10 Jenis Tanaman Hias Yang Bisa di Stek

6 min read

10 Jenis Tanaman Hias Yang Bisa di Stek

10 Jenis Tanaman Hias Yang Bisa di Stek –  Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Jenis Tanaman Hias Yang Bisa di Stek.

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


10 Jenis Tanaman Hias Yang Bisa di Stek


Bermacam- macam metode perbanyakan tumbuhan hias dapat dicoba, mulai dari pembibitan dari biji sampai penyetekan. Metode kedua dinilai sanggup menciptakan tumbuhan dalam waktu yang lebih pendek.

Tidak hanya itu, setek pula mempunyai keunggulan lain, ialah gampang serta sifatnya sama persis dengan induknya. Tetapi, tidak seluruh tumbuhan hias dapat dicoba setek.

Stek sesungguhnya berarti“ potongan badan” tanaman itu sendiri. Tetapi, stek dapat pula berarti tata cara menanam dari potongan badan tersebut.

Keuntungan dari tata cara stek merupakan tumbuhan yang baru berkembang hendak mempunyai watak yang sama dengan induknya.

Jadi, bila tumbuhan tersebut berbunga rimbun, hingga tumbuhan yang baru juga hendak semacam itu. Kemudian, metode menanam dengan tata cara stek pula sangat gampang.


Jenis- Jenis Stek

Terdapat lumayan banyak tumbuhan yang dapat di stek. Tetapi, tadinya ayo kita tahu terlebih dulu jenis- jenis stek. Dalam garis besar terdapat 3 tipe tata cara stek, ialah stek batang, serta, serta pangkal.

Berikut uraian lebih lanjutnya:

  • Stek Batang

Stek batang merupakan tata cara yang sangat kerap dicoba. Stek batang berarti memotong bagian batang tanaman buat ditanam jadi tanaman yang baru.

Umumnya stek batang dicoba dengan jarak satu ruas jari dari pucuknya( buat tumbuhan pendek semacam bumbu) serta satu lengan dari pucuknya( buat tumbuhan yang besar semacam singkong).

Kemudian, yang butuh dicermati merupakan metode memotongnya, ialah wajib miring.

Metode stek batang sendiri dipecah lagi jadi 4 berbagai, ialah hardwood( tumbuhan berkayu keras), semi hardwood( tumbuhan berkayu separuh keras), softwood( tumbuhan berkayu lunak) serta herbaceous( tumbuhan herbal serta bumbu).

  • Stek Daun

Metode stek yang berikutnya merupakan stek daun. Semacam yang dapat Kamu bayangkan, tata cara penanaman ini dicoba dengan memotong bagian daun.

Metode memotong sebagian tumbuhan mempunyai perbandingan, tetapi rata- rata dipotong beserta tangkai daunnya( bukan lembaran daunnya saja), sebab umumnya pangkal berkembang dari bagian tangkai daun .

  • Stek Akar

Stek pangkal kerap pula dicoba oleh banyak orang. Sebagian tumbuhan yang dapat berkembang dari tata cara stek pangkal merupakan sukun, apel, serta sebagian tumbuhan hias.

Perihal yang butuh dicermati kala melaksanakan stek pangkal merupakan, jangan hingga penanamannya terbalik.

Kemudian, metode penyemaiannya juga wajib sejajar serta tidak sangat masuk ke dalam tanah, tetapi sangat dekat dengan permukaan tanah.


Daftar 10 Tanaman yang Bisa Stek


Sehabis mengetahui sebagian tipe stek, saat ini saatnya mengenali sebagian tumbuhan yang dapat distek. Buat mengenali pembahasan lengkapnya, silahkan simak berikut ini :.

  • Rosemary

Kadangkala rosemary diucap pula bagaikan rosmarin. Tanaman bumbu ini kerap dijadikan bumbu masak ataupun hiasan dalam masakan. Karakteristik rosemary merupakan wanginya yang harum serta rasa yang lezat.

Rosemary bisa berkembang di dalam rumah ataupun di luar rumah, jadi Kamu dapat menyimpannya di mana saja. Metode melaksanakan stek batang pada rosemary merupakan bagaikan berikut:

Pertama- tama, potong batang rosemary kira- kira 10 centimeter. Seleksi rosemary yang batang serta daunnya bagus. Kemudian, jangan seleksi rosemary muda, tetapi memilih yang telah berusia supaya batangnya lebih kokoh.

Buang daun rosemary, tetapi tinggalkan dekat 4 centimeter dari pucuk. Sehabis itu, rendam batang rosemary di dalam air.

Siapkan pot berisi tanah yang sudah dicampur oleh pasir agresif serta lumut gambut dengan perbandingan 2: 1. Tanam potongan batang rosemary tadi, beri sedikit jarak.

Simpan pot di tempat yang terserang cahaya matahari, tetapi jangan cahaya matahari langsung, ya. Siram rosemary sewajarnya, serta nantikan rosemary berkembang sehabis dekat 20 hari.

  • Mawar

Siapa yang tidak ketahui bunga mawar? Tumbuhan hias yang menawan ini nyatanya ialah tumbuhan yang dapat di stek. Triknya? Sangat gampang. Berikut merupakan langkah- langkahnya:

Baca Juga:  √ Cara Menanam dan Perawatan Semangka (Panduan Lengkap)

Awal, seleksi batang mawar yang dapat distek. Batang mawar yang bisa digunakan buat stek merupakan batang yang telah lumayan tua. Buat mengenali umur batang mawar bisa dilihat dari durinya.

Batang yang tua durinya bercorak gelap, batang yang muda durinya bercorak sama dengan batang( hijau ataupun merah).

Kedua, potong batang mawar dekat satu jengkal. Kemudian, tancapkan pada media gabah yang sudah dicampur pupuk kandang di dalam polybag dimensi 20– 30 centimeter.

Satu polybag cuma boleh berisi satu batang mawar, ya.Ketiga, simpan polybag di tempat terbuka yang terserang cahaya matahari langsung.

Bila cuaca panas sekali, siram batang mawar satu hari 2 kali, ialah dikala pagi serta sore hari. Tetapi, bila cuaca biasa saja, disiram satu kali pula lumayan.Batang mawar hendak berkembang sehabis 1– 2 minggu.

Sayangnya tidak seluruh varietas mawar bisa ditanam ulang lewat tata cara stek batang.

Sebagian tipe mawar yang dapat berkembang dari stek batang merupakan mawar yang tumbuhnya merambat semacam mawar liar( wild roses) serta mawar kampung( mawar yang wangi serta kelopaknya lebar).

  • Lavender

Tumbuhan yang dapat di stek yang ke- 3 merupakan lavender. Tumbuhan hias ini populer dengan khasiatnya bagaikan pengusir nyamuk serta wanginya yang lezat.

Berikut merupakan metode menanam lavender lewat tata cara stek batang:

Siapkan media tanam berbentuk tanah yang lembab ataupun tanah yang menggumpal. Kemudian, siapkan pupuk kompos( pupuk yang terbuat dari tumbuhan). Campur kedua bahan ini dengan perbandingan tanah 3: 1 pupuk.

Umumnya tanah yang menggumpal ini dapat ditemui di kebun pisang. Waktu yang bagus buat mengambil tanah ini merupakan kala sore hari ataupun kala temperatur hawa telah turun.

Tanah yang menggumpal sangat berarti dalam masa dini perkembangan sebab bisa menahan air serta melindungi kelembaban yang cocok.

Masukkan kombinasi tanah serta pupuk tadi ke dalam polybag sampai setinggi±10 centimeter. Basahi tanah tersebuh sampai becek ataupun sampai Kamu dapat membuat bola dari media tersebut.

Saat ini waktunya memotong lavender. Pakai gunting yang tajam, potong batang lavender dekat 10- 15 centimeter dari pucuknya.

Sehabis itu, buang daun serta bunga( jika terdapat) pada bagian dasar batang, tinggalkan dekat 5 centimeter pada pucuk. Kemudian tanam batang lavender ke dalam polybag.

Simpan polybag di luar rumah, terserang cahaya matahari( secara tidak langsung), serta ternaungi dari hujan.

Kamu tidak butuh sering- sering menyiram batang lavender ini, lumayan 2- 3 hari sekali serta airnya juga lumayan 3 sendok makan saja. Ataupun, Kamu siram kala permukaan tanah yang sangat atas telah nampak kering.

Sehabis 2 minggu, ataupun sehabis berkembang pangkal, Kamu dapat memindahkan lavender pot serta dapat dibawa masuk ke dalam rumah.

Identitas batang lavender sudah berkembang pangkal dapat dilihat dari batangnya yang terus menjadi tegak serta timbul pucuk baru.

  • Thyme

Kayaknya bumbu memanglah tumbuhan yang sangat gampang berkembang dengan metode stek batang, ya? Tumbuhan yang dapat di stek berikutnya masih dalam jenis rempah, ialah thyme.

Tumbuhan ini kerap dijadikan bagaikan bumbu penyedap masakan, tetapi dapat pula terbuat jadi teh serta obat cedera. Kamu dapat menanam thyme di rumah dengan gampang memakai tata cara stek batang.

Tidak susah buat menanam thyme, sebab tumbuhan ini bisa berkembang di media apa saja, baik itu media semi- kering, ringan, sampai yang terdrainase dengan baik.

Kemudian thyme pula berkembang di temperatur hawa yang hangat, makanya sesuai sekali buat menanam thyme di Indonesia.

Kamu dapat menaruh thyme di pot kecil dekat jendela supaya thyme senantiasa memperoleh sinar matahari sepanjang 8 jam tiap harinya.

  • Bunga Aster

Bunga aster merupakan bunga yang berasal dari Cina. Bunga yang menawan ini kerap dijadikan hiasan di halaman ataupun taman depan rumah. Bunga aster tidak berbau, tetapi wujud serta rupanya menawan.

  • Bunga Terompet

Bunga terompet ialah tumbuhan yang dapat di stek yang ke 6. Bunga terompet mempunyai wujud yang panjang serta kelopaknya membuka lebar. Kemudian, bunga terompet menghadap ke dasar semacam hendak jatuh.

Rupanya juga bermacam- macam, membuat orang- orang gampang jatuh hati pada tumbuhan ini. Bila Kamu mau menanamnya di pekarangan rumah, Kamu dapat melalukannya dengan tata cara stek.

Baca Juga:  Jenis Bunga Gantung

Triknya merupakan:

    • Awal, potong dahan ataupun ranting dari tumbuhan bunga terompet yang telah tua( bercorak coklat) dekat 30 centimeter.
    • Kedua, rendam separuh dari potongan tersebut di dalam air. Simpan di tempat teduh.
    • Sehabis 2 minggu, hendak timbul kalus( calon pangkal) dari pangkal potongan yang direndam.
    • Tunggu sampai 4 minggu, kemudian potongan tumbuhan bunga terompet juga siap dipindahkan ke tanah.

  • Cocor Bebek

Cocor bebek ataupun suru bebek merupakan tanaman sukulen yang berasal dari Madagaskar yang gampang sekali ditemui di Indonesia.

Tumbuhan ini populer sebab tata cara reproduksinya yang unik, ialah lewat daun yang hendak menghasilkan tunas baru. Tidak cuma indah, cocor bebek pula memiliki manfaat buat menyehatkan badan.

Cocor bebek ialah salah satu tumbuhan yang dapat di stek daun. Kamu cuma butuh memotong daun cocor bebek, kemudian simpan di atas tanah. Nanti tunas- tunas hendak berkembang dengan sendirinya.

Ataupun, Kamu perkenankan saja tumbuhan cocor bebek Kamu berkembang. Nanti pula hendak bermunculan tunas baru yang hendak jatuh sendiri kala telah waktunya.

Tunas- tunas tersebut hendak melekat pada tanah serta berkembang dengan sendirinya.

  • Wijayakusuma

Triknya merupakan bagaikan berikut:

Awal, siapkan gunting ataupun pisau yang tajam serta bersih.

Kedua, seleksi daun wijayakusuma yang fresh. Potong daun dengan berikan jarak 5 centimeter dari pangkal tanaman aslinya. Potong dengan rata, jangan miring.

Ketiga, oleskan hormon perangsang perkembangan pangkal( dapat dibeli secara online ataupun di toko tumbuhan hias) pada bagian daun yang tadi sudah dipotong. Diamkan  7– 10 hari di tempat sejuk .

Keempat, siapkan media tanam yang berbentuk tanah, pasir, pupuk kandang, serta humus dengan perbandingan 3: 2: 1: 1.lebih baik bila Kamu memasukkan pecahan genteng di dasarnya buat penahan.

Kelima, tanam daun sedalam 5 centimeter supaya daun tidak gampang goyah.

Sehabis ditanam, jangan langsung menyiram daun wijayakusuma. Kamu butuh mendiamkannya sampai 10 hari, baru daun boleh Kamu siram. Penyiraman kedua juga cuma boleh dicoba seminggu setelahnya, begitu seterusnya.

Wijaya kusuma ialah tanaman yang tidak memerlukan sangat banyak air, tetapi bila cuaca lagi panas- panasnya, Kamu dapat menyiram wijayakusuma 2 kali dalam waktu tersebut.

10 Jenis Tanaman Hias Yang Bisa di Stek

  • Strawberry

Stroberi ialah tumbuhan buah yang dapat di stek lewat tata cara stek pangkal, lebih tepatnya dari sulurnya. Sulur merupakan bagian batang yang terdapat daunnya( bukan yang terdapat buahnya).

Karakteristik yang lain, umumnya pada sulur telah nampak calon pangkal. Metode melaksanakan stek pangkal pada stroberi merupakan bagaikan berikut:

    • Siapkan media tanam yang ialah kombinasi tanah, kompos, serta arang sekam ataupun sekam kering.
    • Seleksi sulur yang sempurna serta tidak cacat. Jika dapat seleksi yang telah nampak calon akarnya.
    • Tempelkan sulur dipermukaan media tanam. Perkenankan sulur berkembang dengan sendirinya.
    • Bila sulur telah dapat berkembang mandiri, Kamu dapat memotong sulur tersebut serta dipindahkan ke pot yang baru.

  • Bunga Kertas

Cara memperbanyak tanaman hias jenis bunga kertas ataupun bougenville bisa dilakukan dengan teknik stek batang. Nah berikut ini ialah tips dari kami untuk melakukan stek tanaman bunga kertas di rumah:

    • Pilih batang tanaman hias bougenville yang telah berumur dewasa atau sudah terlihat tua.
    • Potong bagian batang dari tanaman tersebut secara menyerong dan  agak runcing.
    • Siapkan media tanam yang berupa tanah gembur yang sudah dicampurkan dengan pupuk kandang yang kalian siapkan, lalu masukan campuran tanah tadi kedalam pot berukuran sedang.
    • Tancapkan batang bougenville ke media tanam sedalam 10 cm, agar tanaman tadi tadi tidak bergeser, patok-patoklah dengan memakai bilahan bambu.
    • Letakkan pot tanaman ke tempat yang terbilang teduh dan juga kering, usahakan agar tempatnya kondusif yakni tidak begitu lembab dan juga tidak begitu panas suhunya.
    • Tunggu sekitar 20 hari lalu si tanaman bougenville tadi biasanya sudah bisa menumbuhkan tunas mudanya.

Demikian ulasan mengenai 10 Jenis Tanaman Hias Yang Bisa di Stek , yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih