya
    • Air rebusannya digunakan buat merimbang mata 2-3 kali satu hari

Demikian ulasan mengenai Jenis Tanaman Obat Mata, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.

Manfaat Jahe

admin
3 min read

Manfaat Daun Sirsak

admin
3 min read

Manfaat Daun Katuk

admin
3 min read