Jenis Tanaman Hias : Bunga, Daun, Buah , Akar dan Batang

Posted on

Jenis Tanaman Hias : Bunga, Daun, Buah , Akar dan Batang – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Jenis Tanaman Hias.

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :

Jenis Tanaman Hias : Bunga, Daun, Buah , Akar dan Batang


Udara gersang dalam suasana rumah tanpa sadar pengaruhi mood penunggu rumahnya. Buat menyiasatinya kalian dapat mengisi ruangan serta tamanmu dengan tumbuhan hias biar berikan atmosfer rindang.

Plusnya, kedatangan tumbuhan hias dapat tingkatkan mood serta rumahmu nampak indah.berikut uraian tipe tumbuhan hias.

Tipe tanaman hias dipecah jadi 5 jenis:

  • Tanaman hias bunga
  • Tanaman hias daun
  • Tanaman hias buah
  • Tanaman hias akar
  • Tanaman hias batang

Tanaman Hias Bunga

Dari sekian banyak tipe tanaman, tumbuhan hias bunga salah satu yang sangat kesukaan. Memiliki kelopak menawan serta corak yang melegakan mata .

membuat tumbuhan hias bunga sangat banyak diseleksi buat ditanam di halaman rumah, apalagi terdapat pula yang dipajang di dalam rumah buat membuat cantik bidang dalamnya.

Bunga Anggrek

Bunga Anggrek tidak cuma membuat cantik ruangan bagian dalam rumah, namun bunga tipe Orchidaceae ini pula jadi penghias di halaman rumah.

Rupanya yang menawan serta wujudnya yang unik memanglah jadi energi tarik untuk pencinta anggrek. Apalagi tipe anggrek cuma satu, namun masih banyak lagi, berikut tipe anggrek hias sangat terkenal:

  • Cattleya, bunganya besar serta spektakuler, tetapi susah dipelihara
  • Dendrobium, tumbuhan hias sangat terkenal dari antara jenis- jenis anggrek
  • Grammatophylum, ataupun diketahui pula dengan nama lokal anggrek Papua raksasa
  • Oncidium, ataupun biasa diketahui dengan nama” golden shower”
  • Phalaenopsis, kepopulerannya mendekati Dendrobium. Anggrek bulan merupakan salah satu jenisnya
  • Spathyphyllum, anggrek tanah
  • Vanda, umumnya bagaikan bunga potong

Bunga Melati

Bunga Melati memanglah dinobatkan bagaikan simbol nasional dengan istilah“ Puspa Bangsa” meski asal usul bunga melati sesungguhnya dari India.

Tidak hanya bermakna suci, bunga melati memiliki bau yang sangat harum, apalagi jika di Indonesia tumbuhan ini dikonotasikan dengan perihal mistis.

Sementara itu bunga melati sama sekali tidak mengerikan, malah memiliki khasiat banyak buat kesehatan lho. Karena bunga melati gunanya tidak cuma bagaikan penghias, tetapi pula menanggulangi jerawat.

Meski di Indonesia bunga melati tipe Jasminum sambac alias melati putih, nyatanya masih banyak lagi tipe bunga melati lho. Berikut tipe bunga melati yang wujudnya sangat menawan:

  • Jasminum elongatum( Berg.) Willd.( melati hutan: gambir, poncosudo; syn. J. multiflorum Bakh. non( Burm. f.) Andr.).
  • Jasminum mensyi( Jasminum primulinum, melati primrose).
  • Jasminum multiflorum( Burm. f.) Andr.( Star Jasmine, syn. J. pubescens Willd.).
  • Jasminum officinale( melati casablanca, Spanish Jasmine) persamaan kata(sinonim) dengan J. floribundum= Jasmine grandiflorum). Perdu setinggi 1, 5 m.
  • Jasminum parkeri Dunn.( melati pot).
  • Jasminum revolutum Sims.( melati italia)
  • Jasminum rex( melati raja, King Jasmine).
  • Jasminum sambac( L.) Aiton( melati putih, puspa bangsa)
  • Jasminum simplicifolium( melati australia, J. volibile, melati bintang). Melati hibrida. Bunga bercorak merah muda serta harum.
Baca Juga:  Cara Tanam Jagung Hasil Melimpah : Pemilihan Bibit, Penanaman, Perawatan dan Pemanenan

Bunga Mawar

Mawar merupakan sesuatu tipe tumbuhan semak yang memiliki jarum di tangkainya. Umumnya bunga mawar sangat kerap jadi bunga potong buat dijadikan bouquet bunga bagaikan hadiah buat mengatakan kasih sayang.

Tidak hanya itu, bunga mawar pula jadi tumbuhan hias kesukaan yang ditanam di lapangan rumah. Corak bunga mawar juga bermacam- macam, berikut tipe bunga mawar yang terdapat di dunia.

  • Mawar Musk
  • Mawar Kubis
  • Mawar Eden
  • Mawar Sunsprite
  • Mawar Double Delight

Tanaman Hias Daun

Bila tumbuhan hias bunga memiliki pesona di corak serta kelopaknya, tumbuhan hias daun pula tidak kalah menarik karena memiliki keunikan dari wujudnya pula.

Terlebih belum lama ini banyak banget pencinta tumbuhan yang mengoleksi tumbuhan hias daun buat dipajang di dalam rumah serta di teras rumah bagaikan riasan.

Wujudnya yang unik serta warnah hijau yang sejuk membaut tumbuhan hias daun dijadikan latar gambar flat lay yang kerap diunggah di Instagram.

Apa saja sih tumbuhan daun yang sangat kerap dijadikan bagaikan tumbuhan hias? Berikut tipe tumbuhan hias daun yang buat rumah jadi lebih Instagramable.

Lidah Mertua

Tipe tumbuhan hias daun yang sangat gampang penjaannya yakni lidah mertua. Coraknya yang unik serta wujudnya yang tegak berdiri ini sesuai buat jadi penghias di meja voyer ataupun meja kerjamu.

Plusnya, tumbuhan hias daun lidah mertua ini memiliki khasiat buat mentralisir polusi lho! Tetapi kalian masih memiliki banyak opsi kok jika ingin memilah lidah mertua bagaikan hiasan di rumah.

Sirih Gading

Tumbuhan hias daun sirih gading merupakan tanaman merambat yang biasa ditanam bagaikan penghias pekarangan ataupun ruangan. Warna goresan kuning serta masuk dalam tanaman merambat

semi- epifit( menumpang dengan tanaman yang lain) ini membuat tumbuhan ini nampak sangat unik.

Tetapi sebab sirih daging dapat meresap toksin, tumbuhan hias daun ini lumayan beresiko untuk kalian yang memiliki hewan peliharaan.

Bila kucing ataupun anjingmu memakan daun sirih gading, risikonya mulut hewan peliharaanmu dapat iritasi, apalagi dapat muntah serta susah menelan santapan.

Jadi taruhlah sirih gading di tempat tidak terjangkau bila kalian memajangnya di dalam rumah.

Paku Tanduk Rusa

Tumbuhan hias daun yang satu ini diucap dengan nama tanduk rusa sebab wujudnya bercabang yang memanglah mirip dengan tanduk rusa. Tumbuhan hias ini tercantum dalam tanaman liar yang kerap kita temui, umumnya dia ditempel ataupun digantungkan di tumbuhan buat membagikan kesan natural pada halaman.


Tanaman Hias Buah

Bila tumbuhan hias bunga serta daun kurang menantang bagimu dari segi penjaannya, kalian dapat bercocok tanam dengan menanam tumbuhan hias buah di pekarangan rumahmu.

Tetapi jika mau sekalian membuat cantik rumah, kalian dapat memilah tipe tumbuhan buah yang kira- kira senantiasa indah ditatap serta senantiasa berguna.

Berikut tumbuhan hias buah yang dapat kalian tanam di pekarangan rumah.

Baca Juga:  √ Ilmu Cara Budidaya Kopi Agar Hasil Panen Melimpah (Panduan Lengkap)

Cabe Pelangi

Buat penggemar santapan pedas, kalian dapat kok memanam cabe di rumah. Bila kalian keberatan menanam cabe rawit biasa, tanam saja cabe pelangi yang masuk dalam tipe tumbuhan hias buah.

Tidak hanya rupanya menawan, kalian dapat petik mereka buat dijadikan bagaikan penyedap rasa.

Tomat Ceri

Tomat ceri merupakan varietas tomat merah yang wujudnya kecil serta bundar, dinamakan tomat ceri sebab dia nampak semacam buah ceri.

Rasanya yang manis serta wujudnya menawan pasti tidak hendak membuat kamu menyesal bila menanam tomat ceri di pekarangan rumah.

Lemon

Kalian pula dapat memilah menanam lemon di pekarangan rumah lho. Tipe tumbuhan hias buah yang satu ini nyatanya bila kita telaten menjaga, tumbuhan lemon dapat berkembang di dalam pot.

Bayangkan jika dia berbuah, corak kuning yang cerah bakal membuat cantik pekarangan rumah serta nampak lebih fresh.


Tanaman Hias Akar

 Umumnya tipe tumbuhan hias ini memiliki jumlah komunitas ataupun kolektor yang lumayan banyak sebab wujudnya yang eksotis.

Apa saja sih tanaman yang tercantum dalam tumbuhan hias pangkal ini? Berikut tumbuhan hias akar yang sangat banyak digemari.

Kamboja

Tumbuhan hias kamboja yang berasal dari Amerika Tengah ini memanglah sangat banyak kita amati di Bali, bila di luar Pulau Dewata, kita kerap memandang bunga kamboja malah di pemakaman.

Tidak hanya memiliki bunga yang menawan, tumbuhan hias kamboja pula memiliki pangkal yang tidak kalah eksotis serta kerap dijadikan bagaikan objek bonsai.

Beringin

Tumbuhan beringin ialah tipe tumbuhan tumbuhan yang umumnya kerap kita temui di pinggir jalur berdimensi besar.

Tetapi dia pula kerap tanaman di pekarangan serta jadi tanaman hias pot serta kerap dikreasikan jadi tumbuhan hias bonsai.

Jenis Tanaman Hias : Bunga, Daun, Buah , Akar dan Batang

Tanaman Hias Batang

Tumbuhan hias batang ialah tumbuhan yang memiliki energi tarik di bagian batangnya, baik dalam dimensi kecil ataupun besar.

Kemudian apa saja ya tipe tanaman yang masuk dalam jenis tumbuhan hias batang? Berikut berbagai tumbuhan hias batang yang dapat percantik rumah.

Kaktus

Tanaman yang lagi ngetren serta identik dengan kawasan gurun ini memanglah sangat menawan bila jadi penghias meja kerja ataupun teras rumah.

Apalagi tipe kaktus sangatlah bermacam- macam. Apalagi kaktus pula berguna buat kita lho, misalnya saja khasiat jarum yang berperan buat membongkar jerawat, batang kaktus dapat jadi obat natural buat melebatkan rambut.

Palem Bambu

Keluarga tumbuhan palem ini sesuai jadi penghias ruangan dalam serta lumayan ditanam di dalam pot. Terdapatnya tumbuhan palem bambu di dalam rumah dapat mensterilkan hawa kotor serta bagus buat paru- paru.

Demikian ulasan mengenai Jenis Tanaman Hias : Bunga, Daun, Buah , Akar dan Batang , yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih